SARAN UNTUK WANITA
DALAM MEMILIH CALON IMAMAllah Subhanahu Wa Ta'ala dalam firman-Nya telah menegaskan bahwa wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, demikian pula sebaliknya.
Allah SWT berfirman:
الْخَبِيثٰتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثٰتِ ۖ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبٰتِ ۚ أُولٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
al-khobiisaatu lil-khobiisiina wal-khobiisuuna lil-khobiisaat,wath-thoyyibaatu lith-thoyyibiina wath-thoyyibuuna lith-thoyyibaat, ulaaa'ika mubarro'uuna mimmaa yaquuluun, lahum maghfirotuw wa rizqung kariim"Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."
(QS. An-Nur 24: Ayat 26)Berdasarkan firman Allah diatas maka wanita yang baik, dalam menentukan imam bagi dirinya hendak lah memilih figur laki-laki dengan kriteria sifat baik. Kriteria sifat baik tersebut antara lain :
BAGUS AGAMA & AKHLAKNYA
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menekankan para orangtua yg putrinya dipinang laki-laki yang agama dan akhlaknya baik supaya segera menikahkannya, karena dengan agama baik dia akan bertaqwa, dan dengan akhlak yg baik, ia akan sabar membimbing keluarganya.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Sekiranya ada orang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya yg meminang putri kalian, maka nikahkan dia ......."
(HR. Tirmidzi no. 1084 dan Ibnu Majah no. 1967)MAU MENGAJAK KEBAJIKAN
Pastikan bahwa pria yg akan menjadi imam adalah yg mau mengajak kebajikan karena dengan ajakan-nya itu menjadi bukti kalau ia akan memelihara diri dan keluarganya.
Allah SWT berfirman:
يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوٓا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
yaaa ayyuhallaziina aamanuu quuu anfusakum wa ahliikum naarow wa quuduhan-naasu wal-hijaarotu 'alaihaa malaaa'ikatun ghilaazhun syidaadul laa ya'shuunalloha maaa amarohum wa yaf'aluuna maa yu'maruun"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
(QS. At-Tahrim 66: Ayat 6)MAMPU MEMIMPIN
Allah melebihkan laki-laki atas wanita dlm berbagai hal agar ia dapat menjadi pemimpin. Maka laki-laki yang bisa memanfaatkan kelebihannya akan dapat memimpin keluarganya.
Allah SWT berfirman:
الرِّجَالُ قَوّٰمُونَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَبِمَآ أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوٰلِهِمْ ۚ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَالّٰتِى تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا
ar-rijaalu qowwaamuuna 'alan-nisaaa'i bimaa fadhdholallohu ba'dhohum 'alaa ba'dhiw wa bimaaa anfaquu min amwaalihim, fash-shoolihaatu qoonitaatun haafizhootul lil-ghoibi bimaa hafizhollaah, wallaatii takhoofuuna nusyuuzahunna fa'izhuuhunna wahjuruuhunna fil-madhooji'i wadhribuuhunn, fa in atho'nakum fa laa tabghuu 'alaihinna sabiilaa, innalloha kaana 'aliyyang kabiiroo"Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Maha Tinggi, Maha Besar."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 34)PERHATIAN KEPADA ORANGTUA
Allah SWT berfirman:
وَقَضٰى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِالْوٰلِدَيْنِ إِحْسٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
wa qodhoo robbuka allaa ta'buduuu illaaa iyyaahu wa bil-waalidaini ihsaanaa, immaa yablughonna 'indakal-kibaroahaduhumaaa au kilaahumaa fa laa taqul lahumaaa uffiw wa laa tan-har-humaa wa qul lahumaa qoulang kariimaa"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu,maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 23)Maka laki-laki yang perhatian kepada orang-tuanya menjadi tolok ukur bahwa kelak dia akan perhatian pula terhadap keluarganya.
MEMILIKI KEJUJURAN
Kejujuran akan membawa kebajikan, maka pilihlah pria jujur, sebab dia akan memegang amanah atas dirinya dan keluarga dengan baik.
Dari Abdullah bin Mas'ud ra, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Hendaklah kalian jujur. Sesungguhnya kejujuran membawa kebajikan, dan kebajikan mengantarkan kepada surga ....."
(HR. Al-Bukhari no. 6094 dan Muslim no. 2607)BISA MENAHAN PANDANGAN
Laki-laki yang bisa menahan pandangan tentu bisa pula memelihara kemaluanya. Laki-laki yg memiliki sifat ini akan setia terhadap pasangannya.
Allah SWT berfirman:
قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصٰرِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذٰلِكَ أَزْكٰى لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا يَصْنَعُونَ
qul lil-mu'miniina yaghudhdhuu min abshoorihim wa yahfazhuu furuujahum, zaalika azkaa lahum, innalloha khobiirum bimaa yashna'uun"Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."
(QS. An-Nur 24: Ayat 30)SUKA BEKERJA KERAS
Allah mencintai laki-laki suka bekerja keras, karena dengan bekerja keras kelak ia akan bisa menafkahi keluarganya dengan baik.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau berkata Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Allah sangat mencintai orang -orang mukmin yang suka bekerja keras dalam usaha mencari mata pencaharian."
(HR. Tabrani dan Bukhari)KUAT FISIK & MENTALNYA
Allah mencintai mukmin yg kuat fisik dn mentalnya karena dia akan bisa berbuat lebih banyak bagi diri dan keluarganya.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : "Mukmin yg kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah meski keduanya ada kebaikan ....."
(HR. Muslim no. 2664, Ahmad II/366, 370, Ibnu Majah no. 4168, an-Nasa-i no. 627).Itulah beberapa kriteria sifat laki-laki yg baik sesuai ukuran agama . Maka agar memperoleh laki-laki yg baik hendaklah wanita memperbaiki dirinya dahulu. Dan selalu berdoa agar Allah memberikan jodoh yg baik.
KAMU SEDANG MEMBACA
❤ Motivasi Hijrah Cinta ❤
Ficção AdolescenteHijrah sebagai salah satu prinsip hidup, harus senantiasa kita maknai dengan benar. Secara bahasa hijrah berarti meninggalkan. Seseorang dikatakan hijrah jika telah memenuhi 2 syarat, yaitu yang pertama ada sesuatu yang ditinggalkan dan kedua ada se...