What is Depression?
Depresi menurut KBBI merupakan salah satu gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan merosot (seperti muram, tertekan, atau sedih yang berlebihan)
Depresi bisa menyerang siapa saja. Tua, muda, besar, kecil, dan siapapun selama kamu masih manusia. Depresi bisa terjadi karena banyak hal, mislanya karena masalah-masalah atau tekanan-tekanan yang kalian pendam yang (menurut) kalian tidak bisa kalian selesaikan sendiri, tetapi juga tidak bisa kalian utarakan atau ceritakan pada orang lain.
Saya pribadi pernah berada dalam titik ini.
Titik dimana "saya ingin melenyapkan diri sendiri."
Tekanan dari lingkungan, keluarga, dan diri sendiri membuat saya berada di dalam titik itu.
Lingkungan yang menuntut, serta saya yang terus menyalahkan diri sendiri karena telah menjadi orang tidak berguna di dunia.
Tetapi, saya bersyukur saya bisa melaluinya dengan baik. Dan banyak mengambil hikmah dari kejadian-kejadian itu.
Jadi bagaimana cara mengatasinya (ini cara yang saya lakukan)?
1. Selalu ingat jika kita punya Tuhan, punya keluarga, punya teman, dan punya seseorang yang kita cintai dan mencintai kita.
2. Selalu sugesti diri sendiri dengan hal-hal yang positif, tak masalah kita menyimpan banyak quotes tentang 'betapa indahnya hidup ini' di ponsel, jika itu membuat kita lebih baik.
3. Rehat sejenak dari hal-hal yang membuatmu tertekan. Liburan sejauh mungkin. Lupakan sejenak, dan senangkan diri sendiri.
4. Ceritakan pada teman atau keluarga yang kita percayai tentang kekhawatiran kita, tentang seluruh perasaan kita, tentang masalah-masalah kita, itu akan sedikit meringankan tekanan batin kita. Dan jika memang tidak bisa, maka berceritalah pada Tuhan. DIA lebih tahu apa yang harus kita lakukan.
5. Sugesti diri sendiri ,jika kalian akan menemukan solusi untuk segala masalah kalian.
6. Selalu bersukur dengan hidup kalian, karena banyak yang ingin berada di posisi kalian saat ini.
Selalu ingat, DEPRESSION IS A SILENT KILLER.
Mungkin saja orang yang terlihat ceria justru orang yang menyimpan banyak luka di dalam dirinya.
Jadi apa yang harus kita lakukan untuk orang-orang seperti ini.
1. Peka terhadap lingkungan, lihat ke sekeliling kalian. Adakah di antara orang-orang di sekitar kalian yang merasakannya?
2. Jangan pernah menghakimi seseorang atas pendapat pribadi, sebab kita tidak tahu isi hati dan pikirannya.
3. STOP BULLY EACH OTHERS, terutama lewat dunia maya. Terima saja jika ada seseorang yang lebih baik dari kita, tanamkan mindset jika kita harus berjuang lebih keras lagi untuk menjadi orang seperti itu. KURANG-KURANGIN NYINYIR, merasa diri sendiri lebih hebat dari orang lain. Karena setiap manusia punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
4. Selalu dengarkan seseorang yang memilih untuk menceritakan masalahnya padamu dengan kepala dingin. Terkadang orang hanya ingin didengarkan tanpa alasan. Itu akan menyenangkan sekali. Jangan anggap remeh!!
Saya menuliskan ini, setelah saya membaca berita tentang Jonghyun Shinee.
He is a talented person. Talented singer. Talented producer, talented idol.
He is a cheerful and funny person, dia selalu menghidupkan suasana dengan candaan-candaannya tetapi siapa yang menyangkan jika dia juga menyimpan luka.
Jonghyun adalah satu dari sekian orang yang struggling akan hidupnya. Yang berusaha baik-baik saja, tetapi nyatanya dia remuk redam. Yang berusaha terus tersenyum dan memotivasi orang lain, padahal ia sendiri yang membutuhkannya.
Ingat, tidak ada orang yang pantas merasakan hal seperti itu. Tidak ada orang yang pantas merasa sendiri. Selalu ingat jika kalian semua berharga, kalian punya orang-orang yang mencintai kalian, kalian punya orang-orang yang bangga akan keberadaan kalian. Ingat, banyak orang yang ingin berada di posisi kalian tanpa kalian sadari.
Apapun masalah kalian, Tuhan tidak pernah memberikan masalah tanpa solusi.
Percaya itu merupakan salah satu ujian bagi kita agar kita menjadi lebih kuat.
Mengingatkan kita agar kembali lagi pada Nya. Mungkin selama ini kita lupa, jadi itu adalah teguran untuk kita.
Mungkin kalian berpikir, jika saya sok dengan menulis ini.
Tetapi ketahuilah, saya sudah melewati banyak hal selama hidup saya. Saya tak cukup tua, tetapi saya cukup melihat banyak hal (meskipun saya masih harus banyak belajar lagi tentang hidup)
Seperti yang pernah saya ceritakan di atas. Saya pernah berada di dalam titik 'ingin mengakhiri hidup saya sendiri' tetapi Tuhan kembali menolong saya melalui sahabat-sahabat yang baik, keluarga yang baik, dan melalui caraNya yang unik.
Jadi untuk kalian,
Ketika kalian merasa dunia dan kehidupan mengkhianati kalian. Ingat kalian punya seseorang yang pasti akan membantu kalian, menggenggam erat tangan kalian dan melalui hal-hal itu bersama.
Jika kalian tidak punya, maka saya siap untuk itu. Silahkan ceritakan kekhawatiran kalian pada saya melalui PM, melalu IG, melalui apapun yang bisa menjangkau keberadaan saya, saya tak bisa membantu banyak, tetapi saya akan mendengarkan cerita kalian. Dan sebisa mungkin menggenggam tangan kalian. Kalian berhak untuk itu, sayang. Kalian berhak disayangi.
Stay safe, stay positif, dan Stay strong untuk siapapun yang sedang struggling melalui hidup ini.
Once again, untuk seluruh orang yang mencintai Jonghyun (teruntuk sahabat dan adik kesayangan saya yang nelpon, dan berakhir kami nangis bersama) kalian kuat. Malam ini kalian boleh menangis, bahkan semesta pun ikut menangis, tetapi esok, tersenyumlah. Sebab, Ia sudah benar-benar menjadi bintang kalian yang akan terus bersinar di langit dan di hati kalian.
Dan untuk kalian yang memiliki orang-orang yang kalian cinta, terus dukung apa yang ia lakukan selama ia benar. Sebab dukungan lebih berharga daripada hujatan.
Sincerely,
Glowrie.