"Hah? Kok rusak, sih, bu? Jadi saya harus ke tempat foto copy depan gitu?"
"Ya maaf, dek, mau gimana lagi."
"Yaudah, deh, bu."
Yiyis mendorong pintu koperasi dengan kencang, pikirannya kemana-mana karena mikirin harus ke tempat foto copy depan sekolah. Bukan karena bawa kertas banyak, tapi males karena dia harus ngelewatin segerombolan basis-gakpenting-yang kerjaannya cabut pelajaran terus ngegombalin cewek yang lagi lewat depan mereka. Ngerti kan rasanya nggak enak banget digituin?
"Apa balik aja, ya? Bilang aja ke Bu Diane foto copy nya rusak—" pikir Yiyis sambil jalan balik ke arah kelas.
"— ah tapi kalo ga foto copy nanti malah ulangan." Nggak jadi, Yiyis belum belajar buat ulangan, balik arah lagi.
Akhirnya Yiyis pergi keluar gerbang sekolah buat foto copy. Iya, dibolehin sama satpam karena emang foto copy koperasi sekolah sering rusak. Tempat foto copynya emang lumayan jauh, terus mahal juga, satu lembarnya Rp1.500.
"HAHAHAH ANJIR." Suara segerombolan anak basis-gakpenting-udah kedengeran dari gerbang sekolah. Yiyis menelan ludahnya, "aduh mampus gue." Terlintas di otaknya buat puter balik lagi ke sekolah, tapi nanggung banget kalo balik, buang-buang waktu doang. Yaudah, Yiyis mutusin buat lanjut jalan ke tempat foto copy.
Tinggal 10 langkah lagi sampai Yiyis bisa ngelewatin tongkrongan basis-basis itu. Yiyis berhenti dulu, mikirin nanti kalo dipanggil dia bakal masang muka jutek, senyum atau bakal marah. Hampir 3 menit pikirannya berantem satu sama lain.
"Woi, cewek! Ngapain? Cabut?" Suara cowok teriak dari tongkrongan yang membuat Yiyis kebangun dari bengongnya. Yiyis beradu mata sama si pemilik suara yang baru aja manggil dia, Kim Mingyu, Aming nama basisnya. Yiyis langsung masang muka jutek terus lanjut jalan sambil natap sinis ke arah Mingyu. Mingyu bengong ngeliatin Yiyis, bingung baru kali ini ada cewek berani natap dia kayak gitu.
"Eh, santai, dong, ngeliatinnya." Saut Bambam dengan muka nyolot. Bambam emang yang paling bacot, nggak sopan sama ngeselin di geng basis ini. "Woi, anjrit! Nggak sopan sama cewek kayak gitu, bego!" Kata Mingyu yang otomatis nyikut Bambam. "Lah? Apaan lu anjir? Ngajak ribut gara-gara cewek?" Bambam berdiri ke arah Mingyu, dagu di keatasin. Sok jagoan, padahal juga tinggian Mingyu. "Ah bacot, lu berdua!"
———
"Mas, foto copy, ya, 36 lembar." Kata Yiyis sambil ngasih lembaran kertas. Akhirnya sampai juga walau harus ngelewatin rintangan lagi abis ini.
"Yah, neng, foto copynya rusak, maaf ya." Kata abang-abang foto copy sambil garuk-garuk kepala. Kata-kata abang foto copy itu ngebuat Yiyis pengen pingsan di tempat aja rasanya. "Bang, yang bener aja dong! Kalo saya pingsan disini abang yang tanggung jawab, ya!" Yiyis menghentakkan kakinya, nggak tahan saking betenya. "Lah? Kenapa jadi salah gua, neng?" Mas-masnya balik jawab tapi mukanya sotoy, bikin Yiyis tambah kesel. Yiyis rasanya pengen nangis banget. Jarang banget Yiyis nangis, setahun bisa cuma lima kali doang nangisnya.
"Cep, nih. Tapi lu foto copy kertas dia. Gece." Tiba-tiba ada suara cowok sambil ngasih sebungkus rokok dari belakang Yiyis. "Sip, tau aja lu, Ming." Jawab si mas-masnya sambil ngedipin mata kirinya ke Yiyis. Yiyis otomatis geli dan langsung nengok ke belakang.
"Hah? Ngapain?" Yiyis kaget setengah mati ngeliat sosok cowok yang ada di depannya sekarang, Aming alias Mingyu. "Cara kerja foto copy disini kayak gitu kalo di jam sekolah. Bayarnya pake rokok." Jawab Mingyu sambil masukin tangannya ke kantong celananya, biar dikira keren. Yiyis langsung mengernyit dahinya, udah siap buat marahin mas-mas foto copy karena sikap ke-nggak adilannya. Yiyis udah setengah balik badan buat ngebentak mas-masnya, tapi Mingyu nahan. Bukan pegang tangannya, tapi lengan bajunya.
"Eh, apaan, sih?" Yiyis udah siap buat ngebentak Mingyu juga,
"Eh, lu mau gua bantuin nggak, sih?" Malah dibentak duluan sama Mingyu. Otomatis Yiyis makin bete. "Lepasin tangan lo dari baju gue." Nada suara Yiyis mendadak berubah. Mingyu langsung ngelepasin tangannya dari seragam Yiyis.
"Woi! Jangan pacaran disini, Ming." Kata si mas-mas foto copy sambil ngasih tumpukan kertas ke Yiyis. "Mas, jadinya berapa?" Tanya Yiyis ke mas-mas dengan nada juteknya. "Udah dibayar tadi sama si Aming." Jawab mas-masnya, abis itu masuk ke dalem ruangan, nggak tau ruangan apa. Yiyis langsung nengok ke Mingyu, "hah? Bayarin? Pake rokok tadi?" Tanya Yiyis.
"Kan gua udah ngomong kayak gitu cara kerjanya disini." Jawab Mingyu. "Hah? Oh, yaudah. Makasih, ya." Kata Yiyis sambil lanjut jalan setengah lari karena udah kelamaan, takut jam pelajaran keburu selesai.
"NGGAK USAH DIBALIKIN, YIS, UANGNYA. RELA GUA." Teriak Mingyu dengan nada sarkas. Yiyis yang ngedengernya heran, kok dia tau namanya?
"KOK LO TAU NAMA GUE?" Yiyis muter badannya. "DARI NAME TAG LO, LAH!" Jawab Mingyu sambil teriak juga. Kali ini Yiyis nggak jawab lagi, langsung lari masuk ke gerbang karena takut dikira cabut sama Bu Diane.
"Apaan, sih, Ming? Bacot anjir teriak-teriak." Kata June sambil nendang kakinya Mingyu.
——