Judul : Work Hard (not) to be Smart
Penulis : SilviaAurel
Genre: Teenfiction
Jumlah Part : 5 part
Status : Ongoing
Blurb/sinopsis singkat:
Mungkin bagi sebagian remaja, cowok nakal dengan label bad boy itu sangat menggoda. Tapi, apakah kalian pernah berpikir, bahwa cowok good boy itu lebih menarik?
"Karena, menaklukan cowok good boy tidak semudah menaklukan seorang bad boy."
Berani ambil risiko, untuk menjadi berbeda. Karena tidak selamanya berbeda itu masuk ke dalam konteks buruk.
Link cerita : https://my.w.tt/UiNb/tcvEWXIIIJ
Review cerita:
- Plot: Awalnya saya menganggap kalau alurnya itu tidak jelas, jika terlihat dari judul di tiap part. Tetapi setelah saya baca, ternyata alurnya nyambung gitu. Penulis sudah cukup mengembangkan alurnya dengan rapi dan baik, dengan alur maju yang digunakan di dalam cerita, meskipun awalnya ada anggapan bahwa itu tidak jelas.
- Karakter: Setiap tokoh digambarkan dengan sangat kuat, walaupun belum terlihat secara jelas. Namun pembaca bisa merasakan betul keunikan dalam penggambaran tokoh di sini. Contohnya pada karakter Aji, sang ketua kelas yang terkenal disiplin dan sangat sabar, namun bisa menjelma seperti alien–seperti yang teman-temannya bilang, jika sudah lelah menghadapi teman sekelasnya. Karakter lain seperti Zeta, Zrika, Reon, Abrar, dan Kirei, serta tokoh pelengkap lainnya sudah cukup tergambar jelas jika saya lihat dari perkataan dan tingkah lakunya. Apalagi jika ditambah dengan foto tokoh-tokoh utamanya secara fisik jadi lumayanlah.
- Latar: Latar tempat digambarkan dengan sangat jelas dan mendetai. Awalnya latar yang digunakan hanya sebatas sekolah lalu di kelas dan kantin saja. Latar di sekolah cukup mendominasi meskipun ketika akhirnya saya membaca part terakhir yang tersedia di cerita, latarnya ternyata beralih ke studio tari dan rumah Abrar.
Namun, sayang latar suasana pada beberapa tokoh dan beberapa part agak kurang jelas, sehingga membuat pembaca sedikit kebingungan.
- Diksi dan EBI:
1. Dari diksi, sebenarnya jarang ditemukan typo, meskipun masih ada sedikit saja typonya di satu part. Bahasanya pun santai alias tidak terlalu tegang dan kaku. Tetapi masih kutemukan kata 'dan' di awal kalimat padahal sebenarnya itu bisa dihilangkan atau diganti kata lain. Selain itu, ada yang kurang jelas, seperti pada kutipan "Rei mengamati keempat, berbelok ....", di situ kurang dijelaskan si Rei ini mengamati apa gitu, jadi kurang dapat dimengerti.
2. Dari kaidah EBI, masih saya temukan kesalahan seperti pada kata 'Mipa', 'pr', 'pms', sebenarnya itu kata singkatan, jadi penulisannya huruf kapital semua gitu. Penggunaan huruf kapital yang kurang juga ditemukan pada nama-nama mata pelajaran. Penggunaan tanda baca pun ada yang salah, dari yang seharusnya dikasih tanda pisah tetapi yang ada malah tanda hubung. Jadi tidak sesuai. Habis itu, masih ada sedikit saja kesalahan di penggunaan kata depan 'di' dan kata asing yang tidak dimiringkan seperti pada kata 'full' saja.
- Kesan Pribadi sebagai Pembaca:
Pada bagian prolog penulis menggambarkan dengan unik dan penuh misteri sehingga membuat saya penasaran akan kelanjutan ceritanya. Apalagi ditunjang dengan bahasanya yang santai.
Kelebihan :
1. Disertai foto dari tokoh-tokohnya secara fisik sehingga pembaca bisa membayangkan karakter tokoh tersebut
2. Judul di tiap part unik karena memakai kata 'Work Hard to be ....'
3. Jarang ditemukan typo yang fatal
4. Bahasanya santai dan cocok bagi penyuka teenfict.
5. Tema yang diusung berbeda dari yang lain.
Kekurangan :
1. Masih ada kekurangan di EBI.
2. Untuk penggambaran aksi di setiap dialog mungkin kurang digambarkan dengan jelas dan agaknya membuat pembaca kebingungan maksud dari dialog tersebut.
- Saran:
1. Perbaiki/revisi lagi karyanya jika ada yang tidak sesuai kaidah.
2. Jika kata berupa singkatan dan tidak ada tanda titik di situ, diberi huruf kapital semua
3. Perhatikan lagi jika masih ada kata yang kurang di suatu kalimat jadi maknanya agak kurang jelas
4. Kalau bisa jangan letakkan kata 'dan' di awal kalimat
5. Kata 'full' sebaiknya ditulis miring
- Quote dari cerita : Berani ambil resiko untuk menjadi berbeda. Karena tidak selamanya berbeda itu masuk ke dalam konteks buruk.
Rate (1-5 bintang) : 3
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
LosoweYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.