Ego adalah struktur psikis yang berhubungan dengan konsep tentang diri, diatur oleh prinsip realitas dan ditandai oleh kemampuan untuk menoleransi . Ego diatur oleh prinsip realitas yang berkaitan dengan apa yang praktis dan mungkin, sebagai dorongan dari id. Ego terikat dalam proses berpikir sekunder -mengingat, merencanakan, dan menimbang situasi yang memungkinkan kompromi antara dari id dan realitas luar. Ego meletakkan dasar untuk perkembangan yang disadari tentang perasaan diri sebagai individu yang berbeda.
Yap itu sedikit penjelasan tentang ego, setiap manusia memiliki egonya masing - masing, terkadang ego mereka itu menjengkelkan banget, susah dimengerti/dipahami, namun ada juga yang benar - benar bisa mengontrol egonya, tergantung dari sifat alami mereka sih, ada yang keras kepala, dll, apalagi kalau dalam masalah percintaan, banyak orang - orang zaman now yang asal2an yang baru aja masuk sekolah, kuliah sd smp dll, liat orangnya dikit didekatin, terus galama diajakin kenalan, minta no wa, line, insta, followan, terus galama jadian, udah pertengahan, mulai bosen, mulai malas2an gajelas, sengaja cari kesalahan, terus ndalama putusan, setelah putusan, b aja gitu, gblg ga si wkwk, ya itu yang sering terjadi dizaman sekarang si yang saya liat, ntah apa itu juga dari dulu atau baru2 saja wkwk.
Nah, yang jadi pertanyaan mungkin dari kalian para jomblo yang sedikit bego, cinta monyet, kok bisa bosen?, kok marahan terus padahal baru beberapa bulan?, kenapa bisa? yak itulah yang dimanakan EGO, kalo ego kalian sama besarnya, yang satu pengen ini yang satu pengen itu, yowes, bakal terus terjadi pertikaian hingga baku hantam, misalnya si cewe marah karena si cowo lama balas chatnya, padahal si cowo ni ada kegiatan lain gitu, nah si cowo malah juga ikutan marah gitu "cuma telat berapa menit kenapa si km marah yankz" bahkan parahnya si cowo bisa ikutan bete, jadi ya sama2 bete, abistu baikan, baikannya pun ntah karena pengen ada temen chat aja, atau karena yang satu terpaksa minta maap, kan gblg gitulo, setidaknya sih yah, kalo mo laggeng, ya salah satu dari mereka tu ya harus bisa mengerti satu sama lain, dan kontrol egonya, kek salah satu dari mereka itu ada yang jadi pengademnya gitu, ga mesti harus besar kepala terus masing2, saya tau mungkin didalam pikiran mereka itu, saat mereka melakukan hal itu, mereka merasa benar dengan apa yang mereka lakukan, tapi ya kalo gitu terus gabakalan ada selesainya, ya ga?, kalo cowo sama cewe itu mempeributkan suatu hal, harusnya jangan berdebat, tapi berdiskusi, cari solusi, bukan besar kepala, kek batu, sama2 gblgnya, meskipun biasanya si cowo lebih banyak melakukan kesalahan, ya setidaknya si cewe pun harus bisa bersikap nicely, ga mesti harus malah balik marah, karena 1 kesalahan ga menutupi 10 kebaikannya bukan?.
Tapi yah ada juga, cewe yang rela tersakiti (alay), berjuang mempertahankan hubungannya, tapi si doinya malah berjuang dengan yang lain, sad banget ya wkwkkw (mampus btw), but disini saya bisa melihat, saya kira cewe tu orang yang cuma kek kalo sudah mulai bosen2 yowes udah selow aja kalo putus selow aja gitu flat banget, sekalinya ya ada yang sedikit better lah ya wkwk, terutama masalah kaya baru aja lulus smk/sma terus beda kampus, karena beda jam juga, jadi susah saling ngehubungi, sama beda jarak, beda pulau, jarang ketemu, apalagi beda pulau, beda kampus, punya kesibukan masing2 deh, tapi disini letak apakah mereka itu benar2 saling mencintai? atau cinta itu hanya sebatas jarak?.
Bagi kalian yang menjalani Ldr, juga harus bisa ngontrol egonya, kenapa ego lagi? ya emang judulnya ego gblg, ga kok, ya emang harus ngontrol egonya, ga hanya ego si, tapi nafsu juga, karena kalo ada cewe yang lebih ++ dari doinya langsung mode gebet, terus mulai jutek ke cewenya, terus kalo gagal, malah balik lagi mulai care lagi, mulai nelpon2 lagi, pas ditanya, kamu kemana aja selama ini?, maap tugas kuliah banyak hehe :D, adapun sebaliknya, cewenya yang seperti itu juga, pokoknya menurut saya gada yang benar dan salah, semua kembali ke diri masing2 sih, emang mungkin menurut klean yang baca, "ah gamungkin cowoku begini, or ceweku begini" emang kalian tau? xD, kalo misalnya ini kejadian gimana?, ya kalian yang cewe atau cowo, coba lah kasi sedikit perjuangan, tapi gaperlu lama2 gaperlu banyak bacot, langsung aja ngomog ke doi mu, kasi pertanyaan yang dari normal2 saja sampai berbobot, maksudnya tu kek awal2 "Kamu kok akhir2 ini makin cuek?", terus "apa ada yang salah diaku, atau ada penjelasan lain?", tanya aja terus coba sedikit demi sedikit cari tau, baru kalo sudah sampe titiknya "Kamu masi pengen serius ga sama aku?" kasih emot sad face wkwk, soalnya kalo kamu diam aja, mendem kegelisahanmu, takut ngomong yang sebenarnya karena takut ntar malah makin kacau, ya kalo gitu kamu ntar bakal tergantung, kalo doi malah benar2 dah cuek banget terus malah bener selingkuhin lo, atau bosen, kamu akan merasakan kepedihan yang amat sangat dalam, contohnya teman saya, dia baru saja merasakan hal stupid ini wkwk, sebenarnya yang harus berjuang itu si cowo ya, harusnya, ya intinya kalian harus bisa saling ngerti lah, positive thinking, kalo misalnya dia lama balas atau apa dia lagi sibuk, terus kalo sudah ga sibuk telpon, terus ceritain semua yng bisa diceritakan, ya gitu ajasih ya inshaa Allah langgeng deh.
karena emang setiap hubungan itu pasti ada maslahnya, ya jalanin dengan santuy saja, jangan terbawa baper dikit2 cemburu, kalo udah saling sayang tu sudah lah santuy aja, terus gimana mau cari tau kalo doimu itu sayang atau ga?, gampang,yang pertama, doimu bakalan nelpon atau cerita kenapa dia lama balas atau apa gitu, kedua doimu bakalan, minta maap kalo dia ada masalah apapun meskipun bukan dia yang salah, yang ketiga, tidak mengucapkan kata "aku selalu cyank km kok aku kamu 4 ever", dan yang keempat kalo udah jalan 3-4 bulan bakalan tau sendiri, kalo sudah hubungan kalian jalan 5-7 bulan, bahkan setaun Inshaa Allah, mau masalah apapun kalian selalu sama2 mencari solusinya, mengalah, mengademkan suasana, kalo misalnya si cewe atau cowo yang sedikit egois gamau ngalah sampai berapa bulan, berdoa saja semoga dia bisa paham ini, bisa makin mengerti, jadi usahakan kalian harus tetap bersikap nicely seperti diatas tadi, Dengan seperti itu inshaa Allah, mudahan bakal bisa terus langgeng sampai sah.
"Experience is the best teacher, if you want to change different, start from your self"
btw ini bukan karena saya sok tau bahkan, merasa paling mengerti, cuma ini berdasarkan pengalaman yang saya alami, atau saya liat dikehidupan zaman millenial ini wkkw
Sekian terimakasih, semoga berfaedah.
YOU ARE READING
Excellent Loves? can we?
RomanceBisa ga ya orang - orang berpacaran dengan langgeng? atau hanya karena ldr, jarang berkomnukasi malah putusan? wkwk ccd