Teruntuk Mega
Sejak kita lahir ke dunia sampai kita meninggal kita pasti membutuhkan orang lain. Tidak ada manusia yang cukup hebat untuk bisa melakukan segala hal dalam hidup sendiri. Pernahkah kita berpikir arti penting dari teman dalam kesusahan. Saat kita punya banyak uang,banyak harta,banyak kegembiraan kita memiliki banyak teman dalam kesenangan,tapi bagaimana saat kita susah? Bagaimana saat masalah datang bertubi-tubi?
Teman sejati adalah teman dalam kesusahan terlepas bagaimanapun karakter,pekerjaan atau jabatannya. Teman sejati adalah ia yang tau bagaimana harus bersikap saat kita datang kepadanya dengan seribu masalah dan kesedihan. Teman sejati bukan yang memberi nasihat tapi menjatuhkanmu, bukan teman yang mengabaikanmu juga bukan teman musiman yang datang dan pergi sesuai kebutuhannya. Teman sejati adalah ia yang memiliki sifat pemarah tapi tetap sabar dan setia mendengarkan dan memberimu nasihat. Semua orang datang dan pergi dalam hidup,tidak ada yang menetap selamanya. Tapi teman sejati akan menetap lebih lama daripada lainnya dan membantumu menemukan potongan puzzle hidupmu yang berserakan.
Kalau kita bicara soal teman tidak adil rasanya kalau kita tidak berbicara soal sahabat. Mungkin persahabatan levelnya diatas pertemanan tapi menurut saya persahabatan yang tidak tulus dan jujur hanyalah permusuhan yang lebih halus dan lebih berbahaya. Saya pernah punya sahabat, seorang yang terlihat sangat taat beragama tapi ia suka menjelekkan orang lain. Seorang yang terlihat terhormat tapi suka memanfaatkan orang lain.
Setiap orang sukses pernah mengalami masa jatuh, masa goncangan terberat dalam hidupnya tidak terkecuali saya disaat seperti itu peran teman sejati pasti dibutuhkan. Bahkan sayapun yang katanya bintang kelas populer dengan banyak penghargaan pernah jatuh berkali-kali karena mencintai pria yang salah. Teman sejati bisa memandu kita untuk tetap lurus dalam jalan kita. Teman sejati bisa memberi pemahaman hakikat diri kita dengan kebijaksanaannya. Teman sejati mampu menangkap hal yang orang biasa tidak bisa tangkap. Teman sejati mampu membuat kita mengingat Tuhan saat semua hal rasanya membawa kita jauh dariNya
Teman sejati adalah pasukan yang memiliki senjata, bisa untuk melukai siapapun tapi ia tidak akan pernah sengaja melukai kita. Teman palsu adalah yang membicarakan dan memanfaatkan kita seperti rekan prajurit yang menusuk kita dari belakang. Tenanglah,waktu perlahan akan mengungkap jati diri setiap orang. Jadi jika kita sudah tau sahabat kita,teman kita aslinya buruk maka pergi dan jauhilah dia perlahan tanpa menyakitinya
Kenapa saya katakan harus segera pergi, tidakkah kita memberinya kesempatan untuk memperbaiki diri? Jawabannya tidak perlu. Kita akan menghabiskan banyak waktu karena karakter asli seseorang tidak akan berubah, karakternya hanya akan berubah demi orang yang benar-benar dicintai, itu bukan kita.
Cukup jadikan ia teman biasa, layaknya tamu yang duduk di teras depan dan disuguhi kudapan sederhana, tidak usah menjadi tamu istimewa yang dijamu makanan,minuman dan fasilitas yang mewah apalagi masuk ke bilik pribadimu.Saat kita dibawah maupun diatas,kita akan paham bahwa sikap teman sejati tidak pernah berubah. Kita akan sadar bahwa kata-katanya tidak akan bertambah manis atau pahit. Kita akan sadar bahwa dimanapun kita bersama dia,hati kita tenteram. Ya memang begitulah,intuisi kita akan selalu nyaman dan menerimanya. Bahkan dari senyumannya pun mengandung ketulusan dan rasa kasih sayang.
Jika kita memiliki satu saja teman sejati maka bersyukurlah karena itu adalah bukti Tuhan menyayangi kita. Jika dia tidak 23 jam bersama kita tidak masalah,asal 1 jam dia hadir dengan kebijaksanaan dan keceriaan
Bukankah hidup ini indah,sederhana dan penuh rahasia. Yang pergi biarlah pergi. Yang sudah terjadi ambillah pelajaran berharganya. Yang belum terjadi,hadapilah dengan kebesaran jiwa dan keberanian.Teruntuk teman sejatiku Mega terimakasih banyak telah hadir di hidupku. Terimakasih sudah selalu menuangkan air kebijaksanaanmu untuk dahaga kegelisahanmu. Terimakasih sudah membuang banyak waktumu untuk menenangkan dan menguatkanku. Setiap orang membutuhkan sosok seperti dirimu dalam kehidupan,dan semoga mereka mendapatkannya.
Layaknya sebuah TTS yang rumit kamu adalah clue yang membantuku mengisinya. Layaknya huruf M yang selalu didekat huruf N ya itulah kamu. Tidak terlalu mewah dan rumit yah itulah dirimu tapi itulah yang membuatku merasa dihargai. Kamu tidak melihat siapa aku dan bagaimana latar belakangku namun kamu tetap ingin menjadi teman sejatiku. Teruntuk teman sejatiku Mega, terimakasih banyak, aku akan berusaha dan menjadi diriku sendiri, aku akan jauh lebih hebat dari orang-orang yang meremehkanku. Dan see you on the top ya, kita susah bareng harus seneng bareng.
Dari temanmu,Novi
KAMU SEDANG MEMBACA
TTS (TERUNTUK TEMAN SEJATI)
Short StorySebuah surat sederhana untuk Mega seorang teman yang memahami dan membuat Novi memahami dirinya dan tujuan hidupnya yang sempat terlupakan karena masa-masa berat dalam kehidupannya, terima kasih Mega.