#Boychandra

12 0 0
                                    

Mulai Lagi Langkah Pertamamu

Masih awal tahun. Tenang dulu sesaat. Terima kenyataan, beberapa rencana tahun lalu memang belum bisa diwujudkan. Tidak semua hal yang diperjuangkan membuahkan hasil yang maksimal. Tapi, semua sudah berlalu. Tidak bisa diulang lagi. Hal yang bisa kamu lakukan hari ini adalah menatap dan menghadang masa depan. Ini baru hari kedua, siapkan diri lebih kuat lagi menjalaninya.

Tarik napas dalam-dalam, lepaskan pelan-pelan. Bilang pada dirimu; cukup malas-malasannya. Cukup menunda-nunda pekerjaan. Cukup hura-hura yang menghabiskan waktu tanpa memikirkan masa depan. Semua harus ditata ulang, semua harus diperjuangkan kembali. Kekalahan yang sama tidak boleh terulang kembali. Hidup harus jadi lebih maju. Tidak waktu untuk menyesali kegagalan berlarut-larut.

Tatap cermin, lihat dirimu dengan seksama. Renungkan apa kekurangan dan kelebihanmu. Pelajari apa saja yang membuat orang-orang bisa berhasil. Bukankah hidup ini hanya perkara matematika saja; hanya soal hitungan seberapa banyak orang lain melakukan. Seberapa banyak orang lain mendedikasikan waktunya. Seberapa banyak orang lain belajar agar bisa. Bukankah semua itu juga kamu miliki? Bukankah semua itu juga bisa kamu pelajari? Hidup seperti apa yang perlu kamu tangisi berlama-lama? Jangan melihat kelemahan terus. Kuatkanlah dirimu karena hanya kamu yang bisa melakukan dengan sungguh semua itu.

Jangan mau dikendalikan oleh rasa malasmu sendiri. Jangan lepas kendali. Ingat, waktu terus berlalu. Orang-orang baru terus datang. Generasi baru terus bertambah dan semakin matang. Jika kamu masih mengeluhkan rasa capek dan malas belajar sesuatu, kamu akan semakin tenggelam dalam waktu. Masa muda itu habis, maka semakin habislah kesempatan menjadi lebih baik. Semakin sedikit kesempatan mencapai hal-hal terbaik dalam hidup. Maka, selagi ada usia, selagi kuat tenaga. Jangan biarkan semua berlalu tanpa kamu mendapatkan apa-apa.

Tenang, jangan tergesa-gesa juga. Tidak perlu terlalu bergelora jika akhirnya terbakar sejenak lalu padam, dan berakhir penyesalan lagi. Kamu harus menggunakan energimu dengan bijak. Atur langkah-langkah itu agar tetap stabil. Agar perjalanan panjang itu terlewati dengan baik. Bukan yang menggelora di awal lalu mati di tengah perjalanan. Pastikan, meski pelan, kecepatan itu stabil, tujuan itu akan sampai pada waktunya. Jaga keseimbangan. Susun target dan mulai langkah pertamamu hari ini juga.

--boycandra

Coretan PenaWhere stories live. Discover now