Hari Pertama Puasa

3 0 0
                                    

Aku terbangun dari tidurku , waktu menunjukan pukul 03:15. "Azka... bangung, ayu kita sahur" Suara tante memanggilku. Aku beranjak dari tempat tidurku dan meraapihkannya. Kemudian aku bergegas ke meja makan. Menu pertama sahur yaa berupa susu putih hangat dan Ayam Goreng. Alhamdulillah masih bisa makan,nikmat Allah mana yang kau dustakan.

Banyak obrolan yang kami lakukan dimeja makan. Salah satunya mengenai terorist yang saat ini sedang heboh.. "Bagaimana pandangan azka mengenai terorist adalah islam tersebut ? Dan wanita bercadar?" Tanya oom

"Hhm aku kurang setuju jika islam disebut terorist, terorist yang mengaku islam. Terorist itu mussuh kita. Dia tidak beragama.. mengataskan Nama jihad dengan bomb bunuh diri. Mereka itu salah presepsi dan mungkin saja mereka itu di cuci otak oleh sekumpulan orang2 yang berniat mengadu domba islam. Sungguh menyedihkan mengenai terorist sekarang. Lalu wanita bercadar ? Aku welcome aja sih om , karena aku juga banyak temen yang bercadar dan Mereka Alhamdulillah wanita yaang baik nan sholeha. Lalu kenapa cadar di permasalahnkan ? Itulah permasalahan yang terjadi.. terorist mengaku islam dengan memggunakan atribut cadar lah , jenggot lah dll karena memang ingin menjatuhkan Islam dan mengadu domba". Jawab aku

Sambil menunggu Azan subuh , aku menuempatkan diri untuk tilawah dikamar, setidaknya selembar atau 2 lembar jadilah dari pada tidak membaca sama sekali, karena membaca Al-Qur'an adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Suara azan terdengar "Allah Akbar.., Allah... Akbar"

Lalu aku langsung menuju masjid untuk melaksanakan ibadah sholat subuh.

Awan yang gelap gulita mulai menunjukan warna yang berbeda dari sebelumnya, perlahan lahan awan itu membentuk warna yang indah dan cerah. Setela selesai persiapkan aku langsung pergi menuju kampus di Universitas X. Aku mengambil jurusan Teknik Kimia, ya karena aku suka..

Kuliah yang dipadatkan dari jam 8-15.

Selesai kuliah, aku pun cus balik ke rumah yang jaraknya lumayan jauh ditambah dengan kemacetan malang belintang. sesampai dirumah jam 17:50 waahh nak azan kataku. Aku langsung membersihkan diri untuk menyambut Hari pertama di Ramadhan tahun ini.

Azan Magrib terdengar , aku dan keluarga tante ku menyambut buka puása dimeja makan dengan hidangan Martabak Hard dan es teh manis. Alhamdulillah nikmat Allah masih mengalir. Dan dilanjutkan dengan tilawah Al-Qur'an sampai selesai (One Juz One Days).

Nilai Pesan yang ku dapatkan hari pertama :

Janganlah kalian berpandangan kecil terhadap satu kesalahan saja sehingga membuat kalian berfikir menyalahkan semua. Apalagi 1:1000. Ibaratkan kau punya sepatu eiger, lalu sepatu eiger itu ilang, apakah kau akan menuduh tiap orang yang punya sepatu sepertimu itu adalah kepunyaanmu ? Tidak kan ? Jadi berfikirlah yang luas jangan mudah terbodohi.

Isi kandungan surah al hujarat ayat 12 :

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), Karena sesungguhnya prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 19, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

RamadhanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang