"Abis ketawa perut gue makin laper ri, kapan matengnya sih? Lama bener deh", Reki mulai bahas makanan lagi.
Sejak kepolosan ku yang bilang mereka berubah, kita gak berhenti ketawa. Nostalgia zaman SMA, ketawa lagi, Reki curhat, ketawa lagi, di tambah banyolan Shahira yang klop banget sama banyolan Reki, ketawa lagi sampe pada nangis haha.
Jangan tanya si kaku, dia juga ikut ngakak tapi gak separah Reki. Di sela-sela ketawanya yang cool, setoples kue kering habis dia embat, dan sekarang lagi proses ngabisin kue kering di toples yang kedua. Gila kan tuh?
Bukan cuman dia sih yang makan, yang lain juga sama, sesekali makan cemilan yang ada di meja, tapi gak serakus dia. Maksudnya, gak sampai ngabisin setoples gitu. Setau ku, kalau dia lagi gak nyaman sama lingkungannya atau lagi resah dia pasti gitu.
Padahal nih ya, Reki yang dari tadi gak sabar nunggu makanan berat aja gak segitunya. Katanya sih menjaga ruang dalam perutnya biar bisa nampung nasi sepuasnya wkwk.
Kembali lagi ke si kaku. Kenapa dia harus rakus kayak gitu di sini? Dia kan lagi kumpul bareng sahabat-sahabatnya, ketawa bareng, bahagialah intinya. Sebelumnya juga keliatan bahagia kok. Jadi, apa yang buat dia gak nyaman?
"Bawel banget sih! Kalo udah mateng pasti gue kasih ke lu ki, sabar napa. Makan yang ada aja dulu, noh kaya si kaku", tunjuk Fakhri ke si kaku.
"Doyan apa laper kar?"
"Dua duanya", terlihat senyum tipis di wajahnya yang kaku.
"Kita maen Truth or Dare aja yok? Biar gak bosen", celetuk Fakhri dengan semangat.
Kita masih diem, sampe Fakhri ngomong lagi. Katanya ini truth or dare versi Fakhri, semua peraturannya Fakhri yang buat. Anti mainstream, dia bilang gitu.
Setelah bawa botol kosong, Fakhri mulai menjelasan aturan mainnya. Sedangkan kita masih diem sampe Fakhri berhenti bicara.
Aturannya gak jauh beda sih, biasanya orang yang di tunjuk botol harus pilih Truth atau dare, terus keluar deh tantangan kalo pilih truth dan pertanyaan kalo pilih dare. Nah, disini bedanya.
Truth or dare udah di tentuin sebelum botol di puter, bahkan tantangan atau pertanyaannya juga di awal. Dan tentu saja Fakhri yang menentukan semuanya. Aneh sih yaa, tapi kita coba dulu aja.
"Kalo aturannya gitu mustahil jawab jujur ri", Syakila mulai berpendapat.
Tanpa bicara hanya dengan senyum Fakhri nunjukin semacam alat yang aku pikir mirip kompas, tapi ukurannya lebih dari kompas. Warnanya hitam, ada layar kecil di bagian tengahnya yang di atasnya dua lampu kecil warna merah dan hijau bersisian, dan Sepasang antena kecil di bagian atasnya.
"Alat apaan tuh?", Reki penasaran.
"Pendeteksi kejujuran, punya abang gue. Hasil penemuan temen sekampusnya dulu, sebenernya harus jadi rahasia, tapi gue percaya sama kalian semua. Jadi gak ada alesan buat gak jujur, oke?"
"Ampuh gak tuh?"
"Kita coba"
Alat pendeteksi kejujuran itu sekarang dipegang Fakhri tepat di depan mulutnya.
"Nama gue Azkar si kaku", dan tak butuh waktu lama alat itu merespon dengan bunyi yang sama kayak alarm jam weker, lampu kecil warna merah terang menyala, gak lama sekitar 1 menit dan alatnya kembali tenang.
Fakhri bicara lagi masih dengan posisi yang sama, "Nama gue Fakhri Januar", tapi kali ini respon alat itu beda. Gak ada bunyi alarm jam weker, ganti jadi bunyi tanda jawaban benar kayak kuis di tv, dan kali ini lampu hijau yang nyala lebih terang.
Gilaaaa!!
Aku melongo lihat itu, baru kali ini liat alat macam gitu.
Setelah pembuktian alat pendeteksi lancar, dan dari kita semua gak ada yng protes lagi, truth or dare pun dimulai.
"Permainan pertama kita pilih Truth, tantangannya gampang banget", dia bilang gitu sambil senyum nahan tawa.
"Beli minuman dingin sesuai banyaknya jumlah kita ke minimarket di depan kompleks, harus jalan kaki, emm gue yang bayar deh. Kalo dipilih botol ini cowok, dia harus pergi sendiri, kalo bisa pulangnya bawa oleh-oleh no telepon kasir haha"
What?? Tantangan macam apa itu, ya ampun absurd banget pikiran si Fakhri.
"Tantangan apaan tuh? Jeba-"
"Eits, jangan motong dulu. Kalo yang dipilih botol ini cewek, harus ada cowok yang nemenin, biar adil muter botol lagi. Gampang kan?"
"Gampang pala lu peang?! Ya kali tantangan kek gitu, bilang aja mau memperbudak tamu ri", protes Reki.
"Hahaha ini permulaan ki, nanti abis ini seriusan. Kali-kali tamu melayani tuan rumah hahaha"
Yang lain ikut ketawa, termasuk aku. Pada akhirnya tetep aja kita gak bisa lari dari aturan yang Fakhri buat, seaneh apapun tetep aja di iya-in haha.
Di putarlah botol itu, menjadi fokus semua mata yang ada di ruangan ini. Putarannya mulai pelan, terus pelan dan berhenti di...aku. Hey? Tunggu, serius aku? Ya ampun the first korban percobaan ini mah.
Yang lain bernafas lega, sedangkan aku bernafas pasrah. Gini amat nasibku huhu. Padahal mager banget kalo harus jalan kaki.
"Nah-di-fa, siapkan kaki lo buat jalan ke depan kompleks haha, yang cowok jangan dulu seneng woy, kita temukan pasangan jalan si difa haha",
Aku cuman bisa mengerlingkan mata ke arah Fakhri.
Botol di puter lagi, dan mulut botolnya berhenti lagi di aku, maksudnya mengarah ke aku. Suka banget kayaknya tuh botol nunjuk aku, hadeh. Karena sekarang sasarannya cowok jadi walaupun mulut botol mengarah ke aku yang di pakai tetep yang nunjuknya ke arah cowok. Jadi otomatis yang ketunjuk belakang botol yaa Reki.
Syukurlah."Lo ki, temenin si difa, cepetan ya GPL", Fakhri nunjuk Reki lagi.
"Gak bakal ada yang cemburu kan gue sama si difa?", dua alis Reki naik turun sambil senyum jail ke arah si kaku, mulai deh.
"Ayo ki cepetan jangan banyak ngomong, mumpung masih ada semangat buat jalan", ketus ku.
Aku bangkit dari kursi setelah Fakhri ngasih beberapa lembar uang. Reki ngikutin di belakang. Aku gak tau mereka mau ngapain aja sambil nunggu aku sama Reki balik lagi. Yang pasti aku harus secepatnya balik lagi, secepatnya menyelesaikan tantangan yang gak banget ini.
Sampe di luar pagar rumah Fakhri, Reki masih senyam-senyum naha tawa jahil.
"Udah ki jangan bahas yang tadi please, bahas yang lain aja, apa kek gitu yang aneh di kampung kamu kayak dulu pas SMA", aku mulai melangkah, Reki mensejajari langkah ku.
"Eh iya kemarin...", dan mulailah Reki bercerita ini itu panjang lebar. Sambil terus melangkah di bawah panas terik matahari, aku cuman menanggapi sekenanya, yang penting dia gak bahas si kaku lagi.
Reki udah cerita ini itu, dia gak berhenti cerita, nyambung terus sampe pusing aku dengernya. Tapi kita belum sampe juga ke tujuan, ternyata jarak rumah Fakhri ke minimarket depan jauh banget kalo jalan kaki, rumah Fakhri di ujung belakang kompleks sih. Kalo pake motor emang deket, lah kalo jalan udah pasti bikin pegel kaki.
"Si Azkar pernah cerita tentang lo", tiba-tiba Reki bilang gitu yang otomatis aku langsung noleh ke dia. Wajahnya berubah jadi serius, beda banget dari sebelumnya pas dia lagi cerita ini itu. Maksudnya apa?
"Cerita tentang aku?", aku yakinkan Reki lagi.
"Iya, lo Nahdifa"
"Cerita ap-",
"Sampe juga akhirnya, hahh panas banget, ini nyiksa banget si Fakhri, gila. Ayok masuk Dif, sekalian ngadem di dalem",
Saking kaget dan penasarannya aku gak sadar udah di depan minimarket, Reki masuk lebih dulu. Aku masih penasaran cerita apa yang Reki maksud.
~Pran~
KAMU SEDANG MEMBACA
Truth or Dare
Novela Juvenil"Sekarang aku sudah mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan ku selama ini". -Nahdifa Sanrila Diniatma- "Apa yang ku tutup rapat-rapat, akhirnya harus kamu temukan juga". -Azkar Hisyam- Penasaran? Baca aja yukk