Hari ini gue bakalan bahas seleb lagi. Tenang, bukan seleb wattpad tapi selebritis beneran.
Gue pernah baca beberapa orang yang seperti ini.
"Kak, kalo aku bikin cerita pendek-pendek gitu tapi ada tokoh selebnya itu mending masuk fanfiksi apa cerita pendek?"
Bikin bingung ya pertanyaannya. Posisi "ada artis" itu seberapa jauh. Gue akan memberikan tiga kondisi yang mungkin sesuai sama keadaan cerita kamu kalo bimbang memilih genre.
Ya, genre bukan gendre.
1. Artis muncul sebagai dirinya sendiri dalam cerita sebagai tokoh utama atau sampingan yang aktif sepanjang cerita. Well ini udah jelas ya harusnya lo masukin ke fanfiksi walaupun nama tokohnya udah lo ubah jadi nama lokal, tapi kalo ada elemen nama asli tokohnya tetep aja bos, harus masuk fanfiksi.
Contoh deh
Jonghyun Akbar Wibowo
Ya, namanya mungkin terdengar maksa. But this is what fanfiction author do. Fine tho, no probs.
2. Menjadikan artis sebagai cast alias gambaran muka doang. Bukan sebagai dirinya sendiri. Masukin aja ke genre yang cocok, nggak mesti short story.
Contoh:
Kim Jonghyun sebagai Azra Al Hakim - Detektif Utama.
Kalo kayak gini kasusnya masukin ke genre biasa mah boleh. Tapi jangan masukin ke fanfiksi. Nanti bisa-bisa kamu didemo.
3. Artis muncul sebagai cameo atau tokoh sampingan yang munculnya sebentar. Gue rasa kalo gini bisa tetap dimasukkan ke genre biasa karena munculnya cuma cameo.
Contoh:
Tokoh utama ngefans banget sama EXO. Suatu hari dia jalan-jalan ke Korea Selatan. Taunya pas di minimarket nabrak orang gara-gara nggak konsen taunya itu Chanyeol EXO.
Terus dia minta maaf, Chanyeolnya pergi.
Udah sebatas itu kehitungnya cameo. Kalo dilanjutin ceritanya sampai mereka akhirnya kenalan terus jatuh cinta mah namanya fanfiksi.
Jelas?
Akhirnya gue bisa memproduksi bab yang agaknya berfaedah. Semoga tidak salah genre lagi!
Inget ya, genre bukan gendre.
Semoga ini juga mengurangi war genre dan memberikan pemahaman terutama buat penulis yang susah amat sih diminta pindah genre doang. Kagak disuruh pindah rumah.
-Tertanda, Sayang-
KAMU SEDANG MEMBACA
Mom, I'm A Wattpad Celebrity
LosoweHello, Wattpad Fellas! Apa kabar works wattpad? Masih sepi pembaca dan reaksi? Udah minta feedback ke sana-sini tapi hasilnya masih sedikit? Sampai kapan mimpi mulu nerbitin buku? Pengen jadi seleb wattpad tapi susah? Ah, kami bisa bantu kamu menca...