bicara masalah perjuangan, perjuangan ibu tidak bisa di hitung dengan angka,bahkan di ganti dengan materi .dengan umur yang tidak muda lagi, di sebuah desa. ibu wadah yang tinggal dengan dua anak nya bimo dan sari. sedang anak kembar nya yang bernama rendi dan rani sekarnag berada di pondok pesantren.
ibu wadah yang membesarkan anak nya tanpa kehadiran seorang suami, dengan tetesan keringat yang setiap hari membasahi tubuhnya dan seribu doa yang selalu terucap oleh nya untuk ke empat anaknya.
bimo anak pertama nya yang sudah memiliki pekerjaan untuk membantu kebutuhan ibu dan adik adik nya. sedangkan sari yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah kejuruan .
ibu wadah yang bekerja sebagai tani, selalu berkata "ANAKKU HARUS MELEBIHI AKU"
seketika sari yang baru saja selesai smk itu terdengar ucapan ibu nya dan meneteskan air mata.dalam kelulusan sari, sari yang sekarang harus berada di fase pebdidikan selanjutnya. dimana fase ini yang akan menentukan cita citanya.
ibu wadah, dalam umur yang tak muda lagi berada dalam dua pilihan, antara sari yang ingin melanjutkan pendidikan sedang rendi dan rani masih dalam proses belajar.
Beberapa jam menjelang azan magrib, ibu wadah duduk di halaman seraya menunggu azan berkumandang. seketika azan pun berkumandang dan ibu wadah pun bergegas untuk melaksanakan sholat.
5 menit kemudian, ibu wadah pun selesai melaksanakan sholat dan melaksanakan rutinitasnya yaitu berdoa untuk anak anak nya.
"YA RABB, HARUSKAH HAMBA DALAM PILIHAN. DIMANA SARI ANAK HAMBA HARUS TERUS MELANJUTKAN PENDIDIKAN SEDANGKAN RENDI DAN RANI MASIH DALAM PROSES BELAJAR. SESUNGGUHNYA HAMBA INGIN MEREKA DI ATAS HAMBA, MELEBIHI HAMBA.BANTU HAMBA YA ALLAH"
tak sadar pun sari mendengar doa ibu nya.
sari meneteskan air mata dan memeluk ibunya dan berkata "bu, sari bangga sudah berada di titik seperti sekarang ini. sari sudah melewati masa smk sari dan sari merasa itu sudah cukup untuk sari walaupun belum sepenuhnya. bu, biar kan aku membantu ibu untuk setahun ini agar bisa memenuhi kebutuhan rendi dan rani. kita sama sama menyelesaikan pendidikan rendi dan sari.
masalah sari, sari tidak apa apa jika harus berenti sejenak.jika tuhan masih memepercayai sari untuk melanjutkan pendidikan, pasti tuhan berikan jalan untuk sari kedepannya.ibu wadah pun menangis dan membelai rambut sari.
"nak, ibu tidak lah muda lagi. pendidikan ibu di bawah mu. ibu hanya ingin kalian melebihi ibu.
bersabarlah sayang, ibu pastikan tahun depan kau akan belajar lagi.
dengan menetesnya air mata, sari mencium kaki ibu nya dan berkata "sekarang waktu nya sari yang berjuang walaupun perjuangan sari nanti tidak sehebat ibu"bergegaslah ibu wadah mengajak sari makan malam bersama kakak sari.
berjalannya waktu, ibu wadah, sari dan romi makan bersama tanpa kehadiran seorang ayah serta rendi dan rani masih di pondok pesantren.
keesokan harinya, dimana rutinitas ibu wadah yang sebagai seorang petani mulai mengurah keringat seperti biasanya dan mulai di bantu oleh sari.
selang berjalan waktu, hari perhari, bulan perbulan bahkan sampai pergantiang tahun.dimana kelulusan rendi dan rani pun datang.
kelulusan saudara kembar itu di hadiri seorang malaikat cantik yaitu ibu wadah dan kakak perempuan nya sari serta kakak laki lakinya yaitu romi.
dengan kebahagiaan atas kelulusan mereka, seiringin meneteskan air mata dengan hasil selama ini, rendi yang mendapat nilai tertinggi segera di angkat untuk mengajar di madrasah yang masih membutuhkan seorang ustad. serta rani wanita yang hafal al-quran di beri bimbingan gratis selama satu tabun.
di moment yang begitu bahagia, ibu wadah pun berkata kepada anaknya sari "nak, sekarang kamu yang harus belajar, adik adik mu sudah sukses dan masalah biaya masih ada romi dan rendi yang akan membantu ibu"
sari pun menjawab seiring meneteskan air mata"sari akan melanjutkan pendidikan sari bu. tapi tenang lah ,sari usahakan belajar sembari bekerja, jangan pernah lelah mendoakan sari bu. dengan tersenyum ibu wadah menjawab"tidak ada seorang ibu yang lelah,jika itu untuk buah hatinya.
dengan habagia empat saudara itu memeluk melaikat cantik itu. (ibu wadah)4 tahun kemudian, dimana sari yang sudah menjalani kuliah nya dan sembari berjualan online. di mana selama empat tahun pun tugas pendidikan sari selesai di bidang kesehatan spesialis penyakit dalam.
tiba lah waktu, dimana sari yang akan menerima toga, toga yang selama ini sari impikan beserta teman temannya.sari yang di temani oleh ibu tercinta nya, kakak laki laki nya yaitu romi dan adik nya rendi rani.
dengan menangis, sari memberi toga itu kepada ibu nya dan berkata. "bu,ini untuk ibu. terima kasih sudah berada di samping sari, mendidik sari dengan benar dan selalu mendoakan sari di sepertiga malam.bu,dengan keringat mu lah aku bangkit, dengan tangismulah aku belajar kuat,dengan usahamulah aku nekat dan dengan doamu lah aku bisa menjadi seperti ini.terima kasih untuk sejuta tetesan keringat mu bu, sari pastikan masa tua ibu aku bahagia bersama kami,dan keringat mu yang terus menetes akan kami balas. "
ibu wadah tersenyum dan menjawab "nak, ibu tidak mintak apa apa dari kesuksesan kamu. dengan hadir nya kamu di tempat yang sebesar ini, di antar seribu orang yang suskses, itu sudah sangat cukup bagi ibu.
satu pesan ibu, jadi lah sari yang ibu kenal, jangan sombong akan kesuksesan kamu sekarang. sebab tuhan mu sudah mempercayaimu untuk menitipkan ilmu ini.sari pun menangis sembari tersenyum dan menjawab"bu,sari seperti ini karna berjuangan ibu, doa ibu. sari akan menjadi sari yang dulu. terima kasih atas doa doa indah yang selalu ibu ucapkan dalam sujud ibu. ibu adalah harta yang tak pernah bisa dapatkan, ibu tidak akan tergantikan".
dengan berjalannya waktu, keluarga kecil itu berbahagia atas kesuksesan empat anak nya tanpa kehadiran seorang ayah. selalu mengingat seribu perjuangan seorang ibu.
bicara masalah ibu, ada beberapa orang yang sanggup menyiksa ibu demi kepentingan sendiri. ketahuilah,ibu sanggup menderita demi anak nya.tapi apakah kita sanggup menderita demi nya?
jadi, usahakan keringat ibu mu mendapatkan balasan walaupun ibu mu tidak butuh balasan itu. karna, jika keberhasilan anak sudah mencapai ke tangan, itu sudah hal terbaik yang seorang ibu dapatkan.
untuk saudara saudari ku, yang ibu nya sudah tidak bersama kita. kita masih bisa bersama nya, memeluk nya. yaitu melalui doa.
semoga suka ya, maaf jika ada kata yang tidak berkenan, tolomg kasih nilai jika ada yang kurang. biasalah, saya masih dalam belajar.
@DOAIBU.❤
KAMU SEDANG MEMBACA
doa ibumu lah yang membantu mu
Adventuresebuah rasa, aku fikir rasa pertama yang ada itu untuk ibu. ini hanya masalah sikap, waktu, dan ruang untuk membahagiaankan seseorang yang sangat berjasa.