Pulanglah kita semua meninggalkan ruangan dengan rasa bangga campur sedih, campur haru, campur bahagia, campur rasa lainnya. Gue nggak bisa menuliskannya disini, yang pasti gue rasain adalah rasa syukur kepada Allah SWT yang udah ngasih pengalaman yang berkesan, teman yang setia kawan, solidaritas tinggi, dan paling penting bisa menggunakan waktu untuk sholawat bareng.
Sebagian panitia langsung pulang, sebagian lagi ke rumah Abang, karena barangnya masih disana dan mau istirahat. Saat pulang gue bareng Dhini, Abang, Bang Jiung dan sopir. Gue nggak inget banyak saat diperjalanan pulang, karena gue tidur. Sebelum tidur gue inget kalau Abang minta tolong Dhini buat ngabarin Intan kalau nggak bisa nemuin abis acara karena nggak enak badan.
Nyampe lah kita semua di rumah Abang, turun dari mobil, buka bagasi, ngeluarin barang, jalan masuk gang, nanjak, jalan ke pintu, jatoh. Iya jatoh! Abang pingsan dan jatoh di depan pintu rumahnya. Gue ngeliat jatohnya, jatohnya tepat di depan mata gue. Jujur gue panik ngeliat dia jatoh, semua yang ada disitu ngebantuin ngerebahin di ruang tamu. Ada yang mijit kepalanya, ada yang mijit kakinya, ada yang manggil Ummi, ada yang bikinin teh anget. Sedangkan gue apa? Gue malah keluar rumah nunggu sadar. Jujur gue nggak kuat ngeliat orang jatoh pingsan atau sakit tiduran di ranjang. Selalu ada rasa sedih campur takut ngeliat hal kaya itu.
Sebenernya gue nggak mau ngebahas ini, gue pasti sedih. Kalau kalian tau, gue nulis bagian ini sambil meneteskan air mata. Papanya Abang sempet nanya kenapa gue di luar, nggak di dalem nemenin yang lain. Gue nggak bisa jawab dengan kata-kata, gue cuma ngegelengin kepala. Gue baru tau kalau ternyata dia belom makan dari pagi dan emang kelemahannya itu nggak bisa kecapean dan telat makan. Kalau tau dari awal, gue bakal tungguin dia makan pagi sama kaya Laila dan Hamidah. Kalau tau dari awal, gue nggak bakal makan juga supaya gue tau rasanya berkorban macam dia. Kalau tau dari awal, gue bakal lebih mondar-mandir dan nggak bakal ngeluh sedikitpun.
Semua udah terjadi dan kita harus mengambil hikmah dari semuanya ini. Alhamdulillah semua lancar dan responnya positif, Alhamdulillah nggak ada perpecahan di internal panitia, Alhamdulillah acaranya banyak yang dateng, Acaranya damai, Pesertanya tertib, pengisi acara puas, dan semuanya bahagia.
Gue mau kerja dengan tim yang sama, gue mau ada projek selanjutnya, gue mau acara yang lebih besar, gue mau ketemu dengan mereka lagi, gue mau ngobrol lebih lama dan lebih mengenal satu per satu, gue mau lebih lama, gue mau lebih sering, dan mau mengulang acara ini berkali kali.
Tulisan ini mungkin abadi tanpa revisi, tapi gue mau kebersamaan kita yang abadi.
Lebih baik ditegur dari pada diam, lebih baik sakit hati dari pada menahan diri
Karena dengan teguran dan sakit hati, kita bisa merevisi diri
Menjadi manusia yang lebih rendah hati
KAMU SEDANG MEMBACA
Yuk Hijrah
Short StoryYuk Hijrah adalah jurnal perjalanan gue dalam kegiatan Milad Sholawat Bareng yang ditulis berdasarkan fakta tanpa rekasaya dan pastinya berakhir bahagia