2. Mulai Menulis

47 6 0
                                    

Ketika kamu melirik, lalu tertarik dengan karya orang lain. Kamu baca, hingga tumbuhlah keinginan untuk berkarya, tidak salah. Tetapi, yang salah jika keinginanmu hanya digantungkan saja.

"Wah... cerita ini bagus. Aku jadi pengen nulis."

"Wah mereka sukses ya, aku jadi pengen seperti mereka."

Banyak kata yang mungkin kamu ucapankan dalam hati maupun lisan. Kamu ingin seperti mereka.

"Tapi... aku gak bisa nulis."

"Halah paling kalau aku yang bikin jadinya jelek."

"Takut dikritik pedes sama penghuni wattpad."

"Akhirnya, juga gak ada yang baca."

"Yaelah... aku kurang ide."

Dan banyak lagi...

Satu hal yang harus dan perlu kamu tahu. Jika kamu tak memulainya, kamu tidak akan merasakan buahnya. Siapa yang tau masa depan? Bisa saja, dirimu akan lebih WOW dari yang kamu bayangkan.

Juga semua berawal dari "0". Seseorang dapat menikmati buahnya, jika orang itu menanam pohonnya dan selalu merawatnya. Maka, apa salahnya mencoba?

Dikritik... ibarat itu adalah asupan yang mulai sekarang harus kamu sukai. Semakin kamu menyukai, semakin kamu banyak belajar dari kritikan. Tapi... bukan berarti kamu akan menghilangkan jati dirimu. Kamu tetaplah kamu! Mereka yang mengkritik hasil karyamu itu adalah hak mereka, tetapi... kamu perlu mengerti arti dari itu. Kamu gunakan sebagai pembelajaran untuk masa depan, bukan untuk jalan di masa depan. Karena sesungguhnya, jalan masa depan adalah semangat, kemauan, keinginan, dan kesungguh-sungguhanmu.

Kurang ide atau biasa disebut inspirasi... kenapa bisa mengatakan itu? Padahal banyak sumber inspirasi di sekitar. Contohnya, buku, film, lingkungan, memori lama, dan suatu kejadian. Tetap ingat, mencari inspirasi, bukan mengutip (plagiarisme)!

Dan yang paling utama, banyak membaca:) menulis tanpa membaca itu NIHIL. Apalagi untuk mencetak karya yang bernilai tinggi.

Lalu, alasan apalagi agar menghalangi mimpimu untuk menghasilkan karya yang pasti akan dihargai jika masanya tiba. Selama kamu selalu tanamkan optimis dan kesungguh-sungguhan.

Ingat, mimpi bukan hanya untuk digantung. Namun, pada hakikatnya untuk diraih!

Semakin cepat kamu memulainya, semakin cepat kamu memiliki tekad, juga semakin cepat kamu meraih kesuksesan.

Namun, jangan lupakan jika... tak ada proses, tak akan ada hasil!

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 19, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Tentang Hari Ini, Kemarin, dan NantiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang