Kebersamaan adalah hal yang istimewa
Dimana kami bisa bercerita bersama
Makan ,main , ngaji pun bersama
Hingga kita lupa bahwa ada luka
Yang membekas di masing - masing hati kita .......
Fajar pun menyapa dari ufuk timur seakan berbicara " Halo Aisyah selamat shubuh ayo bangun , ayo sholat , ayo ngaji , ayo sekolah dan ayo mandi jangan lupa ups , tau aja kalo aku jarang mandi hehehe...
Akhirnya bangun dari tidur malam yang sangat singkat , gimana nggak singkat tidur dari jam 12: 30 malam bangun jam 03: 30 bayangin itu tidur berapa jam per hari , aku melangkah ke luar kamar yang di luar udah pada binggung sendiri karena takut telat jama'ah gimana nggak takut kalo telat mah di suruh nyapu halaman satu minggu , dan semua pasti takut lah ya , ya kalau halaman nya kecil lha kalau halaman nya segede gitu mah capek akutu.
Akupun langsung berlari mencari bakiak yaitu sandal yang berasal dari kayu yang berjepit karet ban itu adalah sandal legendaris anak pondok yang sangat nyaman di pakai meski awalnya agak canggung sih pakai karena memang suaranya " klotak - klotak" itu mah ciri khas nya .
" Mbak bik , mbak biki " teriak ku sambil kesal karena memang bakiak ku di ambil mbk biki ini pasti , karena ia suka pakai bakiak ku katanya , memang sih bakiak ku ada gambar bunga - bunga dan lebih besar dari bakiak pada umumnya itupun juga di beli in bapak .
" Iya ais , bentar ya masih wudhu " teriak nya yang berada di bawah tangga karena memang tempat wudhunya disitu .
" Ya udah aku pakai bakiak mu aja ya ?'' tanyaku saat aku mau wudhu dengan sedikit kesadaraanku karena memang masih ngantuk .
" Iya , barter aja ya bakiak nya ?'' penawaran nya padaku
" tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak mbak , aku suka bakiak itu " sahutku dengan nada tegas.
" Ya udah ngak usah barter tapi yang pakai aku terus " teriaknya lagi .
" Mbak biki '' teriakku yang sedikit kencang sambil menghentak kan kaki kayak anak kecil gitu .
" Udah lah jangan bicara mulu cepat wudhu ntar telat kita , tapi tunggu aku ya mbak kedepan nya ?" ajakku padanya
" Iya deh , tapi cepat " jawabnya lagi
" Siap mbak " sahutku sambil berlari menuju kamar kecil dan ke tempat wudhu. Setelah itu dengan cepat aku berlari menghampiri mbak biki untuk shalat jama'ah di mushola depan.
"Yuk mbak biki " sahutku sembari memakai mukena ke lorong depan .
" Yuk " sahutnya dengan langkah cepat menyusuri lorong .
Sesampainya di mushola depan kami langsung meluruskan shaf dan bersiap - siap untuk shalat jama'ah bersama abah . Abah adalah panggilan untuk pendiri pondok kami , beliau adaalah sosok orang yang sabar menghadapi ulah santri watinya yang memang pondok nurussalam ini pondok khusus perempuan , dari ulah kani yaang suka bangun ke siangan , tidak hafalan lalaran saat ngaos kitab malam , dan masih banyak laagi ulah aneh kita yng suka bercandan tanpa batas sampai buat mbak - mbak pengurus kualahan meski aku baru satu minggu ini disini udah bikin ulah loh ya ulah ku adalah tidak hafal lalaran ngaos malam abisnya aku udah capek pulang dari madrasah jam 4 sore abis itu cuci baju setelah magrib ngaos malam kan jaadinya ngak ada waktu kan ya jadinya aku harus menyapu sambil hafalin nadhom yang aku belum hafal mana di tunggu in lagi sama beliau kan jadi harus bener - bener beres dan sampai hafal lagi kalo ngak hafal mah di suruh nyapu lagi.
Keluarga abah sangat lah hebat menurutku gimana ngak ? beliau mempunyai tiga putra yang semuanya cerdas - cerdas mulai dari hafalan nya maupun penalaranya yang semua yang masuk di madrasahku yang satu kela tiga dan yang seumuranku masuk kelas unggulan dan mendapat rangking lagi kan jadi pengen.
Setelah shalat jama'ah kami pun berjejer di depan dapur untuk setoran hafalan Al - Qur'an karena memang kalau mondok disini hafal juz 30 dan surat - surat tertertu seperti yasiin , Al - waqi'ah , Al -mulk dan masih banyak lagi .Waktu - waktu shubuh ini biasanya menyendiri di bawah jemuran karena memang tempat yang nyaman bagiku untuk menyendiri sambil hafalin , kubuka ku tutup lalu aku hafalin begitu metode hafalanku .
" Wah, ais selalu menyendiri gitu ngapain ? sahut mbak biki padaku tiba- tiba .
Dengan kagetnya aku menjawab " hafalin mbak " dengan wajah melas ku karena memang dari tadi belum hafal - hafal.
"Ya disana aja sambil ngantri ntat telat loh ? " perintahnya padaku ,ya memang mbak biki tidak sekolah karena dia mondok kesini itu cuma fokus buat hafalin Al - Qur'an saja .
" Iya mbak siap " sahutku sembari berjalan menyusuri lorong depan untuk antri dengan langkah cepatku yang memakai sarung ala santri yang masih amatir mah samar ya takut copot gitu aja di tengah jalan hehe ...
" Setelah setoran kami pun makan pagi di depan kamar tengah makanya pun ramai - ramai seru deh bentuk lingkaran gitu dan di tengah biasanya tempat kerupuk nya ya memang kita beli lauk kerupuknya gantian , makannya pun juga sederhana ala kadarnya mungkin Cuma nasi sayur bayam sama tempe lalu di kasih kerupuk aja udah seneng kitaa mah yang bisa makan nya bareng - bareng sambil cerita gitu jadi kita mah masing - masing ulah temen sekelasnya mbak - mbak kita tau meski tak pernah ketemu orang nya .
" Ayo cepat siap - siap sekolah udah jam 06: 45 menit ini !!! sahut mbak pengurus dengan lankah cepat menuju tempat kami makan
" siap mbak " jawab kami serempak sambil berhamburan ke kamar masing - masing untuk persiapan ke madrasah .
" ayo berangkat Aisyah si bawel " sahut mbak ummi sambil bersandar di pintu kamarku
" iya mbak bentar " sahut ku sambil menggenakan jilbab menuju mbak ummi
" lama banget makai jilbab nya wel ?" ledek mbak ummi padaku
" Aisyah mbak namaku bukan bawel " jawabku sambil sambil berjalan menuju tempat sepatu
" iya deh Aisyah yang bawel " ujarnya sambil lari meninggalkanku ke luar pondok
" mbak ummi ya tunggu , awas kau " teriakku sambil berlari menggejarnya
Kami semua pun berpamitan antri seperti ular gitu ke ibu buat pamit ke madrasah , ibu pondok itu termasuk sabar banget ngadepin aku gimana ngak ? beliau yang ajarin aku banyak hal yang aku ini terbiasa manja pas waktu di rumah , disini mah semua sama rata nggak ada yang beda . Awalnya aku pas masuk ke pondok ini ngak bisa ya emang pas di rumah nggak pernah nyuci disini di haruskan cuci baju sendiri gimana aku nggak binggung mana pakaian ku menumpuk lagi pulang dari madrasah aja udah capek di haruskan ada tanggungan nyuci lagi kan capek akutu, akhirnya aku punya ide aku laundry di depan pondok sampai satu minggu hingga akhirnya ketahuan ibu aku di tegur karena di pondok ini di ajari untuk hidup tirakat dalam mencari ilmu jadi nggak boleh di laundry kan harus di cuci sendiri sebenarnya aku tau sih peraturan itu tapi ya aku banyak ulah mah ya gini sebagian peraturan aku langgar ,ups jangan di tiru ini itu memalukan sampai di timbali kedepan buat masalah ini kan malu aku." Masa yang lain bisa cuci tangan sendiri kamu di laundry in belajar , yang lain bisa kamu juga harus bisa eleng nk pondok ngone wong tirakat nduk " kata itu yang terngiang di piranku ketika aku malas cuci baju .
Kami pun berjalan menyusuri jalan menuju ke madrasah bersama mbak - mbak yang lain mungkin sekitar 30 orang an yang sekolah sederajat tsanawiyah yang sama dengan ku , tetapi mbak ummi lah teman terdekat ku pas waktu di pondok yang kelasnya satu tahun di atas aku dia kelas 8 aku kelas 7 . Ini adalah hari kedua ku sekolah di madrasah ini , kamu tau berangkatku pukul 06: 50 ya kurang sepuluh menit kita semua baru berangkat karena memang pagi ada jadwal ngaji , kadang aja malah katanya mbak - mbak berangkatnya jam 06: 55 kurang lima menit masuk kadang ya gerbang udah mau di tutup gitu tapi Alhamdulillah tak pernah telat karena memang pondok kita dekat dengan madrasah nya
" Mbak ummi ayo cepat " sahutku dengan berlari sedikit cepat melewati gerbang madrasah yang hampir saja mau di tutup gitu.
" Iya syah , duluan aja " sahutnya sambil berbelok ke koperasi sekolah buat beli bet , karena bet kelasnya sobek karena kemarin sobek karena tersankut kawat di tingkat , salah sendiri siapa suruh jemur pakaian di jendela tingkat atas kan gitu akibatnya , ya memang sih di pondok ini jemur pakaian aja susah gimana nggak ? kadang memang tempatnya nggak cukup jadi ya harus bangun pagi - pagi gitu kalo mau dapat tempat buat berjemur kalau nggak gitu ya pas malam hari bangun buat nyuci, dan konsekuensinya lagi kalau kelupaan punya jemuran pakaian yang nggak di rawat kalau udahkering nggak segera di ambil mah bisa - bisa di jatuhin karena memang tempatnya harus gantian kadang kalau ada mbak yang baik hati mah di anga tin lalu di taruh di aula atas semua biar siapa yang punya di ambil sendiri , tapi kalau yang nggak baik hati mah bisa - bisa pakaian nya di cuci nya di cuci lagi kan ngeselin .
Aku pun berjalan menyusuri halaman dan masuk ke kelas karena memang kelasku dekat dengan koperasi sekolah yang berjarak Cuma satu kelas saja dari sana, aku pun berjalan menuju bangkuku yang berada di belakang sendiri karena pas waktu kemarin aku nggak bisa pilih karena memang berangkatku siang sih .
Detik berikutnya bu guru pun masuk melalui pintu ya pasti lah nya masa lewat jendela , dengan langkah cepat beliau menuju bangkunya , beliau adalah wali kelas kami yang bernama bu salwa beliau guru kami nanti bahasa indonesia yang cantik , baik , dan segalanya pokok.
" Assalamu'alaikum , anak - anak " sapa bu salwa sambil melihat wajah kami semua .
" Wa'alaikumsallam,bu " jawab kami serentakdengan penuh semangat .
" Mos hari kedua ini akan saya isi untuk membuat peraturan kelas ya " sahutnya sambil menggeluarkan buku dari tas mungilnya .
" Iya , bu kemarin sudah di beri tau oleh kakak osis kok" sahut salah satu siswa sekelasku
" Oke, kalau begitu saya lanjutkan bagaimana peraturan di kelas maupun di madrasah ini " sahutnya sembari menulis absensi
"Nggeh bu " sahut kami sekelas .
Setelah kami menulis apa yang telah di tulis oleh bu salwa tentang peraturan yang berlaku di madrasah ini . setelah beliau menulis lalau dilanjutkanya perkenalan dari guru baru kita yaitu bu salwa beserta cerita kehidupan nya mulai dari kecil sampai dewasa ini .
Lonceng pun berbunyi menandakan pukul 10:00 wib berarti kita waktunya untuk istirahat , waktu istirahat berlansung selama 30 menit yaitu dari jam 10:00 sampai 10: 30. Setelah mendengarkan bel itu bu salwa pun mengakhiri cerita kehidupan nya .
" Sekian anak - anak penggalaman dari saya semoga bermanfaat" sahut bu salwa mengakhiri ceritanya sembari memasuk kan buku ke tas mungilnya .
" Assalamu'alaikum wr,wb" ujarnya untuk mengakhiri pertemuan ini.
"Wa'alaikumsallam wr,wb " jawab kami serempak
Setelah bu salwa pergi meninggalkan kelas kami , kami semua pun berhamburan keluar dari kelas termasuk aku dan firoh .
" fir ayuk ke kantin ? " ajaku sambil mengedipkan bulu mataku untuk merayu firoh agar mau ke kantin karena memang firoh paling malas kebelakang karena memang kantin kami jauh malah antri lagi .
" ngapain itu matanya di kedip - kedip in nggak ngefek " sahutnya
" ayo lah firoh yang cantik aku lapar " pintaku padanya dengan nada melas
" ya udah deh yuk demi sahabatku yang bawel ini aku turutin" ujarnya lagi
" yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee, gitu dong " sahutku senang sambil mencubit pipinya .
Akhirnya kami pun melangkah menuju ke kantin mendadak terhenti , lima langkah lagi kami seharunya bisa sampai ke kantin . Namun kedatangan sebuah kucing yang entah datang berasal dari planet mana , membuat kami terpaksa harus terdiam , berpura - pura menjadi patung .
" fir , lewati aja ya ?'' sahutku dengan senyum paling ceria se - Nusantara .
Firoh mengerutkan kening , berusaha menahan napas karena ia takut sama kucing , ketika dekat dengan kucing pasti ia bersin - bersin.
" Nggak " jawab firoh tak ramah
" Ayolah fir, aku lapar masa kamu nggak lapar ?'' tanyaku dengan nada kecewa.Senyumku perlahan memudar .
" Nggak !"
Gadis itu berdecak, memberikan tatapan kesal .Namun , sedetik kemudian ia berusaha untuk tersenyum kembali .
" Yaudah kita lewat sana aja " ujar firoh menunjuk ke arah kanan .
" Ayuk " sahutku sambil menggandeng tanganya yang gemetar karena ada kucing tadi .
Firoh mengedarkan pandangan nya , mungkin ada lagi kucing di jalan ini.
" kenapa firoh ?'' ucapku dengan penuh tanya karena melihat matanya yang terlihat khawatir .
Musibahkah? Mala petaka kah? Mimpi buruk kah ?
Demi seluruh warga seluruh Bikini Bottom yang tetap mandi meski tinngal di dalam air , aku sama sekali tak mengerti.
" Ada apa firoh ?"
Suaraku meninggi , membuat firoh terkaget yang sambil memukul ku dari belakang.
" Kamu ya nga getin aja " ujar firoh yang sedikit agak kesal karenaku
" hehe , maaf "
" maaf - maaf kalo jantung anak orang copot bagaimana coba ?"
" kalau copot ya tak pasangin lagi " jawabku dengan santai
Lagi - lagi firoh hanya bisa mendesah berat akibat jawaban ku yang suka bercandaan .
" Nggak usah bercanda deh , ini mau di anterin ngak ?" firoh menghela napas berat , nasib tak beruntungnya karena mempunyai teman macam aku .
" Iya , mau dong " jawabku tanpa basa basi segera menuju ke kantin karena takut dia berubah pikiran.
Setelah dari kantin kami pun lansung menuju ke kelas untuk melanjutkan mos kami lagi, mos yang menyebalkan sedikit monoton bagiku , tapi untung saja peraturan pemerintah sekarang saat mos tidak di perbolehkan memakai atribut yang aneh - aneh saat ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dalam Doaku
SonstigesSosok seorang perempuan yang berjuang bertahan dalam kehampaan karena matahari telah pergi meninggalkan bumi, di saat menyendiri berdoa pada illahi. . . . . . - jangan sampai mimpi kita hilang hanya karena orang yang kita sayang lebih dulu mendahul...