Sirah Nabawiyah 21; Sisa-sisa Peperangan Sebelum Fathu Mekah.
Pada Rabiulawwal tahun 7 Hijriah, Rasulullah berangkat ke Dzatur Riqa' bersama 700 pasukan. Urusan Madinah diserahkan kepada Abu Dzar Al Ghifari karena bani Tsa'labah berhimpun bersama bani Muharib dari Ghathafan hendak melakukan penyerangan.
Sepulang dari peperangan ini, Rasulullah saw. menetap di Madinah hingga bulan Syawal 7 Hijriah. Beliau mengirim beberapa pasukan sebagai berikut:
1. Satuan pasukan Ghalib bin Abdullah Al Laitsy yang diutus Rasulullah saw. kepada bani Mulawwah di Al Qadid. Pasukan ini diberangkatkan dari Madinah pada Safar atau 7 Hijriah.
2. Satuan pasukan Husamy yang diutus pada Jumadats Tsaniyah.
3. Satuan pasukan Umar bin Al Khathab yang dikirim ke Turban pada Syaban bersama 30 orang.
4. Satuan pasukan Basyir bin Sa'ad Al Anshari yang diutus Murrah di bilangan Fadaq pada bulan kepada bani Syaban dengan 30 orang.
5. pengiriman satuan pasukan Ghalib bin Abdullah Al Laitsy ke bani Uwal dan bani Abd bin Tsa'labah dengan 30 orang. Ada yang berpendapat, mereka dikirim ke Al Hurqah di wilayah Juhain.
6. Satuan pasukan Abdullah bin Rawahah ke Khaibar pada Syawal tahun 7 Hijriah bersama 30 prajurit.
7, Satuan pasukan berjumlah 300 orang di bawah pimpinan Basyir bin Sa'ad Al Anshar ke Yaman dan Jabbar pada Syawal tahun 7 Hijriah.
8. Satuan pasukan Abu Hadrad Al Aslami ke Al Ghabah.
9. Satuan Amr bin Ash bersama 300 pasukan menuju Dzatu Salasil, sebuah lembah di balik Wadi Qura' (kabilah di perbatasan Syam di bawah kekuasaan yang hendak melakukan penyerbuan) pada tahun 8 Hijriah bulan Jumadil Akhir seusai perang Romawi Mu'tah.
Sya'ban tahun 8 Hijriah, utusan Abu Qatadah berangkat bersama 15 orang, diawali adanya kabar bani Ghathafan
menghimpun pasukan di Khadhirah di wilayah Muharib, Najd. Misi ini berlangsung selama lima belas hari.➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Analisis Peta 21; Peta Lokasi Peperangan Sebelum Fathu Mekah.
Antara peristiwa Hudaibiyah dan Fathu Makkah, terjadi beberapa peperangan, diantaranya di wilayah utara dari Madinah: Fadak (di bawah komando Ghalib bin Abdullah); di wilayah Syam di sekitar Taima' (di bawah komando Ka'ab bin Umair); Bathnu Adham dekat Fadak (di bawah komando Abu Qatadah Al Anshari); di sekitar Fadak (di bawah komando Basyir bin Asad Al Anshari); Khaibar di utara Fadak; Jadzdzam di utara Madain Shalih Zaid bin Haritsah; di arah timur, di Dhariyah (di bawah komando Abu Bakar); di bani Amir (di bawah komando Suja' bin Wahhab); di bani Salim (oleh Ibnu Abi Hauia); di arah selatan, Ghalib Al Laitsi ke Qudaid; di Turbah (oleh Umar bin Al Khathab); di arah utara, Jarrah (oleh Abu Ubaidah); dan di Qudha'ah (oleh Amir bin Ash).
🎀🎀🎀🎀
KAMU SEDANG MEMBACA
ATLAS Dakwah Nabi Muhammad SAW (Terbit) ✓
Literatura FaktuAlhamdulillah, pada kesempatan ini, author berusaha menulis ulang sejarah dari baginda Rasul dalam judul buku : ATLAS Dakwah Rasulullah Muhammad SAW, yang dilengkapi dengan kisah dan analisisnya. Berikut ini materi Pembahasan Secara Umum: ✍ Basmalla...