"Mencintai perempuan tak akan pernah membuat lelaki mampu melebihi kasih sayang ayahnya."
Bagaimanapun, anak perempuan tetap akan menjadikan ayahnya sebagai lelaki paling berharga dalam hidupnya. Itu hal yang sangat wajar. Ayah adalah lelaki pertama, dan dalam waktu panjang mengenalkan banyak hal padanya. Tentu tak layak jika di bandingkan dengan seorang kekasih. Orang yang datang kemudian hari dalam kehidupan perempuan, lelaki yang masih belajar mengenal dan masih banyak belajar, masih belum banyak tahunya.
⚪⚪⚪
Aku memilihmu untuk belajar mendalami apapun perihal tentang kamu. Memang tak mudah memahami perempuan. Apalagi perempuan sepertimu. Yang kedalaman hatinya masih saja belum bisa kujangkau, yang resahmu tak selalu mampu aku peka. Aku masihlah lelaki yang sepenuh hati ingin belajar banyak hal tentang kamu. Ingin tahu bagaimana putri kecil ayahnya tumbuh seperti sekarang ini. Bagaimana perlakuan ayah kepada anak gadisnya hingga bisa menjadi kelasihku hari ini. Aku ingin memahamimu sebagai lelaki yang terus belajar. Lelaki yang tak pernah melebihi ayahmu dalam hal mencintai dan menyayangi. Namun, aku berharap suatu saat bisa sehebat ayahmu bagi anak-anakku.
⚪⚪⚪
Untukmu, perempuan yang dengan sungguh kusayangi sepenuh hati. Bersedialah kamu memberiku waktu guna untuk memahamimu. Beri aku kesempatan lebih lama, agar aku mengerti bagaimana gadis kecil ayah yang dulu manja bisa menjadi perempuan dewasa. Barangkali tak banyak hal yang bisa ku janjikan kepadamu, selain belajar tetap setia dan bekerja keras demi kebahagiaan. Sebab, semua kepastian hanyalah milik Allah yang maha kuasa. Kuasaku hanyalah berusaha dan menjagamu dengan do'a-do'a.
⚪🔶⚪
Aku hanyalah lelaki yang belajar untuk tumbuh lebih tinggi. Agar kelak bisa memeduhkanmu saat lelap dan teriknya matahari. Meski tak pernah sehebat ayahmu. Namun aku ingin selalu berusaha menjadi seorang lelaki yang bisa membimbingmu. Mampu mendampingimu. Juga aku terus belajar menjadi imam yang baik bagimu.
Kelak, semoga niatan ini dikabulkan Allah yang maha kuasa. Menjadi lelaki yang pertama kali kamu tatap saat terbangun di pagi hari, serta lelaki yang menjagamu terlelap di malam-malam yang lama.
KAMU SEDANG MEMBACA
Usaha Melupakan
PoetryKamu tahu rasanya dikhianati?? seseorang yang kamu cintai dan yang kamu sayang sepenuh hati hanya menjadikanmu "pengaman" untuk membuatnya terbang lebih tinggi setingginya. Setelah ia tumbuh jauh, kamu pun di jatuhkan dan dihempaskan tanpa di peduli...