"SC cito, kirim sekarang ke ruang Operasi"
Yang ngomong yang menggunakan jas putih (sneli) kebanggannya duduk santai ketika diruangan ini ada 2 ibu-ibu menjerit-jerit karena menahan sakit akibat mules.kedua tangannya ia tumpukan ke atas meja, mata dan jari-jarinya sibuk mengotak-atik diatas benda pipih. Pikirku mungkin dia sedang sibuk dengan segala macam konsulannya tapi selang beberapa saat dia berdecak kesal. Tau dia sedang apa ? Main Game Mobile Legend.
Untuk kesekian kalinya kata Cito berkumandang bak ringtone sari roti keliling komplek.
Rasanya ingin aku cabik-cabik jadi remahan roti orang yang sedang berbicara dengan santainya ketika mengatakan cito.Butuh persiapan banyak ketika mempersiapkan seorang ibu yang mau melahirkan dengan tindakan operasi sesar, anamnesa, pengkajian, persiapan operasi, konsul dokter bius dan persiapan persetujuan keluarga yang pastinya.
Memang sebagai seorang tenaga kesehatan khususnya bidan yang bekerja di suatu instansi RS swasta tidak bisa berleha-leha ketika ada 2 nyawa yang memang harus segera diselamatkan.
"cepetan siapin saya masih banyak operasi" matanya masih fokus ke layar benda pipih tadi
"iya dok"
"bilangin ke ruang Operasi pesenin sekalian makan buat saya, mau nasi padang sama ayam—pahanya jangan dada, pake perkedel kentang"
See? ke-kampretan orang ini melebihi mantan yang selingkuh kan? Jangan heran dokter dipta akan marah karena hal-hal sepele misalnya ketika pesanannya minta paha dikasih dada minta perkedel kentang dikasih perkedel jagung atau ketika minta telur bulat dikasih telur dadar. Oke kacung tidak boleh mengeluh!
Namun Jika di halalkan seorang melempar steaples maka steaples warna kuning ini pasti sudah terlempar indah di kepalanya"iya dok" aku beranjak dari tempat dudukku berniat ingin membantu mempersiapkan operasi sesar, baru kuangakat sedikit bokong cantikku..
"mau kemana? Telepon dulu keruang Operasi"
"jadi yang cito pesen makan apa persiapan Operasi dok ?" demi emak-emak yang selalu nyalain sen kiri tapi belok kanan
"ya pesen makan dong Ra, kalau saya lapar mana bisa saya konsentrasi operasi"
Jika tidak ada yang namanya jabatan dokter dan kacungnya, jika tidak ada yang namnya perbedan tingkat suatu jabatan yang mendewakan seorang dokter spesialis maka ingin rasanya ku jambak rambut dan kusumpel mulutnya dengan keset WC, bapak dan ibu menteri kesehatan kemana perginya slogan dokter dan tenaga kesehatan sebagai teman sejawat seprofesi?
"Ra sama aqua"
Oke disini Cuma ada dokter dan kita sebagai kacungnya
"SIAP DOK!"Muti yang daritadi sedang memimpin ibu bersalin dengan cara normal menolehkan kepalanya keluar dari sampiran
"bukannya bantuin yang mau lahiran normal malah nambahin rusuh kebiasaan banget si ganteng"
Aku yang mendengar langsung mendengus
"sana makan tuh kegantengannya mut, ngga lihat apa kita udah full-bed gini yang jaga 3 bidan malah kirim-kirim pasien cito lagi""aku sih ikhlas teh dirusuhin sama dia, jadi ada alesan dia datang ke VK" putri yang baru datang membawa box persiapan operasi datang tertawa bahagia
"orang ganteng bebas ya put" timpal muti
Muti dan putri kembali tertawa. Muti teman seangkatan aku ketika sekolah D3 kebidanan dulu sedangkan putri adalah adik tingkat 2 tahun dibawahkuAku yang diusia 27 tahun sudah mengabdi 6 tahun di RS swasta ini, 4 tahun yang lalu aku menjadi kepala ruangan di ruang bersalin dan 2 tahun yang lalu seorang dokter spesialis baru yang kabarnya maha sempurna akan menggantikan dokter sebelumnya.
Siapa sangka Pradipta Erlangga Fahlevi teman SD 1 semester yang dulu boncel dianter pengasuh kemana-mana diantar jemput supir , sudah menyelesaikan sekolah spesialis kebidanan dan kandungan di usia 24 tahun dan diusia 26 tahun dia sudah menjadi sub-spesialis fertilitas-endokrinologi reproduksi (Sp.OG(K)). Sungguh lelucon macam apa ini mengapa tuhan sungguh tega memberikan kelebihan kepintaran dan... uang yang begitu berlimpah sedangkan aku 27 tahun baru kemarin menyelesaikan D4 kebidanan yang begitu menguras otak tenaga waktu dan uang tentunya.
***
VK : kamar bersalin
OK : kamar operasiBedah sesar disebut juga dengan seksio sesarea (disingkat dengan sc) adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan di mana irisan dilakukan di perut ibu (laparatomi) dan rahim (histerotomi) untuk mengeluarkan bayi.
KAMU SEDANG MEMBACA
CITO!
General Fiction"pesen makan cito!"- dr. Pradipta Erlangga Fahlevi, SpOG (K) "Jadi yang cito pesen makan apa operasi dokk ?!!!" - kacung sejawat tenaga kesehatan ( bidan ) Tentang keseharian Ramania bidan yang menjadi kepala ruangan di ruang bersalin. Dan.. Pradi...