Tersebut cerita seorang raja yang terlalu besar kerajaannya, saeful muluk namanya, ajam saukat nama kerajaannya.adapun raja ini telah berkawin dengan putri sukanda rum.tetapi oleh karena permaisurinya tidak beranak,ia berkawin dengan putri sukanda bayang-bayang. Hatta berapa lamanya, puteri sukanda bayang-bayang pun beranak anak kembar yang di beri nama makdam dan makdim. Permaisuri takut kehilangan kasih sayang raja sama sekali, lalu berdoa meminta anak. Doanya di kabulkan. Hatta berapa lamanya , ia pun beranaklah seorang anak laki-laki yang terlalu baik rupanya. Anak itu ialah jaya lengkara. Adapun semasa jaya lengkara jadi itu, negeri pun terlalu makmur, makanan murah dan banyak pedagang yang datang pergi. Segala ahli nujum, hulubalang dan rakyat sekalian juga mengucap syukur kepada ALLAH.
Kemudian raja menyuruh anaknya yang lain, makdam dan makdim pergi bertanyakan nasib jaya lengkara pada seorang kadi. Kadi itu meramalkan bahwa jaya lengkara akan menjadi raja besar yang terlalu banyak sakti dan segala raja-raja besar tiada yang dapat melawannya dan segala margasatwa juga tunduk kepadanya dengan khidmat. Mendengar ramalan yang demikian , makdam dan makdim menjadi sakit hatinya. Mereka berdusta kepada ayahanda merwka dengan mengatakan , jikalau jaya lengkara ada dalam negeri , negeri akan binasa, beras padi juga akan jadi mahal. Raja termakan fitnah ini dan membuang jaya lengkara dengan bundanya dari negeri.
Naga guna menyelamatkan jaya lengkara. Bersama-sama mereka akan pergi ke negeri peringgi. Jaya lengkara menewaskan seorang ajar-ajar dan memaksanya masuk islam. Dengan bantuan raja jin yang sudah maauk islam , ia membebaskan makdam dan makdim dari penjara. Ratna kasina dan ratna dewi di kawinkan dengan makdam. Bunga kumkuma putih juga sudah di perolehnya .
Mangkubumi mesir coba mengambil bunga itu dari jaya lengkara dan di tewaskan. Jaya lengkara mengampuni dia, bila mendengar sebab-sebab ia ingin mendapatkan bunga itu. Jaya lengkara pergi ke mesir dan memohon supaya puteri dewi dikawinkan dengan makdim. Permohonnannya di terima dengan baik oleh raja mesir. Bersama-sama dengan ratna kasina, jaya lengkara berangkat ke negeri ajam saukat dan menyembuhkan penyakit raja yang tak lain adalah ayahnya. Selang berapa lamanya, jaya lengkara kembali ke hutan untuk mencari bundanya. Ratna kasina menyusul tidak lama kemudian, karena tidak tahan di ganggu oleh makdam dan makdim yang sudah ke negeri ajam saukat. Karena berahi mereka akan puteri ratna kasina, makdam dan makdim coba membunuh jaya lengkara. Naga guna menyelamatkan dan membawanya bersama-sama dengan puteri ratna kasina ke negeri madinah. Raja madinah sendiri juga berkawin dengan bunda jaya lengkara. Hatta berapa lamanya. Jaya lengkara pun menjadi raja, negeri madinah pun terlalu makmur dan besar kerajaannya. Segala raja besar pun menghantar upeti ke madinah setiap tahun.@sugih_forever
YOU ARE READING
HIKAYAT JAYA LENGKARA
ChickLitdi tulis oleh YOGA RIZKY PRATAMA. Yang sangat cocok untuk kalian yang membaca ini,untuk di renungi,untuk di ambil hikmahnya dan nilai-nilai moralnya .