Hampir semua orang takut akan hantu, meski sudah jaman modern. Namun cerita mitos di masyarakat tidak pernah hilang, malah setiap tahun selalu ada cerita baru mengenai hantu. Hingga akhirnya cerita itu menimpa hidupku.
Nama gue Andit. Temen-temen main kadang ngeledekin nama gue, katanya Andit kepanjangan dari Anak Dedemit. Gue lahir pada malam Jumat Kliwon. Kata emak, saat gue lahir bulan dimakan dedemit, sempat hilang di langit. Seluruh warga kampung panik, membunyikan semua benda seperti konser musik.
Setelah masuk SD, gue pikir saat gue lahir itu bertepatan dengan gerhana bulan, tapi gue sih nurut aja apa kata emak, karena gue sayang emak. Oh iya.. emak gue sehari-hari dagang gorengan di depan gerbang kuburan Cassablanca, selain gorengan, emak juga jual bunga dan air kembang. Dari hasil dagangan emak, gue bisa sekolah dan tidur nyenyak di kontrakan petak.
Sejak babeh meninggal, 6 tahun lalu. Emak harus ngures keringet sendiri buat nyekolahin gue ampe lulus SMA. Ternyata setelah lulus SMA gue masih aja susah nyari kerja.
Sambil nunggu panggilan kerja, gue dipercaya temen emak, buat nunggu kuburan cassablanca blok E alias sebagai Kuncen. Lokasinya ga jauh dari lapak emak, jadi klo emak butuh bantuan gue, gue siap kerjakan.
Nah malam ini gue kena jaga malam, kata temen sesama kuncen, udah dua minggu terakhir suka ada penampakan kuntilanak jam 2 dini hari. Katanya sih kalau gue takut, mendingan sebelum tengah malam gue harus tidur. Tapi pas gue liat jam udah ampir tengah malem, mata gue masih aja melek, dasar apes.
Gue coba keliling makam blok E sesekali, siapa tau sambil ngeronda, mata gue bisa capek.
Malam ini langit sangat terang, purnama seakan bergandeng tangan bersama bintang untuk menghiasi malam ini. Tak terasa arloji gue menunjukkan hampir jam 2 dini hari
Kaki gue kayak lari sendiri ngibrit ke posko kuncen, yang mirip pos satpam komplek. Ada dipan besar dan selimut buat ngangetin petugas yang jaga.Selangkah lagi gue nyampe pos, tiba-tiba terdengar suara motor dari belakang pemakaman.
"Ini orang apa setan..? Kalau orang, ngapain ke kuburan jam segini? trus klo setan...iiiih..", tanya gue dalam hati.
Akhirnya gue langsung loncat seperti atlit lompat jauh, menuju dipan langsung tarik selimut. Suara motornya makin mendekat, bulu kuduk gue berdiri sendiri. Kalau dari suara mesin motornya, gue yakin ini motor RX King.
"Tapi mau ngapain juga di jam segini?", gue terus bertanya-tanya dalam hati.
Tak sampe semenit suara motor tadi hilang, badan dan kepala gue masih tertutup selimut tipis di pos. Sesekali pengen ngintip keadaan diluar, tapi hati masih takut. Dasar burung ga tau diri, lagi takut gini burung gue pengen pipis. Mungkin karena rasa takut yang tinggi.
"Tau aah.... gue udah ga tahan lagi...", seru gue sambil ngacir.
Perlahan gue buka selimut yang nutupin muka ganteng ini. Celingak-celinguk sesekali takut ketahuan tuh si kunti.
Tapi masa kuntilanak pake motor RX King? Aah.. bodo amat, yang penting gue mau pipis dulu di belakang pos", bisik gue dalam hati.
Selangkah demi selangkah gue jalan, sebisa mungkin ga ngeluarin suara.
Degggg... deeegg... jantung gue berdetak makin kencang, darah gue mengalir deras, mulut gue mangap gede. Tuh motor parkir tepat di depan jamban...
Waduuh apes deh gue, mau balik lagi ga mungkin, ini serasa di ujung tanduk, mau ke jamban kehalangan motor.. Tapi biarlah, kali ini gue nekatin diri, perlahan gue jalan melingkari sisi motor RX King hitam.Sambil jalan ke jamban, mata ini terus melototi motor yang selalu jadi impian gue dari SD. Knalpot dan lampunya masih orisinil, tapi kayaknya jok sama tangki nya sudah diganti.
Akhirnya gue bisa pipis, tapi kali ini gue sambil berdiri, kalau ada apa-apa bisa langsung ngacir. Gitu aja pikiran gue sambil pipis.
Jamban yang hanya tertutup sedada ini, bikin mata dan kepala gue muter ke kanan dan ke kiri, maklumlah sambil lihat situasi. Pas gue liat ke arah gerbang depan, terlihat sosok wanita pakai gaun serba putih, berambut panjang, duduk manis disamping kuburan."Waduuuh..ini kunti kayaknya..!", seru gue dalam hati.
Tiba-tiba pipis gue terhenti, pengen balik lagi ke pos, tarik selimut, tidur, dan berharap ini cuma mimpi...
"Kaabuuurrr...", teriak gue tapi dalam hati.
Setiba depan pos kuncen, badan gue kayak nabrak sesuatu. Maklumlah gue ngacir tapi kepala nengok ke belakang. Sumpah gue takut banget!
"Tapi barang apaan yah yang gue tabrak?", pikiran gue saat itu.
Perlahan gue balikkan pandangan mata gue ke depan, dan....
Woooowwwww........
Sumpah demi Allah, ini cewek cantik banget. Pakai gaun putih, rambutnya yang panjang sesekali tertiup angin malam, bikin waktu berjalan kian perlahan, seperti iklan shampo di tv. Hidung gue kembang kempis, bibir gue senyum lebar, ilang semua rasa takut tadi.
"Mba lagi ngapain malam-malam begini?", spontan gue bertanya ke si cewek itu.
"Abis ziarah bang", ucap cewek cantik sejagat tadi.
"Itu kuburan calon suami saya", katanya.
"Oooooh", jawab gue sambil terkagum sama kecantikan cewek misterius ini.
"Jadi yang setiap jam 2 dini hari datang ke sini tuh mba ya?", tanya gue sambil pdkt alias modus malem tingkat tinggi.
"Iya bang, emang kenapa?", jawabannya keluar dari bibir yang aduhai, bikin gue melayang jauh klo ngeliatinnya.
"Bang..bang.. kok bengong", katanya sembari pegang tangan gue.
"Oooh.. engga mba, engga ada apa-apa", jawab gue gelagapan.
Ternyata gara-gara dia, para senior gue pada ga mau jaga malam. Akhirnya gue yg kena imbas. Ahh.. tapi rezeki anak soleh, bisa ketemu bidadari cantik yang turun dari syurga, kata Coboy Junior.
"Bisa diceritain mba, kenapa harus malem, trus kenapa pake gaun putih gini? Cantik sih mba, tapi kan dari jauh bikin merinding..", ucap gue yang sok pede.
"Jadi begini bang, calon suami saya meninggal 3 hari sebelum kita nikah. Dia kecelakaan di terowongan Casablanka karena ikutan balap liar. Padahal saya udah ngingetin, jangan kemana-mana apalagi balapan liar. Soalnya kan kita bentar lagi nikah.
Emang udah takdir kali ya, calon saya itu tetep nekat balapan, akhirnya kecelakaan. Tepatnya jam 2 dini hari dia hembuskan napas terakhir. Itu kata polisi ke saya.Hati saya hancur bang, masih sulit melupakan calon saya itu. Malah kadang di rumah suka denger suara dia yang minta maaf. Makanya daripada dirumah denger melulu suara dia, mendingan saya ke kekuburannya sekalian bang, tiap jam 2 dini hari. Saya cuma bisa ngedoain dia dan bilang saya sudah maafin dia. Dan dia masih bisa lihat saya pakai gaun nikahan pilihan dia ini.
Motor yang saya bawa itu, motor calon suami saya yang dibawanya saat balapan liar, gitu bang ceritanya", kata si cewek itu.
"Ooh.. gitu mba. Ya Allah, udah cantik, setia, baik hati lagi", gumam gue dalam hati...
"Udah yah bang saya mau pulang dulu, udah mau subuh", kata cewek cantik itu.
"Iya mba.. eeeh mba namanya siapa?", lagi-lagi pede gue selangit
"Nama saya Ayu bang..", katanya sambil berlalu.
"Mmmhh ...gimana caranya bisa dapet nomer dia yah", otak gue berpikir cepat kayak petir..
"Eeeh mba, isi buku tamu dulu", lagi gue celetuk tegas sambil nahan dia pergi.
"ooh iya bang, mana pulpennya", jawabnya dengan manis.
"Ini mba, isi nama, no telpon dan alamatnya, buat keperluan administrasi", ucap gue sambil senyum lebar, dan modus gue berhasil!
Selepas mengisi biodata, cewek yang bernama Ayu se ayu parasnya itu pun pergi, dengan gaun putihnya naik RX King. Sembari ngebut sebelum ayam jago berkokok dan polantas bangun dari mimpinya.
Sejak saat itu, gue terus ketemu Ayu tiap jam 2 dini hari. Karena temen kuncen yang lain tidak tahu cerita cinta gue di kuburan saat malam hari.
Sebab yang mereka tahu, kalau setiap malam itu selalu ada kunti.
....TAMAT....
KAMU SEDANG MEMBACA
Bercinta di Kuburan
Short StoryHampir semua orang takut akan hantu, meski sudah jaman modern. Namun cerita mitos di masyarakat tidak pernah hilang, malah setiap tahun selalu ada cerita baru mengenai hantu. Hingga akhirnya cerita itu menimpa hidupku, namun entah kenapa aku tak ma...