Dua. Si Juara kelas

263 46 7
                                    


Hari ini pelajaran Bahasa Indonesia di kelas Siyeon.  Bahan pelajarannya ngga ada di buku paket yang biasa mereka pake. Jadi Siyeon ditunjuk gurunya untuk ngambilin buku paket yang lain di perpustakaan. Karena Siyeon anaknya rajin,  udah jadi kebiasaan dia dikasih tugas-tugas kayak begitu sama guru. Soalnya kalo anak lain yang disuruh, mereka suka ambil kesempatan ngacir ke kantin dulu.

"Nah, karena buku yang mau diambil banyak,  ibu mau satu anak cowok bantuin Siyeon."

Anak-anak cowok di kelas Siyeon saling pandang.  Males banget yakan? ke perpus buat ngambil buku.  Jarak perpus dari kelas jauh, apalagi pasti bukunya berat.
"Ada yang mau bantuin Siyeon?" Karena ngga ada yang ngerespon, gurunya nanya lagi.

Diluar ekspektasi semua orang,  Jinyoung tiba-tiba berdiri dan nawarin diri.
"Biar saya aja bu."
Semua orang kaget. Termasuk Siyeon. Ini beneran? Dia ngga mimpi kan? Jinyoung ini adalah anak paling ngga ramah plus cuek di kelas. Setelah lima tahun,  ini kali pertama anak-anak sekelas liat Jinyoung bantuin orang. Bahkan pernah pas pelajaran olahraga ada anak yang jatuh tepat di hadapan dia tapi Jinyoung cuek aja dan lanjutin larinya tanpa nolongin anak itu sama sekali.

Dengan diiringi tatapan aneh dan bisik-bisik teman sekelas,  Siyeon keluar kelas buat ngambil buku bareng Jinyoung.

Selama diperjalanan,  Siyeon ngajakin Jinyoung ngobrol. Seperti biasa Jinyoung cuma nanggapin dengan alakadarnya atau bahkan ngga ngerespon sama sekali.  Tapi ngga masalah buat Siyeon. Berbulan-bulan temenan sama Jinyoung,  dia jadi terbiasa dengan sikap Jinyoung yang kayak gini. Fakta kalau Jinyoung mau nemenin Siyeon ke perpus aja udah bikin dia seneng.

Tapi ekspresi Siyeon yang cerah seketika berubah pas sampai di perpus.  Dia ngeliat kak Jihoon lagi sama anak cewek di perpus. Kayaknya mereka lagi belajar bareng.

"Kenapa?" Tanya Jinyoung ke Siyeon yang ngerasa aneh karena Siyeon yang dari tadi nyerocos kesana kemari, tiba-tiba diem.

"Liat deh Young,  ada Kak Jihoon." Siyeon nunjuk ke arah Jihoon yang jaraknya agak jauh dari mereka.
Jinyoung ikutin arah telunjuk Siyeon dan liat Jihoon sama temennya yang lagi ngobrol sambil ketawa-ketawa.

"Oh, kayaknya lagi jam kosong tuh kelasnya kak Jihoon." Jinyoung cuek aja terus jalan ke rak buku bahasa Indonesia.
Tapi Siyeon nggak gerak sama sekali dan terus ngeliatin Kak Jihoon. Kak Jihoon keliatan terlalu larut sama dunianya dengan cewek itu sampai ngga sadar dengan kehadiran Siyeon.

Ngga tau kenapa, Siyeon ngerasa aneh. Seperti Jinyoung yang cuma ketawa dan main bareng Siyeon dan Kak Jihoon doang, Siyeon kira Kak Jihoon juga cuma bisa becanda dan ketawa lepas kayak gitu kalau lagi sama Siyeon dan Jinyoung. Nyatanya, kak Jihoon juga bisa kayak begitu sama yang lain. Ada rasa ngga nyaman yang bikin Siyeon susah napas. Ini perasaan apa sih? Kok ngga enak gini?

Siyeon merhatiin cewek di samping Kak Jihoon.  Dia cantik. Imut dan... Siyeon baru sadar kalau jepitan rambut yang dikasih kak Jihoon waktu itu juga dipake sama anak cewek itu.

Siyeon megangin rambutnya. Sejak hari dimana Kak Jihoon ngasih jepitan rambut itu ke Siyeon. Siyeon selalu memakainya ke sekolah. Siyeon kira itu spesial,  tapi ternyata....

"Semua anak cewek di kelas kak Jihoon punya jepitan yang sama." Tiba-tiba Jinyoung udah datang bawa tumpukan buku.
"Kak Jinyoung menang kuis di mall terus dapat jepitan cewek se-pack. Dia bagi-bagiin jepitannya ke semua temen kelasnya terus karena ada sisa satu, dia kasih ke kamu."

Siyeon pengen nangis denger itu dari Jinyoung. Ngga tau kenapa. Rasanya dia kecewa banget, tapi toh waktu itu dia belum tau kenapa dia bisa sekecewa itu cuma karena jepitan doang. Jadi Siyeon berusaha enyahin perasaan ngga nyaman itu dengan terus ngebayangin kenangan-kenangan bahagia.  Itu tips dari Kak Jihoon.  Kalau lagi sedih,  ingat aja moment indah,  nanti sedihnya pasti ilang. Percaya deh sama aku. Tiap kali Siyeon sedih, Jihoon selalu bilang itu sambil senyum. Bikin Sedihnya Siyeon ilang. Tapi kali ini beda, sedihnya ngga ilang-ilang.

***

Jinyoung hari ini keliatan bete banget. Seharian ngga mau ngomong sama Siyeon. Ini dimulai sejak mereka kembali dari perpus kemarin. Awalnya, Siyeon ngga ngerti kenapa Jinyoung tiba-tiba jadi aneh begini. Biasanya dia emang judes sih,  tapi kali ini levelnya naik ke tingkat ekstreem. Jangankan bicara, ngelirik ke arah Siyeon aja dia males.
Terus akhirnya Siyeon jadi tahu kenapa,  ini semua gara-gara anak sekelasnya yang ngejekin Siyeon sama Jinyoung. Gara-gara Jinyoung tiba-tiba bantuin Siyeon ambil buka dan ketahuan selalu pulang pergi sekolah bareng, mereka jadi dicie-cien sama teman sekelas. Siyeon sebenarnya ngga peduli sama omongan temen nya tapi Jinyoung keliatannya jadi ngga mood gara-gara itu. Dia menghindar terus dari Siyeon bahkan saat pulang sekolah, Jinyoung nekat pulang sendiri naik angkot.

"Kamu apaan sih! Kok pulang duluan ngga bilang?! " Jinyoung diem aja dimarahin Jihoon pas sampai rumah.
"Kamu ini masih SD, kok nekat sih naik angkot? Kalau kamu nyasar gimana? Kalau kamu diculik gimana?"
Ga pernah sebelumnya Siyeon dengar Jihoon ngomong dengan nada setinggi ini.

"Lebay banget ah Kak! Aku udah gede!  udah kelas lima.  Temen2ku banyak kok yang naik angkot." Bahkan kemarahan Jinyoung juga dia bawa sampai ke rumah. Padahal biasanya kalau sama Jihoon dia nurut dan ngga pernah nyolot kayak gini.

"Jinyoung! Kamu sadar ga sih,  udah bikin orang rumah khawatir?  Bukan Kakak aja,  Mas Amir,  Bi Inah,  semua khawatirin kamu! Ini kalau sampai Mama Papa tahu--"

"Bodo ah Kak!  Terserah!" Jihoon belum selesai ngomong,  Jinyoung udah motong duluan trus lari naik ke kamarnya.

"Jinyoung! Hey!  Kakak belum selesai ngomong!"

Siyeon yang ngintipin mereka dari pintu depan cuma bisa nangis tanpa suara. Liat kedua kakak adik yang selalu akur itu bertengkar karena dia bikin dia ngga enak setengah mati.

***

"Jinyoung." Besoknya, Siyeon nyamperin Jinyoung ke bangkunya. Kelas lagi sepi. Semua teman mereka pada keluar buat jajan. Cuma ada Siyeon dan Jinyoung doang dalam kelas. Siyeon udah nunggu kesempatan ini dari tadi.

"Apa?" Jinyoung ngejawab ketus. Dia masih keliatan ngga mood.

"Maaf yaaa.." kata Siyeon ngga enak.

"Mulai sekarang, aku ngga akan ikut mobil kamu lagi jadi kamu ngga usah pulang naik angkot. Kak Jihoon.... khawatir sama kamu." Jinyoung diem aja.

"Aku juga ngga akan main bareng kamu lagi, kalau kamu ngga suka."
Siyeon nunduk, sejujurnya dia sedih. Meskipun Jinyoung itu dingin, mereka udah ngabisin waktu bareng-bareng. Dia udah nganggap Jinyoung itu sahabatnya.

"To.... tolong jangan bertengkar sama kak Jihoon cuma karena aku... hiks" tubuh Siyeon bergetar. Dia berusaha keras menahan tangisnya tapi ga bisa.
Jinyoung jadi gusar liat Siyeon nangis.

"Siapa yang bilang sih aku ngga mau main lagi sama kamu?!" Jinyoung berdiri terus ngacak rambutnya. Kadang2 cewek itu sotoy dan ribet. Selalu aja ngambil kesimpulan dengan persepsi sendiri. Itu yang dulu bikin dia males main sama cewek.

"Terus kamu kenapa? Kamu dari kemarin diemin aku. Kamu pulang naik angkot sampai marah-marah ke kak Jihoon juga!"

Siyeon ngepalin tangannya. Dia ngga boleh nangis depan Jinyoung. Ngga boleh. Tapi air matanya terus keluar. Air mata bodoh!

Jinyoung makin gusar. Agak merasa bersalah tapi jengkel juga.
"Ih jangan nangis! Bego! "
Tapi Siyeon malah nangis makin kenceng.

"Huft... " Jinyoung sigh.
"Aku.... seneng kok temenan sama kamu" Ucap Jinyoung pada akhirnya.

  Siyeon ngeliatin Jinyoung dengan tatapan Beneran?

Jinyoung ngangguk. Terus dia ngusapin air mata di pipi Siyeon.
"Iya, jadi udahan yaa nangis nya. Liat kamu nangis itu bikin capek,  tau ngga."

Siyeon senyum senang. Itu kali pertama. Biasanya kalau Siyeon lagi nangis, Kak Jihoon yang bakal nenangin dia dan ngehibur dia sampai dia ketawa. Kak Jihoon nggak akan berhenti aegyo sampai Siyeon bisa senyum lagi.

Walaupun cara Jinyoung nenangin Siyeon nya pakai dibentak plus dikatain bego juga,  Siyeon tetap senang. Karena ini adalah pertama kalinya Jinyoung kelihatan peduli. Ini bikin Siyeon yakin kalau mereka beneran teman. Jinyoung tulus temanan sama Siyeon,  bukan karena ada Kak Jihoon aja.

Purpose+ Bae JinyoungTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang