part 2

275 10 0
                                    

Sayyidatuna Khadijah sebelum menikah dengan Nabi Muhammad saw, beliau menikah dengan ‘Atiiq Bin ‘Aabid Bin ‘Abdillah Bin Amr Bin Makhzuum, Ibunya Fathimah Binti Zaaidah Bin Asham Bin Rawaahah Bin Hajar Bin Mu’iish Bin Luay. Pernikahannya bersama ‘Atiiq dikaruniai puteri yang kemudian meninggal dunia. Setelah ‘Atiiq meninggal dunia, beliau menikah dengan Abu Haalah Bin Zaraarah Bin Nabbaas Bin Zaraarah Bin Habiib Bin Salaamah Bin Ghadzy Bin Jarwah Bin Usaid Bin Amr Bin Tamiim yang merupakan keturunan Abd ad-Daar Bin Qushay, pernikahan beliau dengan Halaah dikaruniai putera yang diberi nama Hindun Bin Abu Haalah. Setelah Abu Haalah meninggal, beliau menikah dengan Rasulullah SAW dengan membawa Hindun Bin Abu Haalah bersamanya, pernikahan beliau bersama Nabi dikaruniai delapan putera yaitu : Al-Qaasim, at-Thoyyib, at-Thahir, Abdullah, Zaenab, Ruqayyah, Ummi Kultsum dan Fathimah az-zahraa.

Setelah usianya mapan Sayyidah Khadijah menikah dengan Atiq bin Aabid bin Abdullah al-Makhzumi. Akan tetapi, pernikahan tersebut tidak berlangsung lama karena suaminyameninggal dunia dengan meninggalkan harta yang banyak dan perniagaan bisnis dengan jaringan yang luas.

Kemudian Sayyidah Khadijah menikah lagi dengan Abu Halah bin Zurarah at-Tamimi. Pernikahan itu membuahkan dua orang anak yang bernama Halah dan Hindun. Tak berapa lama Abu Halah pun meninggal dunia serta meninggalkan kekayaan yang banyak, jaringan perniagaan yang luas dan berkembang.

Setelah Abu Halah meninggal dunia, saat itu Sayyidah Khadijah menjadi wanita terkaya di kalangan bangsa Quraisy. Karenanya, banyak pemuka dan bangsawan bangsa Quraisy yang melamarnya, mereka ingin menjadikan dirinya sebagai istri. Namun, Sayyidah Khadijah menolak lamaran mereka dengan alasan bahwa perhatian Khadijah saat itu sedang tertuju hanya untuk mendidik anak-anaknya. Juga dimungkinkan karena, Sayyidah Khadijah merupakan saudagar kaya raya dan disegani sehingga ia sangat sibuk mengurus perniagaan.

kisah wanita muliaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang