Nata's pov.
Jam enam titik nol nol a em.
Gua menguncir rambut menjadi kuncir kuda dan menyenderkan tas ke pundak kanan gua. Setelah itu, gua keluar kamar dan melihat mama, bapak, dan kedua adek gua di meja makan. Gua menarik kursi di samping Ariel dan duduk.
"Hari ini mau bawa bekel ga? Ada sayur kangkung sama cumi crispy nih."
Gua secara refleks langsung ngangguk. Makanan favorite gua masa gamau. "Bawa deh ma. Sama saosnya ada kan?" mama gua mengangguk.
Gua menenggak segelas air putih lalu kembali ke kamar mengambil novel milea yang mau Ihyal pinjem. Gua keluar kamar dan kembali ke meja makan mengambil bekel yang udah disiapin mama. Setelah memasukkannya ke tas, gua pamitan sama mama sama bapak dan segera pergi ke halte biasa gua naik angkot.
Sambil nungguin angkot, gua membuka aplikasi line dan terdapat 16 notifikasi dari si Ihyal. Dan setelah gua buka, isinya cuma dia freak out tentang band favorite dia, Paramore yang katanya mau dateng konser ke Indo. Yah maklum dianya kan fangirl.
Pas denger suara angkot yang gua tunggu-tunggu, gua buru-buru masuk ke angkot yang berhenti di depan halte dan membalas pesan Ihyal sepantasnya. Yang kek Ihyal nih kalo ga diladenin semakin menjadi, tapi kalo diladenin juga malah menjadi. Pusing gua kan.
Karna pesan gua ga dibales sama si Ihyal, gua beralih ngebuka instagram. Banyak muncul story yang belom gua lihat. Tapi, gua membelalakkan mata pas ngeliat ada satu story yang ngeganjel. Storynya Calum.
Perasaan gua udah ga follow dia deh? Masa ada story dia muncul? Gua mengecek profil ig gua dan ternyata dugaan gua bener. Ini ig si Ihyal.
Kzl deh ah. Ihyal sukanya numpang ga di log out.
Ngomong-ngomong tentang Calum, lu pada pasti mikir sampe segitunya ya gua sama Calum. Emang. Semua yang berkaitan tentang Calum berusaha gua abaikan. Gua gapunya kontak dia di wa, atau di line, dan di semua sosmed gua ga ngikutin dia.
Gua juga jarang banget ngobrol sama Calum. Emang gua masih sekelas sih. Cuma ya gitu. Gua sendiri yang milih gitu kan?
Iya. Keputusan gua buat minta Calum jangan kenal gua lagi emang beneran. Dan Calum maupun gua sepakat buat ngelakuin hal itu. Dan gua mampu buat ngelakuin hal itu.
Sekarang, gua gabisa lagi lama-lama natep dia dari deket maupun jauh. Dan gua nyadar atas itu. Gimanapun juga gua harus move on. Gua gamau stuck di Calum terus.
Awalnya emang susah bagi Calum buat berusaha gakenal sama gua lagi. Keliatan dari tatapan dia. Tapi, gua bisa ngacuhin dia dan diemin dia sampe sekarang ini. Gua sekarang udah kelas sebelas dan unfortunately angkatan gua ga diacak kelasnya. Alhasil, gua sekelas lagi sama Calum.
Ini udah mau PAS semester satu. Dan dari awal tahun ajaran baru, gua sama Calum melakukan apa yang udah kita sepakati. Jangan saling kenal. Meskipun Calum kadang masih suka sekedar senyum ke gua. Semuanya lancar seperti yang gua inginkan. Jarang ngobrol, gapernah chat, berusaha ngehindar. Bahkan, dalam situasi penting pun gua masih suka nyuruh Ihyal buat ngechat Calum. Karna gua bahkan gamau ngekontak dan gapunya kontak dia.
Gua menyerahkan selembar uang dua ribuan ke abang angkotnya dan cus masuk gerbang sekolah. Gua mengedarkan pandangan dan menyesal saat hati gua masih ngerasa nyes pas ngeliat Calum sama Nia di parkiran.
God, they look so meant to be together.
Gua mengalihkan pandangan saat gua sama Calum tanpa sengaja bertatapan. Gengsi juga gua elah kegep ngeliatin dia sama Nia.
Biasanya, gua yang ada di sana dan jalan ke kelas sambil ngobrol sama Calum. Apapun itu, asalkan yang gua ajak ngobrol itu Calum, gua gabakal bisa ngalihin fokus. Fokus gua cuma dia. Dan sekarang, udah beda. Buat kontak mata sama dia aja gua ga berani.
Nyesek itu masih hadir di gua ketika gua ngeliat Calum bareng Nia. Tapi, gua biarkan itu. Dan gua berusaha buat ga peduli sama rasa sakit ini. Semakin gua peduli sama rasa sakit itu, semakin susah buat gua lupain dia, kan?
Sekarang gua lebih milih buat ngejalani semuanya sesuai dengan kehidupan gua sebelum ada Calum. Hangout bareng Ihyal, fokus sama nilai-nilai rapor gua, fokus sama organisasi, apapun itu asalkan bukan hal terkait Calum.
Bagaimana dengan Luke? Dia juga berubah. Dia mau ngelepasin Nia karna gimanapun juga dia nyadar yang Nia mau itu Calum. Dan mereka bertiga balik jadi satu. Baik Luke maupun Calum udah bisa saling baikan. Gua tau kok mereka berdua itu sebenernya klop banget. Walaupun gua yakin diantara Calum dan Luke masih tercipta kecanggungan. Tapi, gua seneng ngeliat mereka baikan lagi.
Dan tentang perasaan gua ke Calum, itu masih sama tapi kekurang dikit. Seenggaknya gua udah bisa ngurangin kan? Udah hampir satu semester. Dan gua, harus bisa berjuang buat move on dari Calum. Walaupun gua move on, bukan berarti gua ngelupain apa yang pernah gua lakuin sama dia. Yang lalu biarlah jadi pelajaran dan kenangan buat gua. Dan yang sekarang, biarlah mengalir seperti seharusnya tanpa melibatkan yang lalu.
Karna yang lalu itu hanya sebagai pelajaran dan untuk diingat, bukan untuk dilakukan lagi.
Dan Calum, dia itu ibarat firmament bagi gua. Indah, luas, dan tinggi. Mau kemanapun gua pergi, dia bakalan tetep ada di depan mata saat gua mendongakkan kepala. Dan rasa senang saat melihat perpaduan warnanya, bakalan tetep ada di diri gua.
Tapi, gua gabakal bisa kuat untuk selalu mendongakkan kepala. Hanya untuk ngeliat dia. Apalagi ngeraih dia yang setinggi itu. Masih ada awan yang lebih pantas buat ngehias indahnya cakrawala. Bahkan, orang-orang pun semakin suka ngeliatnya.
Dan, seperti inilah akhir dari gua dan Calum. Baik gua maupun dia sama-sama ngerasain apa itu bahagia dan sakit. Cukup lengkap kok kisah kita berdua. Karna ga mungkin kan suatu kisah itu hanya terdapat bagian bahagia saja? Jadi, gua bersyukur bisa kenal sama Calum walaupun dia yang mengenalkan gua kepada bagaimana rasanya mendapatkan luka lagi. Dan gua juga bersyukur Calum ga menambah luka itu dengan air garam. Dia memilih buat ngebiarin luka gua ilang sendiri sesuai yang gua mau tanpa minta bantuan dari dia.
So, terimakasih udah mau mampir ke kehidupan gua, Calum.
Dan maaf, Tuhan ga ngijinin elu buat jadi pemeran permanen dalam hidup gua.
But you're always will be my firmament, Calum.
Like forever.
*****
hai.
hehe.
btw, itu mulmed ada quotes fav gua dari ff love me so nya jet-pink-heart
gua mo ngasih soundtrack tp gatau apaan wkwk
maapin ye hehew
KAMU SEDANG MEMBACA
Firmament • cth ✓
Fanfiction"Logan Logan apa yang nyakitin?" 'Apaan emang?' "Logantung" 'Lah kok gua?' "Apanya?" 'Kan elu yang ngegantungin?'