Kita perkenalan dulu, anggep aja nama gue Sally (cewek) umur 14 tahun sekarang ini, masih muda untuk ukuran seorang remaja yg udah kelas 1 sma. biar gw mulai. Sikat gigi itu penting, of course. Ok, biar gw jelaskan.
Waktu semasa kecil, gw itu paling bandel. Paling ga mau disuruh ini-itu, gosok gigi salah satunya. So, tiap pagi sebelum ke skolah gue gosok gigi kok, kecuali pas malem sebelum tidur itu gw ga gosok gigi. Itu bermula dari sejak gw umur 6 taun, pas masuk sd. Pas tk gw rajin kok nyikat nya, soalnya kan masi gigi susu, pas goyang trus sakit dan kecabut, itulah awal gw mulai GA MAU GOSOK GIGI.
Gw 4 bersaudara, dan ya gw anak bungsu. 2 kakak cewek gw cantik dan bisa terbilang sempurna dan 1 kakak cowo gw ganteng juga. Jadi klo gw ada di antara mereka itu seakan akan gw upik abu. Entah kenapa bisa gw ama mereka itu beda. Mereka putih sedangkan gw hitam. Mereka sempurna sedangkan gw ngga.
Sejak kecil gw disuruh gosok gigi, dan gw selalu bilang iya iya aja, padahal ngga. Jadi kalo malem itu, gw masuk ke dalam kamar mandi ngunci diri. Sok sokan kayak lagi gosok gigi padahal sebenernya gw cuma main air doang di dalem. Itu dari umur 6 tahun ya. Ampe naik kelas 5 sd, itu gw nyadar gigi bagian depan gw kok ada putih putihnya gitu.
Gw cerita ke mamah, kenapa ada putih putih. Trus mamah suruh buka mulut kan, dia coba ngorek bagian putih putihnya tapi ga lepas juga. Trus mamah bilang,
"Itu karang gigi, harus dibawa ke dokter kalo mau ilang."
Shock! Pasti lah. Dan lagi lagi gw pikir itu cuman ancaman biar gw gosok gigi doang. Jadi gw tetap ngga gosok gigi meskipun gigi gw uda berkarang.
Naik ke jenjang smp, gw mulai nyadar gitu. Temen temen gw giginya pada putih, kinclong, bersih, rapih. Sedangkan gigi gw? Kuning, berlubang, berkarang, rusak, dan bahkan menurut gw ada bau mulut juga. Parah emang.
Waktu kecil, seingat gw.. Gw sering nemenin mama ke dokter gigi. Karena gw anak bungsu, otomatis mamah uda tua kan. Jadi mama itu pake gigi palsu, lainnya dicabut pas gw masih sekitaran umur 6 tahunan.
Setiap gw ngomong ama temen, gw merhatiin giginya. Putih. Bersih. Ga ada cela pokoknya. Pas pulang ke rumah, gw ngaca kan. Kuning, kotor, berkarang, gilak parah! Pas disitu gw mulai gosok gigi intens 2x sehari. Bahkan pake mouthwash, biar ga bau mulut.
Pas 3 smp, uda selese. Naik ke jenjang SMA. Awal tahun ini sih. Gigi bagian depan gw berlubang. Mana gigi bagian depan itu dibagian tengah jadinya kena dua gigi sekaligus. Kalian bayangin aja, berlubang di bagian gigi paling depan dan ditengah diantara 2 gigi. Jadinya kalo ditutup itu harus bayar 2 gigi.
Awal sma, gw uda lulus test dan lulus semuanya. Gw malu lah, gigi depan gw berlubang di bagian tengah pula! Mana lubangnya makin hari makin gede! Kalo kalian pikir gigi gw yg berlubang cuma satu, jelas salah! Yang berlubang ada dua. Yang satunya kan gigi didepan bagian tengah, Yang satunya di gigi geraham kanan bawah yang lubangnya gede parah.
Waktu itu gw searching di gugel, ternyata gigi geraham itu emang paling potensial berlubang kalo ga rutin dibersihin. Kenapa? Karena makanan yg dikunyah itu kan di bagian geraham, jadi pasti ada sela-sela gigi yang dimasuki makanan. Nah kalo ga dibersihin, makanan yang masuk di sela gigi itu bakal membusuk dan menyebar sampe membuat gigi berlubang.
Gigi geraham gw yang kanan ini berlubang parah.
Gw sama mamah uda atur rencana ke dokter gigi kan. Tabungan gw juga cuma 650k dan gua rasa itu cukup buat nambal gigi gua yang bagian depan ini. Buat geraham biar aja membusuk, itu pikiran gue. Gw ke dokter gigi buat nambal kan.
Pas ditambal dokternya langsung disuruh tidur, disenterin giginya. Katanya harus bor biar yang bagian busuknya bisa dibuang diganti tambalan. Pas bagian bor itu, gilak. Terlalu ngilu bosque. Ditanyain gw ama dokter, "mau pake obat bius biar ga sakit?"
Gw bilang gausa, biarin aja.
Dibor itu sekitaran semenit dua menit di selang sambil kumur air. Dibor nya ga sakit, cuma ngilu aja. Ngilu dan terasa nyeri banget. Abis dibor, dokternya ngambil apalah gw gatau.
Kebetulan waktu itu gw ada bawa cermin mini, gw cermin tuh gigi. Lobangnya yang jadi makin gede, katanya itu biar bagian gigi yang busuk ilang digantiin sama tampalan.
Abis dibor, bagian selanjutnya uda ga sakit kok. Trus katanya geraham gw yang bolong gede itu kalo uda gabisa, harus dicabut. Ngeri lah bayangin dicabut. Tapi mamah bilang
"Biarin aja dulu dok, kasian dia umur dini giginya uda dicabut."
Drg : saya coba rangsang dulu
Trus dia kek ngasi apala gitu rasanya dinginnnnnnnn nyeri gilak
Drg : ngilu?
Gw kan cari aman, jadi gw bilang enggak. Pernyataan dorg selanjutnya bikin gw kaget.
Drg : giginya sudah mati rasa, harus dicabut udah.
Langsung kah gw bilang dingin tadi, jadi drg nya coba sekali lagi.
DAN BENERAN DINGIN NGILU GILAK.
Jadi drg bilang masih bisa ditambal kok, tapi bornya mungkin agak lama lagi soalnya lobangnya gede kan. Pas pembayaran dokternya bilang hitung 2 gigi. Total 3 juta, gilak! Gede banget anjir 3 juta.
Padahal lubangnya ga gede gede amat. 3 JUTA!
Mana keluarga gue itu ga kaya-kaya amat. Hidup aja pas pasan, mau bayar ini itu harus ngutang. Gw nyesel lah, super nyesel. Kenapa ngga dari dulu gw rajin sikat gigi. Kenapa ngga dari dulu gw selalu inget sikat gigi. Kenapa kenapa dan kenapa, akhirnya gw cuma bisa nyesel. Duit 3 juta ga dikit loh!
3 juta itu banyak! Gw nyesel dan nyesek sumpah. Mana masih ada satu gigi geraham yang lobangnya gede ini loh. Gw mo nangis tau ngga😭😭😭
Nyesel, nyesek, 😭😩
3 juta bisa beli hape baru, dan bahkan sekarang gw nyesel :") kalian jangan jadi seperti diriku yah yang bandel ga denger omongan orang yang ngasi saran bagus. Tapi mau gimana lagi, uda nasib:)
Nyesel? Iyalah. Duit 3 juga ga nyabut dari pohon. Gw pasti ga enak sama mamah, biayanya segede itu.
YOU ARE READING
PengalamanQ
Non-FictionBerisi tentang semua pengalaman-pengalaman buruk dan juga bahagia. Berisi saran penting untuk kalian baca, thx:)