Heartbeat

31 3 0
                                    

Judul : Heartbeat

Penulis : MosaicRile

Genre: Mysteri/ thriller

Jumlah Part : 37 ( 1 prolog & 36 part)

Status : On Going

Blurb:

Pembantaian yang terjadi dalam satu malam itu menghabisi nyawa 8 orang yang menyandang nama belakang Theo. Sebuah nama yang menduduki posisi orang terkaya nomor 1 di Venesia, Italia, dan nomor 6 di dunia dengan penghasilan US$ 41.3 Milyar atau setara dengan Rp 549 triliun.

Pembantaian itu menyisakan satu-satunya pewaris terakhir bernama Lucas Theo.

Perjalanan Lucas untuk menemukan motif di balik pembantaian ditemani oleh dua sosok wanita dari masa lalunya dan masanya yang sekarang. Fla Cleur dan Caitlyn Joy.

Jalinan peristiwa yang terbentuk menyatukan setiap kejanggalan, membentuk benang merah yang menghubungkan mereka. Kisah-kisah tak terduga pada akhirnya mengungkap sisi terkelam yang pernah ada.

Antara ambisi dan perasaan, antara masa lalu dan masa depan, mampukah mereka bertahan pada apa yang mereka yakini?

HEARTbeat. © 2017, Johana Melisa. All Rights Reserved.

Link: https://www.wattpad.com/story/95392283-heartbeat

Review cerita:

🔘Plot

Pada bagian awal cerita, plot yang dibawakan terkesan menarik untuk menarik perhatian saya membaca keseluruhan cerita. Yaitu saat pembaca disuguhkan kejadian pembantaian yang dialami keluarga Theo. Plot ini terkesan misterius, dan membuat saya ingin cepat-cepat mengetahui siapa dalang dari pembunuhan yang terjadi.

Pada beberapa part selanjutnya, diceritakan beberapa waktu sebelum terjadinya pembantaian itu. Di sini kesan Thrillernya kurang dapat dirasakan, menurut saya. Para pembunuh juga hanya membunuh dengan membabi buta, tidak ada bentuk siksaan atau yang sangat mengerikan.

Makin ke sini, ternyata plot yang dibawakan tak sesuai dugaan saya yang akan penuh dengan kisah Lucas Theo yang bergigih menemukan pembunuh yang membunuh seluruh keluarganya. Dalam plot ternyata dibumbui adegan-adegan romance yang kadang malah menutupi kesan misteri itu sendiri. Tetapi tetap tidak menampik, jalan cerita ini menarik dengan alur yang tidak dapat ditebak.

🔘Karakter

Karakter dalam cerita terkesan kuat dengan tindakan-tindakan tokoh yang konsisten dari awal cerita. Garis-garis sifat tokoh terlihat jelas dan tak membingungkan. Fisik karakter juga dapat dibayangkan sesuai dengan penjelasan dari penulis.

Tokoh : Fla, Keluarga Theo, Joy, Melvin, Fabby, dan masih banyak tokoh lainnya yang muncul. Saya paling suka karekter Lukas. Selain ia diumpamakan sebagai seseorang yang tampan, ia juga romantis, serta profesional dalam pekerjaannya, sayangnya penyakitan.

🔘Latar

Latar dalam cerita ini terbilang cukup jelas, terutama untuk tempat dan suasana.

*Latar tempat : Venesia, digambarkan dengan jelas.

*Latar suasana : Suasana takut ketika pembunuhan terjadi telah di gambarkan dengan baik pada latarnya.

*Latar waktu : tidak terlalu jelas. Sering digambarkan sebuah jam dinding.

🔘Diksi dan EBI

*Diksi yang dipakai terkesan sederhana untuk cerita misteri. Tetapi hal ini juga membuat cerita ini mudah dipahami. Bagian-bagian diksi yang dipakai dalam adegan-adegan berkelahi cukup seru sehingga membuat saya sebagai pembaca merasakan antusias perkelahian.

*Untuk EBI, sangat disayangkan pembaca dapat menemukan beberapa kata yang salah penggunaannya. Sepertinya ini bukan typo.

~Contoh : Pemuda itu sanksi. (Prolog)

Harusnya : Pemuda itu sangsi.

~Contoh : ... ia nyaris merenggang nyawa. (Part 8)

Harusnya : ... ia nyaris meregang nyawa.

Cukup fatal karena sudah sangat jauh artinya.

-Penggunaan kata depan di dan bukan kata depan di- masih ada yang salah.

-Penulisan kata bilangan juga mesti diperhatikan.

-Masih dapat ditemukan kata yang tidak efektif.

-Dialog tag juga ada yang salah.

-Ada sedikit typo.

🔘Kesan Pribadi sabagai Pembaca

Covernya bagus. Terkesan misterius. Menarik untuk membuat pembaca penasaran terhadap isi bacaan. Seperti sedang membaca novel terjemahan. Saya sempat berekspetasi lebih terhadap cerita ini karena merupakan pemenang ajang yang diselenggarakan salah satu penerbit. Namun sayangnya beberapa kesalahan penulisan, melunturkan semangat baca saya. Bukan apa, pemenang dalam pikiran saya berarti yang ceritanya bagus dan kaidahnya sudah baik. Nyatanya tidak seperti itu.

🔘Kelebihan :

*Minim typo.

*Ide cerita menarik, dan juga per partnya tidak terlalu panjang jadi tidak membuat pembaca menjadi bosan.

*Plot yang ringan

*Rapi dan tidak berbelit-belit.

*Penulis menjadi semakin berkembang terhadap penulisan naskahnya, karena dapat dilihat kesalahan yang semakin minim menuju part akhir.

🔘Kekurangan :

*Ceritanya mulai menjorok ke romance bukan thriller sesuai genre yang disematkan oleh penulis.

*Kurang membuat jantung berdebar seperti genre thriller yang seharusnya.

*Masih banyak kesalahan pada kaidah kepenulisan.

🔘Saran:

*Sebaiknya gunakan Em dash jangan --- , karena pada part-part awal sering menggunakan ---, tetapi part akhir tidak begitu lagi.

*Revisi lagi penulisannya, karena jalan cerita sudah cukup bagus.

Quote dari cerita : Tanpa pengetahuan akan keuangan yang memadai, seseorang akan jatuh begitu mudah.

Rate (1-5 bintang) : 3

The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang