-----------
Selain jalinan plot yang solid, ide cerita yang brilian, kuat atau tidaknya karakter dalam cerita juga mempengaruhi kualitas ceritamu, kan? Saat karakter dalam ceritamu hidup, mereka seperti punya pikiran dan keinginan sendiri untuk setiap kejadian dalam cerita. Maksudnya, kita selaku penulis seperti otomatis memberikan tanggapan berbeda pada setiap karakter untuk kejadian tertentu.Lalu bagaimana caranya membuat karakter yang kuat? Semoga tips ini bisa membantu teman-teman semua.
Untuk menciptakan karakter yang kuat, juga stabil dari satu part ke part selanjutnya. Kita bisa menggunakan trik berikut, yaitu #membuat_karakter_slot.
Karakter slot adalah daftar semua karakter lengkap dengan informasi rinci. Mulai dari ciri fisik sampai sifat dll.
Apakah harus? Opsional saja, tapi tidak ada salahnya dicoba. Apalagi untuk cerita dengan jumlah part juga jumlah karakter banyak. Bisa saja kita lupa terhadap detail kecil, sehingga berimbas pada sifat tokoh yang dinarasikan kadang kadang tidak selaras dengan tindakannya, kan repot tuh?
Karakter slot juga menjadi acuan, untuk semua tindakan tokoh di setiap kejadian cerita.
Misal seperti ini, di karakter slot dikatakan bahwa si A begini dan begitu, maka dalam keadaan tertentu dalam cerita, kita secara otomatis akan menuliskan si A akan merespon seperti apa, bagaimana perasaannya dll.
Misalnya, karakter A ini cuek. Saking cueknya saat ada scene duit jatuh di jalan, penulis tidak perlu bingung. 'Ah, si A kan cuek. Pasti ada duit jatuh diabaikan. Si A dengan sikapnya yang cuek over pasti begitu.' Itu contoh simple aja sih, haha ....
Selain itu, jika mulai lupa (maklum part banyak) dengan detail karakter, tinggal buka karakter slot tanpa repot baca part sebelumnya. Intinya, karakter slot berguna untuk acuan jika kita mulai lupa detail setiap karakter. Sehingga karakter kita akan tetap stabil di setiap part.
Dalam karakter slot, hal-hal apa saja sih yang perlu ditulis?
🍩🍫 Informasi dasar
Informasi dasar seperti nama, nama panggilan, umur, tanggal lahir, zodiak, dll. Segala informasi dasar yang diperlukan silakan dicatat.
🍩🍫 Ciri fisik
🍇 Umum
Ini juga penting, buatlah ciri fisik yang jelas. Hindari penggunaan bahasa figuratif. Misal, Siska adalah wanita cantik jelita, matanya secerah mentari. Kulitnya sehalus sutra, dll. Gambarkan cantik atau tampan melalui ciri fisik, misal: hidung mancung, alis tipis, gigi putih dan rapih, kulit putih, wajah oval, bulu mata lentik, rambut hitam panjang lurus, suka tertawa ngikik de el el. Abaikan yang terakhir.🍇 Ciri khusus
Setiap orang punya ciri khusus, kan. Gambarkan juga ciri khusus yang dimiliki oleh tokoh. Misal, kidal, tompel, bekas luka, tatoo harimau, berambut gondrong, roti sobek, de el el
🍩🍫 Sisi positif dan negatif/ kekurangan dan kelebihan.
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar ini adalah, jangan sampai sisi positif dan negatif berlawanan.
Misal si Alfath dikatakan tampan rupawan, tapi selalu jomlo dan tidak ada satu pun cewek yang deketin.Misalkan juga si Siska digambarkan sebagai cewek yang kuat dan tegar. Namun, kita malah menuliskan Siska menangis guling-guling di prasmanan saat ditinggal menikah sang mantan. Eh ...
🍩🍫 Skill
Skil juga perlu ditambahkan sebagai informasi di karakter slot. Seperti jago ngerayu cewek, jago hack, jago main basket, jago berkelahi, jago masak, jago PHP, ups.
🍩🍫 Hal yang disukai dan dibenci.
Dalam daftar ini, yang harus diperhatikan adalah hal yang disukai/dibenci secara khusus oleh tokoh. Hindari hal-hal umum yang disukai/dibenci oleh semua orang.
Misal:
Hal yang disukai => dapat traktiran, nemu duit, lirik cewek bening, de el el. Itu sih semua orang juga suka, hehe)
Hal yang dibenci => disakiti, dikhianati, di-PHP, dibanting, dikubur hidup-hidup de el el. Emang siapa yang suka hal-hal seperti itu? Eh ....
🍩🍫 De El El ....
Semua informasi tentang karakter yang kita butuhkan dalam menguatkan karakter, bisa ditambahkan. Agar tidak membosankan, selipkan ciri tambahan pada narasi naskah, ya. Namun, harus tetap konsisten dengan apa yang dibuat, ya. Jangan melenceng.
💻 Contoh karakter slot
Nama: Amy
Umur: 20 tahun. (Ehm ehm)
Berat dan tinggi badan: 45 kg/168 cm.
Ciri fisik: kulit sawo matang, hidung pesek, rambut lurus, kurus, tinggi menjulang, wajah tirus
Ciri khusus: berkacama minus 2.5, bekas luka di kening, berhijab lebar, cerewet level 9, galak dan judes tingkat kabupaten
Hal yang disukai: bunga, buku, hujan, cokelat, bakso, warna hitam
Hal yang dibenci: durian, sayur kol, mie ayam bersawi
Skill: jago masak, menulis, bertaman,
Kelebihan: mandiri, tegar, baik hati, pendengar yang baik
Kekurangan: cerewet, galak, emosian
Contoh singkat seperti itu, atau bisa juga ditambah cast untuk mempermudah.
Nah, gimana? Jelas?
Silakan tanya ke komentar, ya.
Sc: Multisia Publisher dan beberapa tambahan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sinau Bareng RASI
NonfiksiKumpulan Materi Kepenulisan yang dirangkum dari Berbagai Sumber