Drama Korea (Hangul: 한국드라마; RR: hanguk deurama) atau K-drama mengacu pada drama televisi di Korea (Hangul: 드라마; RR: deurama), dalam sebuah format miniseri, yang diproduksi dalam bahasa Korea. Banyak dari drama ini telah menjadi populer di seluruh Asia dan telah memberi kontribusi pada fenomena umum dari gelombang Korea, dikenal sebagai "Hallyu (bahasa Korea: 한류)", dan juga "Demam Drama" di beberapa negara seperti di negara-negara Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia termasuk Indonesia. Beberapa drama terkenal telah disiarkan melalui saluran televisi mancanegara; sebagai contoh, Dae Jang Geum (2003) telah dijual ke lebih dari 91 negara.
GENRE
Secara umum, ada dua genre utama drama Korea. Genre pertama menyerupai opera sabun barat dengan plot pendek, berakhir cepat, dan tanpa referensi seksual yang jelas, yang biasanya sering ditemukan di drama barat. Drama ini biasanya melibatkan konflik terkait hubungan percintaan, hubungan bisnis, hubungan antara mertua (biasanya antara ibu dan anak/menantu perempuan). Selain itu, mereka sering terlibat cinta segitiga yang rumit di mana pemeran utama wanita biasanya jatuh cinta dengan seorang "anak nakal", serta terdapat pula karakter utama yang menganiaya dirinya sendiri. Drama ini berlangsung dari 16 episode sampai lebih dari 100 episode (biasanya tidak lebih dari 200 episode).
Genre utama lainnya adalah mengenai drama sejarah Korea (juga dikenal sebagai sageuk), yang merupakan dramatisasi fiksi sejarah Korea. Drama sejarah Korea biasanya melibatkan alur cerita yang sangat kompleks dengan kostum, set dan efek khusus yang rumit.Seni bela diri, pertarungan pedang dan kuda sering menjadi komponen utama dari drama sejarah Korea tersebut. Drama Korea, baik drama sejarah atau modern, biasanya ditandai dengan kualitas produksi yang sangat baik, karakter dengan penjiwaan yang baik, naskah yang cerdas tetapi sebagian besar bergantung pada penggunaan pola dasar karakter.SAGEUK
Sageuk merujuk pada drama televisi atau film Korea yang didasarkan pada tokoh sejarah, menggabungkan kejadian sejarah, atau menggunakan latar belakang historis. Meskipun secara teknis kata "sageuk" secara harfiah berarti "drama sejarah", istilah ini biasanya diperuntukkan bagi drama yang berlangsung selama sejarah Korea. Subjek populer dari sageuk diantaranya pertempuran, perebutan harta, pemimpin militer terkenal dan intrik politik.
Beberapa drama yang termasuk kategori ini diantaranya Dae Jang Geum (Jewel in the Palace), Yi San, dan Jumong yang menerima tingkat kepemirsaan dan kepuasan yang tinggi di sejumlah negara seperti Vietnam, Uzbekistan, Kazakhstan, Fiji dan Iran. Jumong, yang disiarkan di IRIB (Islamic Republic of Iran Broadcasting) di tahun 2008 menerima 85% pangsa pirsawan.KONTEMPORER
Sering terpusat pada kisah cinta, serial yang dibuat pada zaman sekarang menempatkan hubungan keluarga sebagai fokus utama. Karakter dalam serial jenis ini kebanyakan idealis, dengan protagonis pria Korea digambarkan sebagai sosok yang tampan, cerdas, emosional dan mencari "satu cinta sejati". Hal ini pula yang menjadi faktor pendukung popularitas drama Korea di kalangan wanita, karena citra pria Korea menjadi berbeda dengan pria Asia lainnya.Drama Korea di Indonesia
Di Indonesia, drama Korea meraih popularitasnya dan drama populer Korea Winter Sonata dan Endless Love ditayangkan oleh Surya Citra Media pada tahun 2002. Beberapa drama Korea juga dibuat ulang dengan versi Indonesia seperti Demi Cinta di tahun 2005 yang merupakan remake dari drama Korea Autumn in My Heart serta Cinta Sejati, remake dari Stairway to Heaven. RCTI dan Indosiar adalah dua stasiun televisi yang menyiarkan drama Korea.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Drama Korea
RandomKumpulan Drama Korea + Sinopsis Sumber : Wikipedia, Google.