BAB 1

2.9K 150 8
                                    

PENGERTIAN  DAN JENIS - JENIS  AKUNTANSI

    A. Pengertian Akuntansi

  Akuntansi berasal dari kata asing Accounting yang dalam bahasa indonesia artinya menghitung atau mempertanggung jawabkan. Akuntansi  disebut sebagai bahasa bisnis.
Akuntansi adalah suatu proses pencatat, mengklafikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data dan transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
  Pengertian Akuntansi menurut  American accounting Association adalah proses mengindentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Adapun Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan.
  Audit merupakan suatu disiplin ilmu yang terkait, tetapi tetap terpisah dari akuntansi. Audit adalah suatu proses diaman pemerikasa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat / opini yang masuk akal, tapi tidak dijamin sepenuhnya mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
  Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan pleh para maneger, mengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya. Pencatatan harian ini terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan.








Jangan lupa di vote yh komen juga dan kasih masukan yh🙋

AKUNTANSITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang