Sumber: https://twitter.com//tirtoid
Other:Sumber: https://twitter.com/jimieardian
Hai, belakangan ini semakin marak kasus suicide yang terjadi pada remaja maupun dewasa. Kasus bunuh diri banyak disebabkan karena depresi, stress, dan penyakit mental lainnya. Tidak adanya penanganan khusus serta kepedulian dari lingkungan sekitar dan ketidaktahuan diri untuk mengatasi rasa titik terberat dalam hidup membuat bunuh diri dipilih sebagai alternatif untuk mengakhiri segalanya.
Bunuh diri bukan untuk mengakhiri hidup dan segala permasalahan, tapi dinilai sebagai penghilang rasa sakit instan oleh mereka yang menganggap, kematian dapat menenangkan.
Bunuh diri engga melulu tentang agama, meskipun unsur itu sebenarnya nggak bisa lepas. Tapi, daripada kita menyoroti persoalan tentang agama dan menyalahkan para pelaku bunuh diri, sudahkah kita bertanya pada diri sendiri, apakah kita peduli dan sadar oleh beban yang ditanggung mereka?
Teman, jika kita tidak bisa melakukan banyak hal untuk mencegah saudara, sahabat, teman, tetangga, keluarga kita yang memiliki keinginan untuk bunuh diri, alangkah lebih baiknya kita mendukung dan selalu ada untuk mereka. Mendengarkan curhat mereka, bersikap sebagai pendengar yang baik dan selalu ada, serta mengajak mereka untuk lebih dekat pada Tuhannya. Menghakimi orang yang bunuh diri tidak akan membuat mereka kembali hidup dan tidak akan membuatmu bahagia.
Jika kamu menemukan indikasi suicide di sekitarmu, kamu bisa menolongnya dengan membagi kontak yang tertera pada gambar pada mereka yang membutuhkan. Mari, bersama cegah bunuh diri dan menyehatkan mental masyarakat di Indonesia.
Atau, jika kamu berkenan untuk curhat. Kamu bisa DM profile ini atau menulisnya di kolom komentar, kamu bisa membagikan kisahmu dan perjuanganmu melawan mental illness untuk kami bagikan di work ini sebagai bentuk dukungan mereka yang masih berjuang memulihkan diri.
Bertahanlah sekali lagi, kamu berharga dan layak untuk hidup bahagia. Kami di sini, bersamamu, melawan dunia.
KAMU SEDANG MEMBACA
#SaveYourSelf
Non-FictionSebuah kampanye untuk mendukung gerakan Sehat Mental Indonesia melalui literasi. Silakan mencermati syarat untuk mengikuti kampanye ini. Everyone deserve to be happy! Made by Arista Vee