Prolog

3 0 0
                                    


Gw Rei,siswa SMA biasa yang punya cita-cita kuliah di Harvard. Sekarang gw udah di tahun terakhir SMA, yang artinya setahun ini gw mesti kerja keras susah payah dan menderita untuk sementara biar cita-cita gw tercapai. Tapi ada satu hal yang membuat mamah ga ijinin gw kuliah diluar.

" mamah kan udah bilang rei, disini aja udah marak apalagi diluar? Terus kalo kamu sendirian disana gimana? Kalo sakit gimana? Pokoknya mamah bilang NO ya BIG NO " mamah seorang guru Fisika yang punya jabatan sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. So.. banyak banget musuh emak gw di sekolah ini. gw ga satu sekolah sih sama beliau, gw Cuma merhatiin orang-orang kalo gw jalan ama nyokap aja. Kayak liat mak lampir.

" Rei tu udah dewasa loh mah, udah bisa jaga diri sendiri " jawab gw as always sih

" mamah percaya sama kamu, tapi mamah ga percaya sama orang-orang jahat diluar sana "

" jadi gimana caranya? Biar Rei bisa dapet ijin mamah ? "

" harus mamah jelasin detail? " gw paling ga suka sama kalimat ini. nyokap gw suka banget kasih kode, frasa, atau anaogi bahasa lain. Gw sempet heran kenapa nyokap gw jadi guru fisika? Padahal dia jago bahasa.

Tok tok tok ada yang ketuk pintu, dan mamah jawab " ya masuk " seorang siswi masuk dengan wajah tertunduk malu. Gw liat mamah mukanya kayak udah bosen banget liat ni orang. " seperti biasa Reina? " ucap mamah

" iya bu " jawabnya sambil memberikan sucarik kertas dan mamah menandatanganinya.

" Reina, tatap mata ibu " siswi itu mengangkat kepalanya. Dan mamah berkata " Reina, kamu udah kelas 12 dan tahun depan, kamu udah harus kuliah, gapai cita-cita kamu lewat jurusan yang kamu mau. Kamu udah nentuin mau masuk jurusan apa? " siswi itu menggeleng

" kayaknya kamu juga udah bosen ya lari keliling lapangan lagi? Gimana kalo ibu ganti hukumannya jadi bikin Jurnal tentang planning kamu setahun kedepan. Mau kuliah dimana? Jadi apa? Dan mau daftar kemana aja buat raih planning kamu itu "

" saya ga bosen kok bu lari keliling lapangan "

" ibu yang bosen, jurnal harus ada di meja ibu minggu depan "

" ya bu " jawabnya lemas

***

Gw udah siap mau pergi, baju rapih, jaket wangi, it's perfect to hangout. Dan seperti biasa emak gw " mau kemana? "

" andri ulang tahun "

" kemana? Ikut dong " tasya adik gw satu-satunya dan anak bungsu dirumah. Emang paling hobi hangout. " kayaknya tugas lo yang wawancara bule juga belum beres "

" tinggal revisi dikit " ucapnya memohon

" itu cafe buat anak gede tas, udahlah diem dirumah napa? Kayak ambeien aja ga bisa idem "

" pelit "

" Reino pergi mah " gw salam dan mamah cm bilang " hati-hati dan jangan pulang malem "

" ya "

Gw ambil mobil dan meluncur ke cafe yang ada di Dago atas. Sebenernya gue juga males keluar. Ini Cuma formalitas karena andry itu ketua kelas dan ya.. mencoba berbaur I think. Cuacanya juga mendukung buat tidur. Kadang gw berpikir, kalopun nanti gw jadi kuliah diluar.. gimana ya rasanya kangen Indonesia dengan segala macam tetek bengeknya ini. Gw parkirin dan cafe emang udah rame sama anak sekelas. Partynya kayak gimana? Ya kayak semacam pesta anak muda dengan DJ yang jadi pemandu musik.

Gw masuk cafe dan gw liat semuanya udah dateng. Ya siapa lagi sih yang diundang? Andry bilang sih ini private party buat temen sekelas doang. Semua orang nyapa dan gw liat Ryan duduk sendiri. Ryan itu temen sebangku gwbisa dibilang very very closer friend. Tapi sayangnya semua bilang kita pasangan gay. Padahal gw sama Ryan type2 murid yang rajin belajar yang ngeplanning cita2 dari sekarang. Dan ya mungkin karena kita terlalu fokus sama belajar jd ga sempet cari pasangan kayak yg lain.

Jurnal ReiWhere stories live. Discover now