5.Pengaruh era globalisasi

1K 64 1
                                    


Saat ini ditengah maraknya era globalisasi, banyak tantangan-tantangan yang harus di hadapi untuk menyikapi perkembangan era globalisasi terutama di kalangan remaja. Perkembangan globalisasi dapat memberikan dampak positif dan negatif.

Dampak positif:
—Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat  menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
— Keterbukaan informasi
Globalisasi membuat akses terhadap informasi semakin terbuka lebar, masyakarat bisa mendapatkan berbagai informasi dari banyak media, seperti televisi, internet, sosial media, dan lain-lain. Sehingga membuat masyarakat semakin terbuka, cerdas dan berpikir kritis.
— Komunikasi semakin mudah dan cepat.
—kemajuan di bidang transportasi dan lain-lain.

Dampak negatif:
— Pola hidup menjadi konsumtif.
— Informasi tak terkendali
Tidak semua informasi itu baik untuk kita,  ada juga informasi yang tidak baik dan tidak sesuai dengan kepribadian kita.
— Tersebarnya nilai-nilai budaya yang melanggar nilai-nilai kesopanan dan budaya bangsa melalui media masa seperti tayangan-tayangan film yang mengandung unsur pornografi yang di siarkan televisi asing dan lain-lain.

Nah, itu adalah sebagian dari banyaknya dampak positif dan negatif di era globalisasi. Terus, di perkembangan era globalisasi ini apa saja sih yang lagi hits di lakukan orang-orang terutama para remaja?

Hal kekinian yang paling sering di lakukan remaja

1. Bangun tidur langsung cek HP

Hayo... Siapa yang kaya gini? Jika remaja zaman dulu yang habis bangun tidur langsung mandi atau membereskan tempat tidur, maka lain halnya dengan remaja zaman sekarang. Kalau remaja zaman sekarang saat bangun tidur mengecek HP biasanya ingin melihat apakah ada chat masuk atau tidak. Atau bisa juga mereka update status ke sosial medianya. Bahkan, ada pula remaja yang mengecek HP nya usai bangun tidur untuk menelpon pacarnya untuk mengucapkan selamat pagi.

2. Memfoto tiket nonton bioskop

Masa sih? Emang ada ya yang kaya beginian? Tentu saja ada, aneh tapi nyata. Saat remaja pergi ke bioskop dan ingin menonton film yang sedang hits, nah sebelum film dimulai mereka memfoto tiket nontonnya lalu mengupload foto tiket itu ke akun sosial media mereka seperti Twitter, Instagram, dan sebagainya.

3. Update status dimanapun berada

Nah, kalau ini nggak usah diragukan lagi. Seseorang yang memiliki akun sosial media, pasti mereka akan menulis status tentang dirinya atau kehidupan sehari-harinya. Tetapi, remaja zaman sekarang sepertinya menulis status tentang apa saja yang bisa dibuat status untuk diperlihatkan kepada teman-teman. Dalam arti mereka selalu update status kapan dan dimanapun mereka berada. Misalnya saat pergi ketaman, ke mall, memesan makanan di sebuah restoran, dan sebagainya.

4. Memfoto makanan sebelum disantap

Selain memfoto tiket nonton bioskop, remaja zaman sekarang juga melakukan hal kekinian saat ini yaitu memfoto makanan sebelum disantap. Entah apa maksud mereka, mungkin karena tampilan hidangannya cantik, jadi para remaja gemar memfoto makanan tersebut.Tak cuma makanan, minuman pun tak ketinggalan di foto mereka lho. Walau terkesan norak, hal ini terbukti menjadi tren remaja saat ini.

5. Seringnya selfi diberbagai tempat

Tak ada salahnya berfoto, tapi kalau berfoto diberbagai tempat dan sering berfoto bagaimana ya?
Terkadang kita kerap melihat seseorang melakukan foto selfi ditempat-tempat yang kurang pantas misalnya saja toilet. Padahal masih banyak lokasi foto yang lebih indah. Semua itu kembali lagi kepada kepribadian mereka. Selama fotonya masih dalam batas wajar ya tidak menjadi masalah. Asal jangan berfoto selfi dengan situasi, kondisi, dan tempat yang berbahaya ya.

Terlepas dari itu semua, era globalisasi juga dapat menyebabkan:

* Teknologi yang membuat kita lupa segalanya

Teknologi membuat putus silaturahmi

Gadget dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

Keberadaan teknologi tidaklah dilarang justru sangat bermanfaat untuk membantu aktifitas kita. Namun, jadi salah jika kita menggunakan untuk hal yang tidak tepat. Seperti penggunaan social media yang digunakan cuma buat ngomongin orang, membongkar aib sendiri bahkan curhat nggak jelas dengan harapan banyak orang yang ngelike. Hadeh... Kamu curhat di social media bukannya dibantu yang ada jadi bahan bully.

* Gaya hidup yang makin kesini makin amburadul

Budaya barat semakin mengikis keimanan remaja muslim

Ingat fenomena jilbo0bs? Jilbo0bs sendiri adalah gaya pakaian muslimah yang munggunakan jilbab namun dibalut dengan pakaian yang ketat, sehingga menimbulkan bentuk lekuk tubuh yang terlihat jelas dan menjadi hiburan gratis bagi para lelaki mumes.

Jadi bingung nggak sih? Sebenarnya mereka emang niat menutup aurat apa membentuk aurat?

Fenomena jilbo0bs hanya salah satu dari gaya hidup amburadul yang masih diikuti.

Nah teruntuk para sahabat yang ingin terhindar dari dampak negatif dari era glibalisasi maka
sebagai kaum muslim, kita hendaknya menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kita hendaknya menjalankan syariat Islam. Mengetahui mana yang halal dan mana yang haram sehingga kita dapat memilah-milah pengaruh dari luar.

Nah sahabat, yuk dari sekarang kita manfaatkan waktu muda kita dengan hal yang bermanfaat. Tetap berpedoman dengan Islam dan tetap teguh menjalani aturannya. Insya Allah hidup akan menjadi lebih bermakna.

Remaja Gaul Ala IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang