SEGERA TERBIT!!!
30 SEPTEMBER 2019
***
Song on media: Fletch – Tiga Pagi
Song on external link: Fletch – Maybe
Anyway, I have friend of mine who got some kind of 'hate speech' related to her writings. Karena kurang lebih, aku juga melakukan hal yang sama kayak dia, menulis demi kesenanganku sendiri, boleh nggak sih aku minta kalian, siapapun, yang bersedia membaca A/N ini supaya lebih menghargai hasil kreativitas orang, yang sudah dengan sangat murah hati mereka bagikan? Apapun jenis karyanya? Bisa kan ya?
Aku tahu benci sama sesuatu itu memang nggak bisa dicegah, nggak butuh alasan kompleks selain pengen benci aja karena memang kita, aku dan kamu sama-sama manusia yang punya kekurangan. Tapi sebagai yang sama-sama punya hati dan otak, dan sama-sama bisa merasa, aku mengajak kalian buat nggak berhenti di satu sudut pandang aja.
Please, sesekali posisikan diri kita di pijakan orang lain sebelum melakukan apa yang mau kita lakukan. Tolong, dikurasi dulu baik-baik, sekiranya kalau kita jadi pihak berlawanan yang bakal kita serang dan kita benci karyanya, kita bakal sakit hati nggak? Bakal merasa rendah diri nggak, kalau kita membaca hal-hal menyakitkan terkait kreativitas yang seharusnya bisa membahagiakan diri kita?
Akan jauh lebih baik kalau kamu, siapapun, mengkritik dengan jelas, melepas jubah anonim dan menyampaikan dengan cara yang baik kalau memang karya seseorang itu mengganggu, merugikan hidup kamu. Katakan dengan writing attitude dan bahasa yang sama-sama nyaman untuk dimengerti, biar si pembuat konten juga bisa mengerti, dan memahami apa maksud kamu dan gagasan kamu tentang karya dia.
Words, is a strong element that you never expect to ever have any big damage when you use it unwisely. Makanya aku, sebisa mungkin menggunakan kata-kata, menggunakan semua jenis diksi dengan writing attitude yang aku tahu. Dan mudah-mudahan nggak ada pihak yang terganggu/merasa dirugikan dengan segala bentuk tulisan aku.
Boleh kan, ya, aku minta kelapangan hati kalian untuk melakukan hal yang sama. Supaya menggunakan kata-kata dengan bijak. Karena satu kalimat kebencian benar-benar punya power untuk menghapus habis seribu kalimat kebaikan. Jadi mohon, lebih bijak dan lebih cerdas ya. Dan sadar diri untuk menyampaikan dengan cara yang benar sebelum kalian minta orang lain sadar dengan apa yang kalian maksudkan.
Lah jadi banyak bahannya kayak tukang jait hahah.
Oke, semoga ada yang membaca dan memahami apa yang aku sampaikan selama ini, di tulisan ini, atau di tulisan aku yang manapun ya.
Terima kasih udah baca hahahah. Cuplis cuplis dari dede dnyl di dini hari buat qaqa-qaqa gemes yang besok masih kudu gawe, kuliah, dsb. Jangan surem mulu biar harinya nggak kalah cerah sama ketenaran dedek dnyl sekarang-sekarang ini hahahaha.
Love, xoxo.
KAMU SEDANG MEMBACA
Shandya's Sententia [SUDAH TERBIT!!!]
ChickLitSemua manusia punya kalimat-kalimat yang bergaung silih berganti di dalam kepala mereka sendiri. Yang tidak begitu saja bisa dibungkam oleh manusia lainnya. Kalimat apapun yang tertulis di dalam kepala, akan selalu menjadi hak individu dan menjadi r...