واقسامه ثلاثة : اسم................
-----------------------★----------------------
-باب الاسم-
A. Pengertian
كلمة دلت على معنى بنفسها ولم تقترن بزمن وضعا.Isim adalah kalimat yang menunjukkan makna dengan sendirinya dan tidak berhubungan dengan zaman.
Contoh ; زيد، مسلم، قلمFilosofi.
Dalam kategori derajat, Isim menempati urutan teratas, karena Isim bisa membentuk kalam tanpa adanya Fi'il dan Huruf. Isim adalah kalimat yang independen. Isim juga merupakan kalimat yang Qiyamuhu qinafsihi dalam artian isim tetap memiliki makna walapun berdiri sendiri. Fakta lain, isim tidak terikat dengan waktu. Dan sifat-sifat ini hanya dimiliki oleh Allah, sehingga dapat disimpulkan bahwa Isim adalah bentuk dari filsafat ketuhanan. Oleh sebab itu Isim lebih didahulukan dari pada fi'il dan huruf karena isim itu mulia.
Seperti firman Allah swt:
واذكر اسم ربك وتبتل اليه تبتيلا (المزمل:8)"Dan sebutlah nama tuhan mu dan beribadah lah kepadanya dengan sepenuh hati".
Isim mufrod adalah asma Allah Swt yang sangat agung, seorang hamba seharusnya senantiasa menyebut asma Allah Swt (berdzikir) baik menggunakan lisan maupun hati. Sehingga darah dan daging seorang hamba bercampur dengan asma Allah Swt dan antara hamba (dzakir) dan Allah Swt membaur menjadi satu. Dengan demikian apabila seoramg hamba sudah mampu berdzikir menggunakan hati, maka apabila ia berdzikir menggunakan lisan ia mendapatlan dosa.
فيصير ذكراللسان ذنبا من الذنوب عند مشاهدة علام الغيوب.
Dan yang paling penting adalah dzikir merupakan pintu yang sangat besar untuk bisa mengenal Allah Swt.
الذكر باب عظيم انت داخله ¤
فاجعل لمنزلة الانفاس حراسا"Dzikir adalah pintu besar yang kamu masuki, maka jadilanlah ia sebagai penjaga disetiap hembusan nafas".
اللهم اجعلنا اعمالنا خااصة لوجهك الكريم.
آمين...
KAMU SEDANG MEMBACA
FILOSOFI NAHWU
Non-FictionNAHWU adalah ilmu yag membahas tentang gramatika (tata kalimat dan bentuk kalimat) bahasa arab untuk bisa memahami ma'na dari al-Qur'an dan hadist seperti apa yang di katakan oleh imam syarofudin yahya al 'imrithy والنحو اولى اولا ان يعلم ¤ اذالكل...