Awal Perjalanan - Bagian 3

6 1 2
                                    


"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh", Indah memberi salam saat masuk ke dalam kelas.

"Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh", jawab para siswa-siswi serempak dan kompak.

Indah meletakkan buku-buku yang dibawanya di atas meja.

"Bersedia!", ketua kelas menyiapkan teman-teman kelasnya, kemudian berdiri diikuti oleh teman-temannya.

"Beri salam pada guru".

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi Bu", salam dan sapa anak-anak, kompak.

"Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi semuanya", jawab Indah, dengan senyuman, dengan perasaan masih gugup.

"Bismillahirahmanirahim", bisiknya pada diri sendiri.

Indah memilih berdiri di depan papan tulis sambil menghadap siswa-siswinya.

"Perkenalkan nama saya Indah Sulistyaningsih, kalian bisa memanggil saya Bu Indah", kata pengantar Indah mengalir dengan lancar.

"Mulai hari ini sampai satu semester ke depan saya yang mengajar mata pelajaran Ekonomi di kelas kalian, semoga kita bisa bekerja sama ya ..", ucap Indah sambil memandangi satu per satu siswa di kelasnya.

Beberapa siswa berbisik-bisik dengan teman sebangkunya, beberapa mengangguk-angguk, sebagian menatap Indah dengan tatapan ingin tahu.

"Demikian perkenalan dari saya, ada pertanyaan? Sebelum saya lanjutkan ke materi.", Indah memancing siswa-siswinya untuk bertanya, inilah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru, keterampilan bertanya dan memancing rasa ingin tahu.

"Tinggalnya di mana Bu?".

"Sudah menikah Bu?".

"Dulu kuliahnya di mana Bu?".

"Umurnya berapa Bu", Pertanyaan para siswa berebutan.

Intan mengangkat telunjuk ke mulut ke tanda menyuruh kelas hening, dan berhasil, kelaspun hening.

"Siapa yang ingin bertanya angkat tangan, nanti saya tunjuk baru mengutarakan pertanyaan. Itu peraturan saya yang pertama ya...", kata Indah

"Siapa yang ingin bertanya?", tanya Indah sambil mengangkat tangannya ke udara.

Beberapa siswa mengangkat tangan.

Indah menunjuk siswa yangduduk paling belakang.    

PilihanWhere stories live. Discover now