Judul : Flashdrive
Penulis : Kakadimaa
Genre: Thriller
Jumlah Part : 41
Status : Tamat
Blurb:
Apa yang terjadi jika kamu menemukan sebuah file asing di flashdiskmu?Reinardus Tinggi Situmorang adalah seorang mahasiswa semester satu fakultas informatika di salah satu universitas swasta daerah Bandung. Sesaat setalah menerima flashdisk miliknya yang dipinjam oleh Nayla, Reinardus menemukan sebuah file asing di dalamnya. Mengingat Nayla sempat dibuat marah, akhirnya Reinard memanfaatkan hal ini untuk meminta maaf. Namun, sesampainya di rumah Nayla, Reinardus terdiam seribu bahasa.
Link: https://my.w.tt/UiNb/a9QuJheacI
Review cerita:
- Plot: Alurnya maju dan mengalir dengan cukup perlahan. Alur cerita pada awalnya belum menunjukkan inti cerita sebenarnya yang bergenre thriller, melainkan hanya sebatas obrolan biasa pada saat ujian ataupun di luarnya. Semakin ke dalam maka semakin jelas intinya seperti apa, barulah konflik muncul dan juga ada penyelesaiannya. Sepertinya tidak ada alur yang membingungkan. Endingnya pun juga lumayan, karena happy ending.- Karakter: Penggambaran karakter Nayla dan Reinard sudah cukup jelas baik digambarkan secara langsung maupun tidak langsung, selain itu juga terdapat tokoh yang lainnya seperti Aldena, Dika, Jo, dan lainnya. Apa yang mereka lakukan itu sudah tergambar sangat detail.
- Latar: Penggunaan latar yang mewakili tiap chapter tersebut juga sudah lumayan tepat. Penggambaran latar tempatnya ada yang cukup jelas, ada juga yang kurang.
- Diksi dan EBI: Diksinya sudah lumayan bagus dan sesuai dengan kalimatnya, tetapi sayangnya masih ada yang diketik salah di ceritanya. Selain itu, ada yang sudah sesuai kaidah EBI, meskipun begitu masih ada yang tidak sesuai, seperti penggunaan kata depan yang tidak sesuai, ada kata asing yang tidak dimiringkan, penggunaan kata depan dan partikel 'si' ataupun 'lah' yang masih ada kesalahan dalam penggunaannya.
- Kesan Pribadi sabagai Pembaca: Sejujurnya saya suka membaca cerita ini, apalagi genre thriller ini adalah genre cerita favorit saya, tapi sayangnya ada yang sedikit mengganggu seperti kebanyakan elipsis dan bahasa dialog yang terlalu kasar. Selain itu, endingnya bahagia banget.
Kelebihan : Ide ceritanya cukup menarik, unik, dan tidak mainstream, paragrafnya tersusun rapi dan sudah dispasi, kata-kata yang tidak banyak orang mengetahuinya sudah diartikan dengan baik, dengan diberi catatan kaki di bawah cerita, ya, ide yang cukup bagus. Satu lagi, endingnya juga sudah cukup pas.
Ceritanya juga berhasil memberi kesan mencekam dan membuat pembaca akan terasa feel dalam cerita tersebut.
Kekurangan :
Kebanyakan elipsis meskipun kaidahnya sudah sesuai di dalam cerita, masih banyak kata asing yang tidak dimiringkan, dan masih ada kaidah EBI yang salah.Saran :
1. Hindari penggunaan elipsis yang berlebihan atau tidak penting
2. Perbaiki lagi tulisan yang tidak sesuai kaidah.
3. Kalau bisa disopankan lagi bahasa dalam dialognya itu. Apalagi penulis tidak mencantumkan mature kontent pada ceritanya.
4. Tetap semangat dalam menulis karya yang lainnya. Jangan putus asa.Rate (1-5 bintang) : 3 bintang
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
AcakYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.