Judul : Dinar vs Si Kembar
Penulis : esfladys
Genre: paranormal
Jumlah Part : 23 part
Status : slow update
Blurb: Tentang sesuatu di balik pertemuan, kejanggalan di balik pertemanan, rahasia masa lalu yang masih terpendam, dan rencana di balik kepolosan... antara cewek tangguh bernama Dinar dan si kembar yang terkesan baik dan polos.
"Apa lo bakal tetap percaya pada orang yang nggak pernah berhenti membuat lo curiga?"
Link cerita: https://www.wattpad.com/story/15075324-dinar-vs-si-kembar
Review cerita ala kamu:
- Plot
Sebenarnya plot cukup baik, banyak teka-teki yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu pembaca. Apalagi dipermanis dengan unsur breakdance. Sayangnya susunan ceritanya agak kurang tepat. Cerita lagi seru-serunya, pada part berikutnya malah flashback yang kurang nyambung pada cerita sebelumnya. Membuat keseruan tadi, menguap begitu saja.
Prolog lumayan membingungkan karena terbagi atas dua bagian yang berbeda. Satu masa lalu Dinar, Bayu serta Sarah. Sedangkan satunya masa sekarang Nate dan kembarannya. Tapi saat dibaca terkesan pada waktu yang sama, sehingga pembaca kurang mengerti ketika membaca part pertama.
Ada plot twist, tetapi sayangnya ada juga beberap plot hole dalam ceritanya. Seperti saat Dinar dihajar, di sana digambarkan sudah sangat babak belur dan mungkin sudah di ambang kematian. Tapi berikutnya, seakan tidak begitu parah.
Oh iya, tentang panggilan orang tua Nate yanh ayah dan mommy, agak ganjal kenapa disamakan saja? Dad dan mom atau ayah dan bunda? Apalagi mengingat ibunya yang orang pribumi.
- Karakter
Karakter tergambarkan dengan baik. Saya secara pribadi menyukai karakter Rio, yang mencintai Dinar. Berandalan yang sekalinya jatuh cinta, seakan benar-benar mencintai dengan sesungguhnya. Kurang suka sama karakter Dina yang ambisius tetapi di saat yang sama seperti masih ragu-ragu dalam setiap tindakannya.
- Latar
Untuk latar tempat dan waktu, kurang digambarkan dengan baik. Seringkali pada edegan yang sama tetapi seakan di tempat yang berbeda.
Sedangkan untuk latar suasana sudah cukup tergambarkan dengan baik.
- Diksi dan EBI
Untuk diksinya sederhana dan mudah dipahami, namun kadang terlalu banyak narasi yang membuat bosan. Apalagi ada beberapa part yang terasa sangat panjang.
EBI masih ada beberapa kesalahan, tetapi tidak terlalu banyak dan fatal. Kesalahan-kesalahan kecil dalam kepenulisan juga tertutupi oleh narasi cerita.
- Kesan Pribadi sabagai Pembaca
Kelebihan :
Cerita ini menarik dan recommended untuk dibaca bagi para penggemar genre paranormal. Tetapi sayangnya penulis sudah terlalu lama menggantung cerita, saya melihat penulis sudah lebih setahun tidak meng-update cerita ini. Digantung itu menyakitkan. Hal ini menyebabkan pembaca mungkin harus membaca ulang untuk dapat mengingat kembali ceritanya.
Kekurangan :
Mungkin untuk kesan awal dari ceritanya yang sedikit membingungkan. Serta porsi tentang kekuatan supranatural mereka yang kurang diperjelas. Misalkan tentang kekuatan Nate, kapan penglihatan dia muncul atau apa dia bisa mengatur kapan munculnya penglihatan itu tidak begitu jelas.
Saran:
Urutkan kembali susunan adegannya, flashback memang penting tetapi tidak serta merta langsung diselipkan begitu saja dalam cerita. Cari momen yang memang pas untuk mengeluarkan flashback, sehingga cerita tak terkesan terpotong. Dan paling penting untuk melanjutkan ceritanya, sebaik apapun plot dll, tetapi jika tidak selesai sama saja bohong.
Quote dari cerita :
"Jika di ujung sana ada jalan, bolehkah aku menyebutnya sebagai harapan?"
Rate (1-5 bintang) : 3 bintang
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
RandomYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.