Prolog.

5 2 1
                                    

Wida's POV.

Hari minggu siang ini, gue bareng tante dan anak perempuannya yang berumur 1,5 tahun lagi asik duduk-duduk di teras warungnya Bu Mar. Cuaca lagi panas banget, jadi beli es teh sisri kayanya bukan ide yang buruk.

Warung Bu Mar ini persis banget disamping rumah gue. Setembok malah. Ya gitu, gue hidup di dalem gang yang lumayan sempit. Lebarnya cuma 1 meter lebih dikit, bayangin aja. Jadi sama sekali gak ada jarak antara rumah yang satu dengan rumah disampingnya. Kalo jarak sama rumah didepannya ya selebar jarak gang itu sendiri.

"Lik, emang rumah eyang Maswi yang didepan rumahku mau dikontrakin?" Tanya gue ke tante Fida, yang biasa gue panggil Lilik. Lik Fida.

Jadi Lik Fida ini anak dari Eyang Bagyo—adik dari eyang kandung gue. Nah, karena gue anak pertama dan udah pasti gue gak punya kakak, jadi gue lebih deket sama Lik Fida dan udah kaya adek kakak gitu.

Eh, jangan dikira Lik Fida ini udah tua ya, dia masih muda kok. Anaknya baru satu, namanya Cila. Suami dia perawat yang udah 2 tahun belakangan ini kerja di perusahaan pertambangan yang ada di Ternate, bagian klinik kesehatannya btw. Makanya gue ini bisa dibilang suami serep nya Lik Fida gitu, ya maksudnya kalo kemana-mana sama gue. Sampe waktu senam hamil—pas hamilnya Cila pun gue yang nganter dan nemenin. Agak kasian sih, tapi ya gimana, suaminya kerja juga kan buat dia.

Lah napa jadi bahas tante gue?

"Iya, katanya anak keperawatan UMP" jawab Lik Fida yang sekarang lagi nyuapin Cila.

Gue ngangguk dan kembali nyedot es teh sisri gue.

Lagi asik nyedotin es sambil sesekali ndolani Cila, tiba-tiba gue ngeliat segerombolan cowok lagi jalan masuk gang sambil bawa-bawa koper dan barang bawaan lainnya.

"Lik! Lik! Kayanya itu deh orang yang mau ngontrak." Heboh gue sambil nabokin lengan Lik Fida yang duduk disamping gue.

"Heh! Jangan nabok-nabok, ini kalo Cila keselek gimana coba?" Protesnya yang gue bales pake cengiran.

"Hehehe ampun." Ucap gue masih pake nyengir.

Terus gue liat cowok-cowok itu mulai ngelewatin warung tempat dimana gue duduk sama tante gue.

"Nyuwun sewu nggih bu, mba." Ujar salah satu dari mereka sambil jalan membungkuk sopan.

"Oh nggih, monggoh" jawab Lik Fida sambil senyum ke mereka. Gue cuma nganggukin kepala sopan dan udah pasti senyum juga.

Gue liat mereka jalan kearah rumah yang persisss banget didepan rumah gue. Rumah eyang Maswi yang udah lama kosong.

"Lah ndi kye bocahane?" Tiba-tiba Eyang Maswi muncul dari pintu rumahnya yang gak jauh dari warung. Rumah yang ditinggalin dia, bukan yang mau dikontrakin.

"Itu, udah didepan rumah yang mau dikontrakin, yang." ujar gue agak teriak menjawab pertanyaan Eyang Maswi yang sebenernya gak jelas ditunjukin ke siapa.

Terus gue liat dia jalan ke arah rumah kontarakan, mungkin buat ketemu sama orang yang mau ngontrak kali.

Gue liatin cowok-cowok itu satu per satu, karna jarak warung dan rumah kontrakan itu cukup deket, jadi gue bisa liat dengan jelas wajah mereka masing-masing.

"Sstt, lik! Itu ada yang lumayan ya, eheheh" bisik gue ke Lik Fida yang masih sibuk nyuapin sambil ndolani Cila.

"Huuu, dasar koe." Jawabnya.

Gue cuma nyengir doang, terus balik ngeliatin cowok-cowok itu yang sekarang lagi diajak ngobrol sama Eyang Maswi.

Ya gimana ya, mata gue masih waras dong buat ngeliat yang seger-seger gitu. Ehe

"Mas-mas! Ini katanya Wida naksir!!" Teriak Lik Fida tiba-tiba yang otomatis bikin gue ngeliat ke arah cowok-cowok itu yang sialnya masih didepan rumah kontrakan, dan sialannya lagi teriakan itu bikin mereka menoleh ke arah gue sama Lik Fida.

Weh anjir!

"Astaghfirullahal'adzim lik! Ya Allah aku isin!!!!" Protes gue yang cuma dihadiahi ketawa dari Lik Fida dan Bu Mar yang entah sejak kapan ada disamping Lik Fida.

———

Lanjut atau tidak?

wiwitefirda.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Dec 09, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Destiny.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang