🌷Inspirasi kelas Jodoh

16 1 0
                                    

*5 LEVEL JODOH*

Karena jodoh sama dengan rezeki.. maka ada setidaknya 5 level jodoh

#ukhtymel

1⃣ Tingkatan jodoh pertama, jodoh yang dijamin

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyat: 59)

Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan,
"Setiap makhluk itu berpasang-pasangan. Ada matahari dan bumi. Ada malam dan ada siang. Ada matahari dan ada rembulan. Ada daratan dan ada lautan. Ada terang dan ada gelap. Ada iman dan ada kafir. Ada kematian dan ada kehidupan. Ada kesengsaraan dan ada kebahagiaan. Ada surga dan ada neraka. Sampai pada hewan pun terdapat demikian. Ada juga jin dan ada manusia. Ada laki-laki dan ada perempuan. Ada pula berpasang-pasangan pada tanaman.”

Sangat picik jika kita takut tidak mendapatkan jodoh. Padahal Allah menjamin bahwa setiap makhluk berpasangan. Kalau kita masih belum bertemu jodoh. Coba cek jangan-jangan bukan tak ada, tapi kita yang belum memantaskan diri atau bisa jadi pilih-pilih.

Bahkan, kalaupun kita keburu dicabut nyawa, Allah telah siapkan pasangan yang disucikan di surga sana.

Masalahnya, masuk surga ga..? 😊

2⃣ Tingkatan jodoh kedua, jodoh yang diusahakan

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (TQS. Ar-Ra’d : 11).

Jodoh ga akan datang gitu aja.. kalau kita cuman berdiam diri. Harus ada usaha untuk menjemputnya. Seperti:
1. Ikut kelasjodoh atau kajian lainnya
2. Baca buku pranikah atau seminar
3. Buat CV ta'aruf dan sebar
4. Perbanyak silaturrahim dan minta dicarikan oleh orang yang amanah
5. Jalani proses ta'aruf. Kegagalan dinikmati, keberhasilan disyukuri.

3⃣ Level Jodoh ketiga, Jodoh orang yang bersyukur

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Q.S. Ibrahim: 7)

Jadi, ga usah resah dan galau saat masih jadi Singlelillah.
Fokus berlelah dalam menimba ilmu, membantu orang tua, dan berusaha sekuat tenaga untuk kuat finansial dan mandiri.

Jadian penantian berharga, yang dihabiskan dalam ketaatan pada Allah.

4⃣ Level jodoh keempat, Jodoh orang bertakwa Diberikan yang terbaik dari arah yang tak disangka-sangka.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

Fokus aja dapat ridho Allah.  Jalani apa yang Allah kehendaki, jauhi yang Allah haramkan. Jauhi zina, perbanyak ibadah. Jangan lupa sedekah. Lihat keajaiban yang terjadi. Jodoh akan Allah hadirkan di waktu yang tepat.

5⃣ Level jodoh kelima, Rezeki orang yang banyak beristigfar

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad)

Daripada nonton Korean Drama, stalking IG mantan, atau melamun ga berfaedah.. lebih baik perbanyak istighfar. Karena janji Allah akan memberikan Rizki dan jodoh bagi orang yang banyak beristigfar.

*_Jadi, mau dapat jodoh level berapa..?_* 😊

Salam manis

Sarea_Lia

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 05, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

KAREEMAH Story {SELESAI}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang