Imam Ahmad didalam sebuah Hadist meriwayatkan, dikatakan bahwa
Rasulullah SAW pernah bersabda : “Khadijah beriman kepadaku ketika orang-orang mengingkari. Dia (Khadijah)memberikan hartanya kepadaku ketika orang-orang tidak memberiku apa-apa. Allah SWT mengaruniai aku anak darinya (Khadijah) dan mengaharamkan dariku anak dari selain dia.” (HR. Ahmad dalam “Musnad” nya.)· Sementara dalam buku karya Iman Nawawi :TERJEMAH RIYADHUS SHALIHIN Jilid I perhatiakan Hadist Muttafaqun Alaih setentang istri pertama Nabi SAW yang sangat dihormati,Sayyidah Khadijah ra :
“Dari Aisyah ra, ia berkata : “Saya tidak pernah merasa cemburu terhadap isti –istri Nabi SAW yang lain kecuali terhadap Khadijah ra, padahal saya tidak pernah berjumpa dengannya, tetapi karena Nabi sering menyebut-nyebutnya, dan beliau sering menyembelih kambing kemudian memotong beberapa bagian dan dikirimkan kepada kenalan-kenalan baik Khadijah, saya sering berkata kepadanya : “Seolah-olah didunia ini tidak ada wanita selain Khadijah.” Maka beliau menjawab : ”Sesungguhnya Khadijah itu begini danbegitu, dan hanya dengan dialah aku dikaruniaianak.” (HR Bukhari dan Muslim).
· Dalam riwayat lain dikatkan : ”Apabila beliau menyembelih kambing, beliau memberi kenalan-kenalan baik Khadijah apa yang mereka inginkan.”
· Dalam riwayat yang lain dikatakan : “Apabila beliau menyembelih kambing, beliau bersabda : “Kirimlah daging ini kepada kenalan-kenalan Khadijah.”
· Dalam riwayat yang lain dikatakan : “Halah binti Khuwailid saudari Khadijah pernah meminta izin untuk masuk kerumah Rosulullah SAW, kemudian beliau teringat cara Khadijah meminta izin, maka terharulah beliau seraya bersabda : “Ya Allah, inilah Halah binti Khuwailid.” (Muttafaqun Alaih)
KAMU SEDANG MEMBACA
kisah wanita mulia
AcakSayyidatuna Khadijah Al Kubra merupakan putri dari Khuwailid bin Asâad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab al-Qurasyiyah al-Asadiyah. Sayyidatuna Khadijah lahir pada tahun 68 sebelum hijrah di rumah yang mulia dan terhormat. Beliau tumbuh dalam ling...