Trik Mendapatkan Viewers Wattpad

70 14 1
                                    

Saturday, 14th of July 2019.

Mentor : Kak Valencia Anggana (Penulis Novel “Ardhan” dan “Raja The Troublemaker”)
Topic : Trik Mendapatkan Viewers Wattpad
Time : 20.00 s/d 21.01 WIB
Location : Grup Mentoring with Valencia

Moderator : Alifio R. Safira
Notulis : Alifio R. Safira

✨✨✨

Sesi Penyampaian Materi

Tentu, ada beberapa hal penting agar mendapatkan viewers wattpad yang banyak. Diantaranya :

1. Harus punya cerita yang bagus.
Ada beberapa langkah yang harus diambil sebelum menulis cerita yang bagus:
harus mengetahui dulu bagimana menulis dengan baik, cara membuat deskripsi yang benar, cara membuat narasi, harus tau perihal titik koma beserta dialog tagnya, dll.

2. Cover
• Orang-orang kalau lihat cerita di rekomendasi wattpad, yang dilihat dulu adalah cover. Its true!
Sebelum menentukan cover, harus sudah menentukan judul. Judul yang menarik itu nggak usah panjang-panjang, nggak usah lebay, pake bahasa inggris juga boleh cuma jangan kepanjangan, pake nama atau gabungan dua nama juga boleh. Pokoknya bisa diingat sama readers.

3. Deskripsi cerita
Buat deskripsi cerita di wattpad yang menarik. Nggak usah panjang-panjang, nggak usah lebay. Cukup singkat aja. Perkenalan tokoh juga boleh, tapi sedikit aja, nggak usah dijabarin. Bisa juga pakai kata mutiara.
Nah, deskripsi cerita ini bisa disebut blurb. Gunanya untuk bantu mendukung cerita atau memberikan sedikit bocoran cerita. Kadang ada orang yang salah tafsir juga kalo blurb itu sama kayak sinopsis. Padahal sebenarnya blurb dan sinopsis itu beda.
• Blurb, terletak di belakang novel. Blurb ini biasanya berisi sedikit bocoran dari cerita.
• Sinopsis, inti cerita dari awal perkenalan sampai akhir penyelesaian.

4. Prolog
Kak, prolog itu buat dialog atau deskripsi atau perkenalan tokoh doang?”
Jawabannya: Tergantung kamu. Kalau Kak Valencia sekarang ini buat dialog perkenalan terus first impression antara kedua tokoh bertemu.
• Cara membuat prolog yang benar, salah satunya: sering-sering baca novel.
Baca prolognya, tapi jangan diplagiatin, jadikan acuan untuk membuat prolog yang benar.

5. Buat cerita secara kronologis/berurutan.
• Ceritanya jangan lompat-lompat. Jangan acak-acakan, dan jangan ngawur. Abis dari cerita ini ke cerita itu. Jadi bingung, 'kan?
• Harus konsisten antara sikap dua tokoh.

6. Biasanya penghuni wattpad suka cerita tentang cogan.
Kesempatan kalian tuh! Cuma nulisnya harus rapi, harus pahami gimana caranya nulis yang benar.

7. Rajin Update
Ini berpengaruh banget buat cerita kalian. Semakin kalian rajin update, semakin sering cerita kalian ter-rekomendasi di wattpad.
• Kalo Kak Valencia sendiri sih. Dulu sehari dua kali. Sekarang tiga atau empat kali update, cuma ceritanya beda-beda.

Sesi Tanya Jawab/QnA

3 pertanyaan yang telah terpilih dijawab langsung oleh Mentor.

Q: Jika kita promosi di wall pengguna wattpad, apa terjamin efektif untuk meningkatkan view cerita kita? Atau malah sebaliknya?

A: Kalo menurutku sih, nggak ngaruh promosi di wall. Yang efektif itu promosi di teman-teman kamu dulu, dan melakukan feedback sesama penulis. Semakin banyak vote dan comment, semakin sering cerita itu ter-rekomendasi di wattpad.

Q: Gimana caranya biar cerita kita nggak ngebosenin? Padahal kita udah mati-matian buat nunjukin feel di cerita kita.

A: Mungkin kamu nulisnya kurang pake emosi kali. Karena sesuatu yang kita tulis pake emosi, bakal ditangkap sama readers pake emosi juga. Kalau kamu ngerasa cerita kamu ngebosenin, gimana dengan yang lain. Atau kamu butuh sebuah pembaruan judul/tema yang baru kali ya. Kamu harus cari cerita yang berbeda biar nggak bosan.

Q: Apa hal terpenting dalam membuat karya kepenulisan?

A: Judul, tema, inti cerita, tujuan cerita kamu mau dibawa kemana, penokohan yang menghidupkan cerita kamu, konflik dan penyelesaian harus sinkron.

✨✨✨

Sesi Materi dan QnA sudah berakhir. Sampai jumpa di Mentoring Online selanjutnya. Terima kasih.

♥AdminA

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 16, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Hasil Mentoring KLWTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang