Jalan Gendoang adalah salah satu jalan yang terletak di Desa Gembong, Bojongsari, Purbalingga. Jalan ini termasuk jalan ramai namun diyakini rawan kecelakaan dan angker. Mitos yang ramai dibicarakan adalah seringnya masyarakat sekitar melihat sosok berjubah hitam. Entah itu laki-laki atau perempuan tak ada yang mengetahui.
Seperti penuturan Mbah Sudir. Ia adalah seorang pedagang bubur kacang keliling. Putranya Tadir, meninggal karena kecelakaan yang terjadi di Jalan Gendoang ini.
Kejadian bermula ketika Mawan dan Tadir pergi bersama. Mawan adalah rekan Tadir. Mawan beruntung, walaupun ia termasuk korban kecelakaan bersama Tadir, nyawanya terselamatkan. Mawanlah yang menceritakan awal mula kecelakaan yang merenggut nyawa Tadir pada Mbah Sudir.
Saat itu Mawan dan Tadir hendak pergi ke Sokaraja untuk menawarkan motor milik Mawan. Hujan deras yang mengguyur, tak mengurungkan langkah mereka. Baru beberapa meter dari perempatan dekat rumah Mawan, kecelakaan itu terjadi persis di depan makam jalan Gendoang.
Ketika mengendarai motornya Mawan mendengar orang yang berteriak, dan dia merasa jalanan begitu sepi. Hitungan menit, ia melihat seseorang entah itu laki-laki atau perempuan berjubah hitam, tiba-tiba menyebrang di tengah derasnya hujan. Mawan menabraknya dan ia terjatuh sedangkan Tadir terlempar ke parit saluran air.
Karena benturan yang keras Tadir tak terselamatkan. Anehnya, orang berjubah hitam itu tak ada, menghilang entah kemana.
Jalan Gendoang itu termasuk jalan yang sering memakan korban. Terkadang, menurut masyarakat setempat, pengendara sering memiliki pandangan jalan yang menjadi dua bayangan. Atau sering pula sosok si berjubah hitam melewat begitu saja.
Namun, terlepas dari benar atau tidaknya, Mbah Sudir telah ikhlas atas kepergian putranya. Ia hanya berpikir, Tadir meninggal karena jalan Tuhan semata, bukan karena misteri Jalan Gendoang.
Noted: Foto milik pribadi dan nama telah disamarkan.
Hastag
#TheFighter
#Infinitylovink
#nonfiksi
#urbanlegend
KAMU SEDANG MEMBACA
The Mistical Experience
Non-FictionPengalaman mistis yang terjadi di sekitar kita