1 - Halo, gua Ahra

314 40 1
                                    

Yap seperti judul di atas, nama gua Ahra. Umur 17 tahun. Alhamdulillah masih sekolah, kelas 11 di salah satu SMA di Bogor.

Kalo kalian tebak hidup gua bahagia-bahagia aja, kayak di FF lain yang tokohnya hidupnya kebanyakan terlalu kaya, kalian salah bro sis. Hidup gua hampir bisa dibilang.. aneh dan biasa-biasa aja.

Rumah gua bukan di komplek elit, bukan rumah gedongan, bahkan gak bertingkat. Cuma rumah biasa hasil jerih payah nenek gua (yang gua panggil Maaji) sewaktu muda. Beliau dulu guru matematika di sebuah sekolah swasta.

Kalo kalian mau tau rumah gua kayak apa, oke gua coba deskripsiin. Yah, rumah gua luas tanahnya sekitar 15 x 15 meter dan setengah dari luas bangunan itu dipake untuk rumah, sisanya dipake nenek gua buat berkebun. Hobi banget dah nenek gua berkebun. Nanem pisang lah, cabe lah, terong lah, pepaya, pokoknya segala ada. Sampe-sampe kayaknya tiap malem ada musang yang berpesta di kebon gua. Seneng kali dia ya banyak makanan, sampe ngundang semua kolega dia makan-makan di kebon gua. Dasar musang nggak modal maunya gratisan.

Gua juga sih. Kalo diajak makan maunya gratisan. Ups.

Oke tadi gua lupa mau ngomong apa. Sering deh gua begini. Kadang kesel sendiri kalo yang mau gua omongin itu penting, tapi malah lupa. Hadeuh. Sering nih gua diomelin kakak gua gara-gara pelupa.

Nah sekarang gua inget lagi.

Kenapa menurut gua hidup gua aneh dan biasa? Karena yah, gua gak pernah tau cuy muka bokap gua kayak apa. Seriusan.

Dari kecil, gua dan kakak gua dibesarin sama Maaji dan Aki gua. Tau kan Aki? Bukan aki buat mobil, tapi aki itu kakek.

Terus kalo ibu gua.. hmm entah ini boleh gua ceritain atau nggak tapi yaudahlah, gua ceritain aja. Lagian udah jadi rahasia umum ini.

Ibu gua sakit sejak gua hamil. Sejak ditinggal bapak gua. Eh salah jir maksudnya sejak hamil gua.

Kalo kata Maaji sih waktu dulu kakak gua (gua manggilnya Aa sih. Kan urang sunda) masih satu tahun tuh umurnya, emak gua hamil. Tapi tuh bapak gua ngilang gitu gatau kemana.

Eh taunya. Doi nyari bini baru. Haha.

Brengkes kan.

Udah kayak kasus si jenifer dun.

Sejak saat itu emak gua sakit. Beliau tuh cuma ibu rumah tangga biasa, gak kerja apa-apa.

Kalo mau tau sakitnya separah apa, yah lumayan sakitnya parah. Sampe harus masuk rumah sakit.

Rumah sakit jiwa.

Emak gua gak setegar ibu Sarita, yang abis disakitin masih aja tabah. Apalagi saat itu beliau lagi hamil, moodnya gampang naik turun. Terus bam! Dapet berita kayak gitu, kejiwaannya langsung terguncang.

Tau yang jadi korban siapa?

Gua dan kakak gua, si Aa Yuta.

Nih A Yuta.

Waktu gua lahir, emak gua masih di RSJ gitu kan, nah selama emak gua dirawat itu si Aa tinggalnya sama Maaji, nenek gua

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Waktu gua lahir, emak gua masih di RSJ gitu kan, nah selama emak gua dirawat itu si Aa tinggalnya sama Maaji, nenek gua. Suatu saat emak gua pulang tuh, udah mendingan. Oiya rumah gua sama Maaji awalnya misah, tp karena emak gua sakit jadinya kita tinggal di rumah Maaji terus rumah gua yang dulu dijual buat perawatan emak gua. Nah akhirnya gua sama A Yuta tidurnya sama emak kan.

Meskipun kata dokter udah mendingan, kenyataannya emak gua masih sering kambuh. Kayak, dia tiap hari minum panadol terus, entah buat apa. Emak gua jadi perokok berat, sampe-sampe gua kena asma. Terus kalo tiap malem kambuh, dia suka nendangin pintu sampe gua dan A Yuta ketakutan ngeliatnya.

Yang paling parah, pas gua masih bayi dan A Yuta masih balita gitu, kepala kita berdua pernah sama-sama disundut rokok. Jadinya kita berdua punya pitak deh di kepala.

Sejak saat itu, gua dan A Yuta tidurnya misah dari emak.

Hidup gua dan A Yuta lanjut berjalan normal. Tanpa ayah atau kasih sayang ibu. Cuma kita berdua jadi gak deket sama emak sendiri gitu. Soalnya emak gua di kamar terus. Dia keluar kalo mau makan, pipis, sama eek aja...

Kadang gua suka bingung kalo orang-orang ngomongin ortu mereka gitu. Terus tiba-tiba nanya, "ayah kamu kerja apa?"

Ya mana gua tau. Seumur hidup gua gak pernah ketemu. Maaji juga gak pernah bilang bokap gua kerja apa. Terus kalo kalian mikir, gak pernah liat komuk bokap? Emang nggak ada fotonya?

Gak ada cuy. Udah dibakar sama emak gua semuanya.

Gua bener-bener gak ngerti sama jalan pikiran bokap gua. Emak gua tuh cantik pas mudanya. Jago masak pula. Kata Maaji, dulu emak gua ngajar nari gitu sebelum nikah sama bokap. Terus juga dulu emak gua tuh kembang desa. Tau kan? Yang jadi rebutan gitu pas mudanya. Eh malah kepincut sama laki-laki brengkes macem bokap gua. Haduuh, emak.. emak.

Maksud gua, udah perfect kayak gitu masih aja diselingkuhin?

Laki-laki tuh maunya apa sih?

Heran berbi.

Tapi lebih heran lagi A Yuta sih. Udah didzolimi segininya tapi tetep aja dia gak benci sama bokap. Level ketegarannya dewa, turunan dari Maaji kali ya.

Nanti gua bakal ceritain setegar apa Maaji ngelewatin semua ini, so, stay tuned bro sis.

Nah kalo gua sih, beuh gausah ditanya. Benci banget bro. Kadang gua berharap mati ajalah bokap gua, manusia gak guna gitu ngapain masih hidup.

Udah selingkuh, gak pernah ngeliatin komuknya ke anaknya sendiri, gak pernah ngasih nafkah. Ah tapi yasudahlah. Kalo gua berdoa kayak gitu gua dosa, rugi di gua untung di bokap gua. Gak mau gua.

Oke lanjut cerita ya.

Pas gua kelas 5 SD, aki gua meninggal. Kemudian itu jadi titik balik A Yuta lebih dewasa lagi. Dia bener-bener jadi laki-laki satu-satunya di rumah yang bisa diandalkan.

Gua sedih banget waktu itu, sampe 3 hari ngurung diri di kamar kayak emak gua. Aki gua tuh bener-bener.. ngerawat gua dan A Yuta. Lain kali gua ceritain tentang aki deh ya.

A Yuta ngerangkul gua, "Neng, keluar yuk.. makan dulu."

Gua diem aja. Antara pengen nangis lagi tapi gengsi nangis didepan dia.

"Kamu dari kemaren makannya gak bener, ayo. Nanti Maaji marah." Katanya. Gua masih diem. Malah tambah sedih dia nyebut-nyebut maaji. Karena gua tau suatu saat Maaji juga bakal ninggalin gua.

Tiba-tiba dia meluk gua, "Nangis mah nangis aja gausah gengsi segala." Katanya seolah dia bisa baca pikiran gua. Suaranya bergetar. Dia juga mulai terisak gitu nangis sambil meluk gua.

Yaudah gua disitu numpahin semuanya. Yang awalnya gua bertekad gak bakal ngeluarin air mata lagi, eh malah deres banget kayak hujan.

"Kamu lupa? Masih ada Aa, masih ada Maaji, ada mamah juga," katanya. "Kita bisa laluin ini sama-sama."

Emak gua yang saat itu entah sejak kapan ngeliatin kita berdua, ikut pelukan. Gua tambah nangis.

Intinya aku sayang Aa Yuta lah pokoknya.

Segitu dulu cerita gua tentang keluarga gua. Chapter selanjutnya gua mau ceritain tetangga depan rumah gua yang gua kenal dari orok.

Keluarga Lee.

---------
TBC

Gaya penulisan baru nih. Gimana menurut kalian?
Enakan baku atau semibaku kayak gini?

Boy(s) Next DoorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang