SF9

2.8K 86 4
                                    

SF9 (Hangul: 에스에프나인; singkatan dari Sensational Feeling 9) adalah boy group asal Korea Selatan yang merupakan dance boy group pertama dari FNC Entertainment. SF9 debut pada tanggal 5 Oktober 2016 dengan merilis album single pertama mereka Feeling Sensation dengan lagu utama berjudul "Fanfare". SF9 sukses mendapatkan kemenangan pertamanya setelah 3 tahun debut di M Countdown pada tanggal 16 Januari 2020 dan di Music Bank pada keesokan harinya dengan lagu "Good Guy".

Nama lain  :  셒구 (Sepgu)
Asal  :  Seoul, Korea Selatan
Genre  :  K-pop Dance pop R&B Hip hop
Tahun aktif  :  2016–sekarang
Label  :  FNC Entertainment, Warner Music Japan
Anggota  :
1. Youngbin
2.  Inseong
3

. Jaeyoon
4. Dawon
5. Rowoon
6. Zuho
7. Yoo Taeyang
8. Hwiyoung
9. Chani

Pra-debut dan NEOZ School
Grup ini pertama kali tampil di Jepang pada 11 Desember 2015. Saat itu, grup ini beranggotakan 11 orang. Pada Mei 2016, mereka berpartisipasi sebagai NEOZ Dance dalam acara survival FNC Entertainment "Dance or Band (d.o.b)" yang bersaing dengan NEOZ Band (kemudian dikenal sebagai Honeyst). Mereka kemudian memenangkan pertunjukan dengan lagu "K.O." yang kemudian dimasukkan kedalam album single pertama mereka, Feeling Sensation. Mereka berganti nama menjadi SF9 pada bulan Agustus 2016.

2016: Debut dengan Feeling Sensation
SF9 debut dengan album single Feeling Sensation dengan lagu utama berjudul "Fanfare", yang dirilis pada 5 Oktober 2016. Album ini debut di No. 8, dan menduduki puncak No. 6 di Tangga Album Gaon. SF9 membuat panggung debut resmi mereka pada 6 Oktober 2016 di M Countdown. Video musik "Fanfare" berada di peringkat No. 6 di chart mingguan Yin Yue Tai dan peringkat No. 7 di chart bulanan Yin Yue Tai. Promosi mereka untuk "Fanfare" berakhir pada 6 November 2016 di Inkigayo. SF9 kemudian memulai promosi lagu kedua mereka dari album, yaitu "K.O." pada 15 November 2016. Album single debut Feeling Sensation menduduki peringkat ke-78 untuk penjualan album pada 2016.

Pada tanggal 22 Desember, SF9 merilis video musik sebagai hadiah untuk penggemar mereka dengan judul "So Beautiful". Lagu ini awalnya merupakan OST dari pra-debut webdrama interaktif mereka Click Your Heart. "So Beautiful" adalah single yang dirilis secara digital.

2017: Debut Jepang dan kesuksesan karier
Album mini pertama mereka, Burning Sensation, dirilis pada tanggal 6 Februari. Album ini mendarat di No. 6 Billboard World Albums Chart pada tanggal 15 Februari.

Pada tanggal 4 April, dilaporkan bahwa SF9 akan melakukan comeback kedua mereka, hanya dua bulan setelah mereka menyelesaikan promosi "Roar". Di tanggal 7 April, SF9 mengadakan showcase pertama mereka yang terjual habis di Jepang sebagai persiapan untuk debut Jepang mereka.

Pada tanggal 18 April, SF9 merilis album mini ke-2 yang terdiri dari enam lagu baru, berjudul Breaking Sensation, dengan lagu utama berjudul "Easy Love". Pada hari yang sama, album tersebut menduduki peringkat No. 2 di Tangga Album K-Pop A.S.

Pada tanggal 6 Juni, SF9 debut di Jepang. Pada keesokan harinya, versi Jepang dari single debut mereka "Fanfare" dirilis dan menduduki peringkat No. 1 di Tower Records Chart untuk album tunggal dan No. 4 di Oricon Chart. Kemudian SF9 tampil di KCON 2017 New York dan L.A.

Pada tanggal 12 Oktober, SF9 merilis album mini ke-3 Knights of The Sun dengan lagu utama berjudul "O Sole Mio". Setelah perilisan album mini tersebut, SF9 mengadakan tur solo AS tiga kali bertajuk "2017 SF9 Be My Fantasy in U.S.A" yang berhenti di Dallas, Seattle, dan Boston selama bulan November.

Biodata SF9Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang