Dialog Tag

84 7 0
                                    

Dialog Tag

***

Dikutip dari Wikipedia bahwa dialog sendiri adalah literatur dan teatrikal yang terdiri dari percakapan secara lisan atau tertulis di antara dua orang atau lebih. Sejarahnya berasal sebagai narasi, filosofi atau lambang dedikasi yang dapat ditemukan di Literatur Yunani Kuno dan Literatur India, khususnya pada seni kuno yaitu Retorika.

Tak dipungkiri bahwa dialog adalah salah satu nyawa tersendiri dari sebuah novel. Kehadirannya membawa nuansa berbeda, di mana pembaca akan diajak berbicara sesuai karakter buatan kita.

Sudah banyak ditemui di berbagai cerita khususnya para penulis pemula yang seringkali salah saat menulis dialog. Lalu seperti apa menulis dialog tag yang benar itu?

Apa itu dialog tag? Perlu kita ketahui, dalam menulis sebuah karya sastra, terlebih novel, novelet, cerpen, cerbung beserta teman-temannya, kita butuh memahami perkara ini. Sebab hampir sepenuhnya dalam sebuah percakapan yang tertuang mengandung bumbu dialog tag.

Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog, yang menginformasikan identitas si pengucap dialog.

Perhatikan contoh berikut:
a) "Aku mencintaimu," kata Renald.
b) Renald berkata, "Aku mencintaimu."

Dialog tag biasanya ditandai dengan kata "ujar", "ucap", "kata", "bisik", "ungkap" dsb. Jika dialog tag-nya ada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma seperti dicontoh (a). Dan jika dialog tag-nya ada di awal, maka akhiri dialog tag-nya dengan tanda koma dan akhiri dialog dengan tanda titik atau tanda tanya jika dialognya berupa kalimat tanya. Dan jangan lupa, awali dialog dengan huruf kapital jika dialog tag-nya berada di awal seperti contoh (b). Namun, kita harus teliti yah agar bisa mengetahui perbedaan dialog tag dan yang bukan dialog tag.

Seperti contoh di bawah ini:
c) "Kemarin aku melihatmu di toko buku bersama dengan Rion." Rendi menatap Tari tajam.

d) Mata Rendi menatap Tari tajam. "Kemarin aku melihatmu di toko buku bersama dengan Rion."

Nah, contoh di atas itu BUKAN dialog tag. Melainkan kalimat aksi/aktivitas yang mendeskripsikan aktivitas lain si pengucap sambil mengucapkan dialog. Jika kalimat yang mengikuti dialog bukan dialog tag, maka akhiri dialog dengan tanda titik seperti contoh (c). Dan jika kalimat tersebut berada di awal sebelum dialog, maka akhiri kalimat itu dengan tanda titik juga, seperti di contoh (d).

Jenis-jenis dialog tag:

1. Dialog tag di akhir

Jika dialog tag berada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma atau tanda tanya bila berupa kalimat tanya.

➡ "Kamu jelek," ujar Mega.
➡ "Joko mana?" tanya Mujiat.
➡ "Pergi kamu!" teriaknya memintaku pergi.

2. Dialog tag di awal

Jika dialog tag berada di awal, maka akhiri dialog tag dengan tanda baca koma dan akhiri dialog(percakapan) dengan tanda titik atau tanda tanya bila dialog tersebut berupa kalimat tanya. Dan awali dialog menggunakan huruf kapital.

➡ Mega berujar, "Kamu jelek."
➡ Tuminah bertanya, "Apa dia di Bandung?"

Lantas, bagaimana yang bukan dialog tag? Mari kita simak bersama!

➡ "Kemarin aku melihatmu tengah bersama Karin." Andra menatap Andi tajam.

➡ Mata Andra menatap Andi tajam."Kemarin aku melihatmu tengah bersama Karin."

Contoh di atas itu BUKAN-lah dialog tag. Mengapa demikian? Sebab itu adalah kalimat aksi/aktivitas yang mendeskripsikan kegiatan Si Pengucap sambil mengucapkan dialog.

》 Catatan 1
Apabila kalimat yang mengikuti dialog bukan dialog tag, maka akhiri dialog dengan tanda titik.

➡ "Kemarin aku melihatmu tengah bersama Karin." Andra menatap Andi tajam.

》 Catatan 2
Sedangkan apabila kalimat tersebut berada di awal sebelum dialog, maka akhiri kalimat itu dengan tanda titik juga.
➡ Mata Andra menatap Andi tajam."Kemarin aku melihatmu tengah bersama Karin."

》 Catatan 3
Dan apabila kalimat setelah dialog itu BUKAN lah dialog tag, maka harus diawali dengan huruf kapital meskipun dialog diakhiri tanda tanya sebelum ditutup dengan tanda petik.
Misalnya:
➡ "Kau ingin ke rumahku?" Bibir Bela gemetar gugup.

3. Dialog tag di antara dua dialog

Apabila dua dialog masih dalam satu kalimat atau dengan kata lain dialognya masih dalam keadaan tersambung, hanya terpisah dengan dialog tag, maka dialog pertama diakhiri dengan tanda koma begitu pula dengan dialog tag-nya, dan awali dialog kedua dengan huruf kecil.

➡ "Kau!" geram Nila, "kenapa tidak kau pergi saja daripada diam terus, hah?"

Sinau Bareng RASITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang