1. HAKIKAT BIOLOGI

678 35 0
                                    

Agronomi → mempelajari tentang tanaman budidaya.

Anatomi → mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup.

Andrologi → mempelajari tentang macam hormon dan kelainan reproduksi pria

Animalia → makhluk hidup multiseluler (bersel banyak) tidak mempunyai klorofil dan tidak berdinding sel. Contoh: kucing, ikan, ayam.

Antropologi → mempelajari tentang manusia dalam berbagai aspek kehidupannya.

Bakteriologi → mempelajari sifat, ciri, struktur, dan fisiologi kehidupan bakteri.

Biologi → disiplin ilmu yang mempelajari tentang kehidupan hayati. Cabang keilmuan biologi:

Biologi molekuler → mempelajari biologi pada tingkat molekul.

Biosfer → Kesatuan ekosistem yang berada di alam semesta.

Bioteknologi → mempelajari tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu untuk peningkatan kesejahteraan manusia.

Botani → mempelajari tentang berbagai ciri dan kehidupan tumbuhan.

Bryologi → mempelajari tentang lumut.

Dendrologi → mempelajari tentang pohon atau tumbuhan berkayu lainnya.

Ekologi → mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.

Ekosistem → Suatu kesatuan fungsional antara komponen biotik dan abiotik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya.

Embriologi → mempelajari tentang perkembangan embrio.

Endokrinologi → mempelajari tentang hormon.

Entomologi → mempelajari tentang serangga.

Enzimologi → mempelajari tentang struktur dan fungsi enzim.

Epidemiologi → mempelajari tentang penularan penyakit.

Evolusi → mempelajari tentang perubahan struktur tubuhmakhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama.

Farmakologi → mempelajari tentang obat-obatan dan mekanisme jalur obat.

Fisiologi → mempelajari tentang fungsi organ-organ tubuh.

Fungi → makhluk hidup uniseluler dan multiseluler berbentuk sel dan benang disebut hifa dan sel-selnya tidak mempunyai klorofil. Contoh: Rhizophus oligosporus, Saccharomyces cerevisae.

Genetika → mempelajari tentang hukum pewarisan sifat.

Helmintologi → mempelajari tentang cacing khususnya cacing parasit, menyangkut tentang taksonomi dan akibat yang ditimbulkannya terhadap inang.

Hematologi → mempelajari mengenai darah dan penyakitnya.

Histologi → mempelajari tentang jaringan penyusun organisme.

Imunologi → mempelajari tentang sistem kekebalan (imun) tubuh.

Jaringan → Kumpulan sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Kardiologi → mempelajari tentang jantung, pembuluh darah, dan penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.

Kerja ilmiah → cara kerja yang dipakai untuk memecahkan suatu masalah yang dengan mengikuti tahapan dalam metode ilmiah.

Klimatologi → mempelajari tentang iklim.

Komunitas → Seluruh populasi yang saling berinteraksi yang menempati suatu habitat.

Daftar Istilah BiologiWhere stories live. Discover now