"Har!" Panggil Yudha sambil ngetok pintu rumah Hari tiga kali. Pagi-pagi banget, sebelum matahari nongol, Yudha udah nyambangin rumah nya Hari. Maklum, di hari libur itu anggota Gespita punya agenda khusus, sebuah agenda wajib yang diberi nama 'Pengambilan Nama Keren'.
Walaupun nama nya yang mungkin mereka terima gak bakal keren, dan mustahil keren.
"Oi~ Tunggu bentar, Dha!" Bales Hari, setengah berteriak dari dalem rumah.
Sambil nunggu Hari keluar, Yudha duduk-duduk di kursi sambil maen hp. Jaman itu emang belum ada Andoid, dan hp-hp yang pake sistem Java masih populer, apalagi macam hp-hp express music yang punya tombol musik sendiri.
Yudha masang earphone, terus dengerin musik-musik Muse, yang waktu itu album barunya baru keluar. Semenjak SMP, Yudha emang udah seneng sama musik-musik garapan band asal Inggris itu, efek gaul sama temen-temen nya yang juga suka lagu-lagu barat. Dia sendiri agak risih dengan lagu-lagu Indo, terutama lagu-lagu yang melo-melo dan terlalu banyak cinta-cintaan.
Gak lama, Hari keluar dari rumah, pake kaos item dan celana item, dandanan yang sama kayak Yudha. Udah jadi budaya di Gespita, kalo mau latihan atau ikut kegiatan, wajib hukumnya pake baju item-item. Sekalipun itu baju item bikin orang yang make sengsara kalo pas siang-siang.
"Lah, lu gak bawa apa-apa?" tanya Yudha heran liat Hari yang keluar rumah cuma pake pakean doang, gak bawa tas atau kresek.
"Lah, lu juga gak bawa-bawa apa-apa!" Bales Hari sambil ngangkat alis kiri, "Lepas dulu earphone lu!
Yudha terus ngelepas earphone nya, "Eh, ngomong apa lu tadi?"
"Lu kenapa gak bawa apa-apa?" Hari nanya pake nada rada kesel, terus dia duduk dilantai buat pake sepatu.
"Males gue," jawab Yudha, "Lagian bawaan nya banyak banget, emang beli makanan seabrek gitu gak pake duit apa? Paling-paling nanti makanan yang kita beli juga dimakan ama senior-senior juga, jadi buat apa kita bawa makanan."
"Tumben kita sepemikiran!" Hari nyengir, "Tadinya gue mau bawa roti gitu deh, tapi dipikir-pikir ngapain juga? Paling nanti diambil sama senior."
Kedua anak manusia itu bangkit, lalu berjalan menyusuri jalanan aspal sambil nunggu angkot yang entah kapan lewat. Lokasi kegiatan mereka hari itu emang beda kecamatan, jadi cukup jauh dan harus pake kendaraan, lama kalo jalan kaki soalnya.
<<<>>>
"Lah, yang lain mana bang?" tanya Yudha heran sambil liatin kanan kiri, mencari kawan-kawan nya seangkatan.
"Ya mana gue tau?! Mereka kan temen-temen kalian, harusnya kalian lebih tau dari gue!" bales Diki, satu-satunya senior yang nongol disana.
Yudha ngelirik layar hp nya, 'Udah jam setengah tujuh lagi, mampus dah gue!' keluh Yudha. Gespita punya aturan aneh soal kegiatan, terutama hukuman bagi anggota yang gak ikut kegiatan tanpa alasan. Anggota yang gak ikut kegiatan biasanya dapet hukuman berupa push up atau sit up yang jumlahnya gak kira-kira, bisa sampe ribuan malah. Kocaknya, mereka yang hadir juga ikutan kena hukum, makanya Yudha ngeluh.
Jam udah nunjukin pukul 07.30, tapi dari delapan belas anggota angkatan Yudha, cuma lima orang yang nongol. Enam orang yang hari itu kebetulan sial adalah Firdaus, Hari, Yudha, Suryani dan Irma.
"Cuma segini doang yang mau ikut 'Pengambilan Nama Keren'?" tanya Diki sambil merhatiin muka-muka juniornya itu. Sayangnya gak ada satupun juniornya ceweknya yang punya muka cantik atau manis, semuanya pas-pasan.
"Kayaknya begitu deh bang," celetuk Yudha gak pake pikir panjang, "Langsung mulai aja dah bang, lama nunggunya!"
Diki kemudian liatin jam tangan nya yang keren itu, lama lagi liatin nya. Abis mikir-mikir bentar akhirnya dia nyuruh juniornya itu buat persiapan, lalu mengirim mereka ke medan perjalanan.
Tapi perintah yang yang dikasih Dika cuma masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Dika ngasih instruksi ke Yudha dan kawan-kawan nya itu buat ngikutin tanda-tanda sepanjang jalan, terus ke pos-pos senior, terus lanjut sampe ke kolam mata air. Emang dasar junior-junior dableg, mereka gak ngikutin isntruksi Dika, dari pada ribet-ribet lewatin pos senior Yudha sama temen-temen nya ngambil jalan pintas lewat sawah biar cepet sampe ke mata air.
Lima anak manusia itu pun berjalan-jalan di pematang-pematang sawah untuk menuju mata air yang jarakanya kurang lebih tiga kilo dari tempat kumpul. Yudha, Hari dan Firdaus udah biasa jalan lewatin pematang sawah, beda sama Suryani dan Irma yang rada kerepotan pas lewatin jalan-jalan kecil tengah sawah yang lebarnya kurang dari 30 senti.
Yudha pas masih SD emang seneng banget maen ke sawah, soalnya bibinya punya sawah, kakeknya punya sawah, dan bapaknya punya kebon. Kalo pas musim layangan dia kadang maen sendiri kesawah, rela panas-panasan sendirian buat nerbangin layangan yang kadang putus kena lawan yang pake gelasan mahal.
Bukan cuma sawah, dia juga seneng maen ke sungai bareng temen-temen nya. Sungai di gunung beda sama sungai di kota yang aernya coklat dan banyak sampah. Sungai-sungai di tempat Yudha bening-bening, deket mata aer soalnya. Yudha sering maen ke sungai buat nyari ikan gabus, dia nangkep ikan-ikan gabus yang masih kecil buat dipelihara di kolam, kadang dimasukin bak mandi juga. Kalo lagi beruntung dia bisa dapet ikan gabus yang ukuran nya bisa sampe segeda tangan, yang biasanya langsung dibakar bareng temen-temen nya.
"Bantuin gue, oi!" Terika Suryani sambil ngelamabian tangan, dia kesusahan ngelewatin irigasi sawah.
Tanpa basa basi, Firdaus langsung ngulurin tangan buat nolong Suryani. Diantara anggota-anggota Gespita yang lain, Firdaus bisa dikatan anggota yang paling gentleman, walau kadang nyebelin minta ampun.
Yudha sendiri udah kenal sama Firdaus sejak SMP, soalnya mereka pernah satu kelas pas kelas VII. Pas SMP Firduas orangnya beda banget, dia dikenal sebagai siswa yang polos dan kadang gampang nangis kalo dijailin sama temen-temen nya. Gak semua anak-anak di sekolah agama juga baik, banyak juga anak-anak bandel yang sikapnya kayak preman masuk juga ke sekolah agama. Mereka kadang suka bikin ulah dikelas, salah satunya bikin Firdaus nangis.
Yudha sering maen ke tempanya Firdaus, kadang dia maen buat ngobrol-ngobrol doang karena bosen dirumah atau lagi bokek buat pergi ke warnet. Tapi seringnya Yudha maen ke tempat Firdaus buat minjem komik. Firdaus punya banyak koleksi komik, utamanya komik-komik Naruto dan Shaman King, dua komik yang Yudha juga demen.
Setelah satu jam berjalan, akhirnya kelima anak manusia itu sampai juga di mata air, tempat tujuan mereka. Sambil masang muka kucel dan badang bau keringet, mereka berjalan menuju Fikri dan Leman yang lagi asik maen game di hp mereka.
"Bang, kita udah sampe bang!" teriak Yudha setengah males, dia udah rada capek soalnya jalan terus.
Leman sama Fikri liatin Yudha dan kawan-kawan nya itu dengan mata terbuka lebar, "Loh~ Kok kalian udah nyampe sini?" tanya Fikri heran. Beda dengan Fikri yang sempet nanya, Leman cuma bisa melongo.
"Ya iyalah bang, kan dari sana nyampe sini paling sejam doang bang kalo lewat sawah!" Jawab Yudha sambil duduk diatas rumuput, terus mijentin kaki yang rada pegel.
"Kalian gak ke pos-pos dulu?" Fikri nanya lagi, soalnya perilaku junior-junior itu bener-bener diluar perkiraan dia. Dia ngira mereka bakal baru sampe sana empat jam lagi, makanya Fikri santai-santai maen game.
"Pos apaan bang?" Suryani masang muka-muka bego, "Kita gak nemu pos dijalan tadi, lagian bang Dika cuma bilang 'pergi ke mata air', gitu bang!"
Membenarkan perkataan perkataan Irma, semua junior itu mengangguk seirama. Fikri garuk-garuk kepala terus ngirim pesan singkat ke senior-senior yang lain, mukanya keliatan kesel banget.
Yudha, Hari dan Firdaus sembunyi-sembunyi ngasih jempol ke Suryani yang terus dibales jempol juga sama cewek itu. Ide gila mereka buat ngacauin acara senior cukup berhasil.
YOU ARE READING
Belut Kebon
Teen FictionYudha cuma seorang pemuda biasa dan jalanin kehidupan yang juga biasa, hingga suatu hari, Yudha bergabung dengan ekstrakulikuler pecinta alam di sekolahnya. Bersama temen-temen junior lain yang koplak gak ketulungan dan senior-senior yang juga sompl...