Nasehat untukmu wahai muslimah

204 8 0
                                    

Nasehat Syaikh Abu Bakar Al-Jazairi

Beliau mengungkapkan untaian nasehat teruntuk wanita muslimah dalam kitab Al mar'atul muslimah. Untukmu wahai saudariku seiman. Sebelas untaian nasehat yang berharga, wujudkanlah nasehat-nasehat tersebut niscaya engkau akan meraih hidup bahagia dan tentram Insya Allah, dan mintalah tolong kepada Allah untuk dapat mengamalkannnya.

Beribadahlah kepada Allah semata sesuai dengan apa yang disyariatkan dalam Kitab dan Sunnah.

Jauhi syirik karena sesungguhnya syirik itu menghapus amal-amal ketaatan sehingga menyebabkan engkau menjadi orang yang merugi.

Jauhi kebid'ahan, baik dalam masalah akidah atau lainnya karena sesungguhnya bid'ah (membuat perkara baru dalam masalah agama) adalah sesat dan mengantarkan pelakunya ke jurang neraka.

Jagalah sholat lima waktu dengan sempurna, maka sesungguhnya jikalau engkau menjaga Syariat Allah, maka Allah akan menjagamu dan siapa yang melalaikan-Nya maka Allah akan melalaikanmu pula sehingga engkau menjalani kehidupan yang banyak kesia-siaannya. Tegakkanlah sholat dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, jangan mengakhirkan sholat atau menunda-nunda sholat, ketahuilah benarnya sholat itu membuat benarnya semua amalan dan sesungguhnya rusaknya shalat itu membuat rusaknya semua amalan.

Taatilah suamimu jika engkau telah memiliki suami! Jangan pernah menolak permintaannya ataupun mengeluh dari perintah dan larangannya selama ia tidak memerintahmu untuk bermaksiat pada Allah dan Rasul-Nya.

Jagalah diri dan harta suamimu, baik ketika ia ada atau tidak ada di sisimu.

Berbuat baiklah kepada tetanggamu, baik dengan ucapan ataupun perbuatan dan ketika tetangga menyakitimu, maka tetaplah berbuat baik kepada mereka.

Hendaklah tetap berada di rumah dan jangan keluar kecuali dalam keadaan mendesak. Jika engkau keluar pada waktu malam, maka lebih baik jangan keluar kecuali dalam keadaan tertutup hingga tidak terlihat wajah dan telapak tangan.

Berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu, hindari menyakiti keduanya, baik dengan perkataan maupun perbuatan. Taatilah keduanya, namun jika kedua orang tua tersebut memerintahkan yang tidak baik (maksiat) maka saat itu tidak ada kewajiban untuk menaatinya.

Perhatikan pendidikan anak, jika engkau memiliki anak dan biasakan mereka untuk jujur, menjaga kebersihan, mengajari mereka adab dalam berbicara dan beramal sholeh, memerintahkan untuk sholat apabila mereka sudah berumur tujuh tahun dan memukul mereka apabila mereka mencapai umur 10 tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.

Perbanyaklah dzikir dan sedekah.

Dikutip Dari artikel Muslim.or.id

Dibalik PenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang