Salam semangat,
Bahasan kita kali ini tentang kebahagiaan, sesuatu yang hanya bisa di rasakan oleh batin.
Setiap orang mendefinisikan kebahagiaan mereka berbeda-beda.
Kebahagian setiap orang itu variatif.
Ada yang merasa bahagia bersama keluarganya, ada yang merasa bahagia dengan uangnya, ada yg merasa bahagia dengan jabatannya, dan ada pula yang merasa bahagia dengan pasangannya.
Semuanya bebas menentukan mana yang dapat membuat hidup lebih bahagia.Namun kendalanya adalah terkadang ada beberapa orang yang sulit menemukan kebahagiaan,
Ada yang memiliki banyak uang tapi tidak bahagia dengan uangnya karena tidak memiliki pasangan.
Ada yang tidak bahagia dengan pasangannya karena tidak memiliki uang.
Bahkan yang lebih parah dia memiliki uang dan pasangan, namun hatinya masih tidak merasa bahagia.Jadi sebenarnya apa sih penyebab kebahagiaan itu???
Apa sih yang membuat kita bahagia???Sebenarnya simple sekali jawabnya,
Kita sebagai manusia memiliki letak pusat untuk merasakan segala sesuatu yaitu hati.
Hati adalah pusat dari segala jenis perasaan, sedih maupun senang berasal dari hati. Maka yang harus kita lakukan jika ingin menjadi bahagia adalah dengan menjaga hati.Maksud dari menjaga hati adalah harus pandai memilah-milih hal apapun yang masuk ke hati, mana yang dapat membuat kita senang dan memilih untuk menjauhi segala bentuk yang dapat membuat kita merasa sedih. Jika kita sudah pandai mengelola hati kita, saya rasa kita bisa merasakan bahagia dalam hidup ini setiap detiknya.
Jika dari sudut pandang islam,
Kebahagiaan bisa di capai dengan menjauhi segala bentuk dosa. Karena dalam islam, dosa akan menyebabkan hidup menjadi sempit.
Sama sebenarnya kebahagiaan itu juga berasal dari hati.
Tapi seorang muslim sejati telah melatakan Allah sebagai rabb'nya di hatinya. jadi karena Allah berada didalam hatinya, dia akan melaksanakan semua kegiatannya atas nama Allah. Semua jenis kegiatan pada aktivitas hidupnya dilakukan karena Allah.
Mencintai karena Allah
Memberi karena Allah
Membantu karena Allah
Semua yang dilakukan atas dasar Allah, jika sudah seperti ini mereka tidak akan pernah kecewa. Karena mereka yang seperti ini tau segala bentuk apapun yang Allah izinkan terjadi pada hidupnya adalah yang terbaik. Allah itu maha mengetahui sementara kita sebagai manusia tidak.Orang yang sudah merasa dekat dengan Allah dan meletakkan Allah dihatinya, tidak akan pernah merasa sengsara dalam keadaan apapun karena hatinya selalu bahagia karena selalu dekat dengan Allah.
Kebagian itu di hati,
Hati adalah surgaku,
"jannati fii qalbi"
Tidak punya uang dia akan tetap bahagia.
Di hina dicaci di akan tetap merasa bahagia.
Berada di penjara sekalipun dia akan tetap merasa bahagia.
Dalam keadaan terburuk seperti apapun dia akan tetap merasa bahagia. Karena dia sudah cukup merasa bahagia karena bisa selalu dekat dengan rabb'nya.
Siapa orang yang bisa seperti itu adalah baginda rasulullah saw.
Begitu perih perjalanan dakwah rasulullah namun beliau tidak pernah merasa kecewa.
Kita sebagai muslim wajib menjadikan rasulullah sebagai teladan hidup.Jika kita sudah dapat melatakan Allah sebagai rabb di hati, dan dapat mencontoh segala aspek kehidupan rasulullah insyaallah kita pasti selalu merasa bahagia dan tidak akan pernah kecewa.
Semoga bermanfaat!!!!
KAMU SEDANG MEMBACA
motivasi otak
SpiritualPemecahan masalah hidup yang kerap kita temukan sehari-hari, baik berupa cerita maupun kata-kata motivasi. Yang punya masalah wajib baca! Siapa tau menemukan solusi buku ini. Semoga bermanfaat