Baju sdh stngh keringat, pakai hijab dan dengan wajah yg manis, single, pendamping sosial SLRT, warga biasany memanggilny "ayu"
'sperti biasa awal bulan mengecek dan verifikasi data,'dipos ronda smbil duduk'
ayu : "aduhh panas" smbil menyeka keringt.
"tinggal 3 KPM lg tapi lumayan jauh" dicobany tuk berjalan kmbali.tet..(suara klakson motor dan brnti) "mau kmana ayu" sapa adit, "mau survey mas
"mas anterin mau gak" gak ush mas gk jauh kok, tolak ayu dengn sedikit senyum.adit : "ydh mas duluan ya" smbil senyum.
ayu kmbali brjalan mnuju KPM
tok..tok , "slamat siang nek, ni ayu"
iya yu, seorang nenek smbil membukakan pintu.
nenek : "ada apa nak ayu"
ayu : "ini nek, ayu mau kasihkan Kartu KIS dr program KIS Pemda"
nenek : "trimaksih..terimkasih bnyak nak, smoga bnyak rezky n cpat dpt jodoh" smbil trharu, nenek yg tlantar karna dengn kondisi yg sdrhana.
ayu : aminn "nek sehat kan"
nenek : "sehat nak ayu", jawab nenek, "kok sendirian nak ayu"
ayu : "iya nek, kn emang biasa sndiri nek, hehe.." smbil senyum malu.
"ayu jalan lagi ya nek" mau krumah Pak RT.
nenek : iy nak, hati2 ya.
ayu : iya nek, smbil mencium tangan nenek..
ayu : "mas td siapa ya kok knal sm ayu" smbil mengingat ingat..setiba drmh pak RT
"ketemu lg yu" sapa adit
"senyum", jawab ayu.
adit : "paman lg gk ada yu, bude bilang td lg keluar, ni mas lg nungguin paman jg"
ayu : "msih lama gk pak RT ny" tanya ayu smbil pipi mmerah krna di pandangi oleh adit.
adit : " gk kok, bude td ktny suruh tunggu aja, pling stngh jam lg yu, duduk sini yu, masuk"
smbil mnunggu pak RT pulang.
adit : "kok kyk bingung gt liat mas, yu" kamu gak inget sm mas ya? " dlu kn kita prnah satu skolah"
ayu : oh iya, mas adit ya, smbil senyum.
adit : iya yu, kirain lupa, rencana mo mas ajak knalan klo lupa, heheh.....Setelah berbincang-bincang adit, ayu dan pak RT
“ Pak RT sy izin mau lanjut ke rumah pak sudar dulu, ujar ayu”
Pak RT : “oh iya silahkan yu”
Bntar yu, biar mas antar ” tawar adit
Ayu : gak ngerepoti mas”
Adit : “gak yu, skalian mas pulang satu arah kok”
Adit pun keluar menyusul ayu dan langsung berngkat, dengan hati-hati adit mengendalikan sibutut (motor kesygnya) “ ayu tinggal dimana skrg, mas liat rumah yg lama kosong terus,
Ayu : “iya mas, ayu tinggal kos, rumah yg kmaren djual sm mendiang ayah, ibu, adik sm abang juga udah pindah ke kampung mas. Ayu belum bisa ikut karena ayu nyaman dan suka disini membantu warga tidak mampu”.
“turun disini aja mas, terima kasih mas”
“Iya yu, sama-sama” ujar adit
Adit langsung meluncur“Sunrise yg indah dtemani gemericik air “ adit melamun, Sepekan sudah waktu brlalu, ayu dan adit tidak bertemu, hanya chating di Media sosial dengan obrolan biasa dan adit mengajak ayu untuk bertemu makan bersama. Ayu pun setuju untuk bertemu dan makan bersama, adit tersenyum-senyum senang ayu mau keluar dan bertemu, adit tahu, ayu memang tertutup, sdh ditawari untuk jemput, ayu tidak mau, dia lebih memilih menggunakan sepeda motornya sendiri.
Senja dan gelapnya awan masih mngintip riangnya adit
Adit sudah rapi dengan kaos casual dan jaket tshirt
“Aduhh pake mendung segala”, gumam adit, smbil melihat Hp berharap ayu tidak chat membatalkan pertemuanya. Adit langsung tancap gas menuju cafe.Adit : “kok belum datang ayu ya”, smbil melihat jam di Hp mnunjukan 20.30 wib. Lalu adit chat,
“ayu dimana, jadi gak ketemuanya, mas udah nunggu”
waktu sudah menunjukan pukul 21.00 wib, adit gelisah, Tetap saja tidak ada jawaban dari chat maupun telp ayu.
Kemudian waktu sudah menunjukan pukul 22.00 wib, adit pun memutuskan untuk pulang ditemani raut wajah yang kecewa dengan perasaan yang tidak menentu.Keesokan harinya.....
Adit mencari ayu, ke kosan ayu pun tidak ada jawaban, pintu kos ayu tertutup tetangga pun tampak sunyi.
Adit : “ya sudah lah, mngkin ayu tidak suka dan tidak ada perasaan apa-apa denganku, kalau dlihat dari chat dan cara bicaranya baru-baru bertemu kemarin” gumam perasaan adit campur aduk.Sudah 1 bulan berlalu....
adit berusaha melupakan ayu, tetapi masih tetap tidak bisa.
“Bu, adit keluar yaa,,”izin adit kepada ibunya
“Iya dit, jangan kemalaman pulangnya”, jawab ibu adit
“iya, bu”
Lalu adit tiba dicafe hanya ingin menghilangkan rasa yang masih gelisah, tiba-tiba adit melihat sesosok perempuan yang dia kenal “ itu ayu spertinya” bersama laki-laki arah keparkiran.
“termenung dan kecewa adit melihat situasi yang tidak pernah dilupakanya.dit, bangunn,,”tuh ada orang didepan cari kamu” ibu adit membangunkan pagi hari
“iya bu, sebentar”Mas adit ya, “sapa laki-laki itu
“Iy mas, saya adit, ada apa mas, oh iya masuk mas,” tawar adit
Lalu laki-laki tersebut memperkenalkan diri
“gini mas, saya randi abangnya ayu, ada yang mau saya smpaikan” ayu sekarang dirumah sakit sedang koma karena sakit kanker tulang belakang” ayu cerita ke saya karena ada janji sm mas adit, tetapi ayu tidak mau mas adit tahu kalau ayu sedang sakit”
Adit termenung dengan berkaca-kaca, “jd bang, sudah brapa lama ayu koma”
Randi : “kalau sakitnya sebulan lalu dia jatuh dari kamar mandi, setelah dibawa kerumah sakit baru ketahuan kalau dia sakit kanker tulang belakang stadium 4, sedangkan komanya baru tadi malam setelah kami pulang dari cafe”
“maaf mas, saya tidak bisa lama-lama mau kerumah sakit lagi rencana hari ini mau dioperasi kalau ayu siuman” ujar randi
“Boleh saya ikut, bang” adit dengan raut sedihSetiba dirumah sakit....
Adit dengan tatapan sedih dan merasa bersalah menatap ayu dengan banyak selang, dihidung dan di tangan, Keluar air mata adit.
“Nak adit “sapa ibu dengan raut muka terlihat letih
“Iya bu”, sahut adit smbil menoleh
“Maafin ayu ya nak, kalo ada salah”
Ayu gak salah bu, hanya adit tidak tahu kalau ayu sakit.Tiba-tiba tanda alat siuman ada perkembangan dengan jari ayu mulai bergerak sdikit demi sedikit dan membuka mata, dokter dan perawat langsung memeriksa ayu dan di bawa keruang operasi.
Adit, keluarga ayu serta warga yang menjenguk menunggu diruang tunggu operasi mereka berharap dan berdoa yang terbaik.Setelah mnunggu 8 jam pukul 20.00 wib diruang operasi, keluar dokter.
Dokter : “buk ani, operasi sudah selesai, dan ayu sekarang masih dalam kondisi lemah saya berharap ayu tetap semangat dan perlu dukungan dari keluarga, agar kondisi ayu tidak down dan patah semngat” 2 jam lagi kita pindahkan ke rawat inap.
“iya dokter, terimakasih banyak”
Adit, masih terdiam dan berharap semoga ayu baik-baik saja.2 hari ayu koma kembali setelah operasi......
Masih dtemanin oleh adit, sedangkan randi mengantar ibunya tuk membersihkan pakaian dan keperluan lainnya.
“yu, ni mas, bangun dong, mas ingin liat ayu senyum lagi, mas gak marah kok” Adit memegang tangan ayu, “mas jujur, mas udah lama suka dan sayang sm ayu smenjak kita masih sekolah, mas slalu berharap berdoa ketemu ayu lagi, mas mohon bangun yu, mas akan tetap sayang sama ayu dengan kondisi apapun”
Terasa jari ayu bergerak “mas, maafin ayu, kemarin gak bisa ketemuan di cafe sm mas”
Adit mengangguk sembari senyum senang dengan mata berkaca-kaca.
“mas kok ada disini” dengan perlahan ayu menggerakan bibirnya, “abang sama ibu kemana”
Ibu sm abang ngambil pakaian dan peralatan tuk keperluan disini yu, jd mas jagain ayu.
“maafin ayu mas, karena gak ngabrin mas”
“Gak apa-apa yu, mas udh tahu semuanya” sambil memeluk ayu dengan mata berkaca-kaca, mas tahu ayu udah tepati janji ayu datang ke cafe walaupun mas sempat kecewa, tapi setelah bang randi cerita jadi mas lega ternyata ayu sayang juga sama mas, terimakasih yu” sekarang izinkan mas jagain ayu, karna mas sayang banget sm ayu.
Kemudian hari demi hari kondisi ayu semakin membaik....
“Terima kasih pak RT, nenek n warga yang udah jenguk serta doain ayu, berkat doannya ayu selalu semngat” sapa ayu smbil menatap satu persatu dan tersenyum.The end........this fiksi story” thanks u all”
Playback : saat adit mencari mendatangi ke kos ayu dan tidak satu pun bertemu tetangga ayu, ternyata mereka sedang kerumah sakit menjenguk ayu.
Profil adit :
Nama : Aditya saputra
Umur : 27 lebih tua 2 tahun dr ayu
Pekerjaan : Karyawan Salah satu perusahan BUMN
Perawakan : tinggi 170 bb 75, Hidung agak mancung, kulit sawo
KAMU SEDANG MEMBACA
Survey yang Bekah
Teen Fiction"Izinkan aku menjagamu, karena aku tidak ingin kehilangan lagi dirimu" jawab adit smbil berkaca-kaca. yang dapat menolongnya adalah Sebuah harapan dan doa dari orang-orang terdekat.