arti hidup

0 0 0
                                    

membicarakan tentang arti hidup pastinya setiap orang mempunyai jawaban berbeda-beda. kalau kita cermati tentang arti kehidupan ini tentunya banyak sekali jawaban-jawaban hanya untuk satu pertanyaan ini saja. seperti yang pernah aku tanyakan pada beberapa teman banyak jawaban yang bisa dikatakan sanngat bermacam-macam. contohnya saja menurut mereka hidup adalah uang, tanpa uang bagaimana kita bisa hidup? dan tanpa uang kita tidak akan bisa apa-apa. nah sebagian lagi menjawab bahwa hidup itu untuk bersenang-senang, namun jika diamati lagi ini termasuk ke dalam golongan bahwa kesenangan duniawi adalah kesenangan yang dicari.
tetapi sering aku dengar dibeberapa kajian yang sering aku ikuti bahwa arti hidup atau kehidupan itu adalah sebuah pilihan, atau bisa juga arti hidup itu seperti kesempatan yang sangat berharga yang dimiliki oleh setiap orang, kemudian jangan habiskan waktu yang kita punya selama kita hidup didunia ini dengan kegiatan-kegiatan yang tidak baik. tetapi dari beberapa pendapat tersebut masih membuatmu bingung? lalu masih ada pertanyaan lain lagi, apakah kita hidup hanya untuk beribadah saja? tidak untuk mencari uang atau menuntut ilmu sampai ke perguruan tinggi?

Tidak...
Baik ini menurutku, sesuai isi kajian yang sering aku dengarkan, kita itu tidak harus beribadah di masjid setiap hari, berpuasa setiap hari, atau setiap detik harus membaca alqur'an, tidak seperti itu. namun kesemua ibadah itu ada waktu-waktunya, yang terpenting kita selalu mengiringi kehidupan ini dengan hal- hal yang baik dimanapun kita berada. terlebih lagi seorang yang mau menuntut ilmu hingga ke perguruan tinggi itu merupakan hal yang sangat bagus sekali dan itu bukan menjadi sebuah larangan dalam agama.

Namun dalam islam itu mengajarkan tentang bagaimana ketika kita mengerjakan hal keduniaan itu dengan niat karna Allah, agar kedua hal kita dapatkan, dapat dunia dan dapat akhirat. Kita sebagai manusia dituntut untuk senantiasa selalu meningkatkan kualitas hidup agar bermakna dan bermanfaat. Bagaimana caranya? yaitu dengan beribadah, bekerja, dan berkarya atau berinovasi. Bahkan makna hidup yang dijelaskan dalam islam jauh lebih luas dan lebih mendalam. Makna hidup itu bukan hanya berjuang untuk mempertahankan hidup, tetapi lebih dari itu, bahwa hidup ini bukan sekali, tetapi kehidupan yang berkelanjutan dimana kehidupan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan kelak.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 28, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Nikmati Perjalanan HidupmuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang