1

16 4 0
                                    

Hai. Bagaimana kabarmu?
Kuharap baik selalu, ya :)

Aku ingin mengatakan tentang hal-hal sulit yang kamu hadapi. Mereka bicara banyak tentang pelajaran, tentang hidup. Katanya sukses itu pilihan. Satu hal yang pasti. Mewujudkannya tidak semudah mengungkapkan. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mungkin sakit, mungkin ini jauh dari ekspektasi dan rasanya sudah ingin menyerah lebih awal. I feel you. Setiap kali ingin menyerah, selalu saja ada saja hal yang menguatkan yaitu doa dan harapan. Makanya kamu tidak pernah menyerah sampai saat ini dan masih terus berjalan.

Tentang orang-orang yang biasa kamu andalkan, mungkin pada masa-masa terberat, mereka akan meninggalkan. Tenang dan tetaplah kuat. Ini adalah pelajaran bahwa manusia memang terkadang mengecewakan. Saat kamu butuh, mereka tidak selalu ada. Jika pun ada tapi mereka tidak selalu bisa  memahamimu. Ada saja yang memahamimu tapi tak bisa membantumu. Mungkin alasannya karna banyak hal. Mereka tak punya cukup banyak tenaga, pikiran dan waktu untukkmu. Lalu kamu berpikir, tak ada seorangpun yang bisa kamu harapkan, tak ada yang bisa kamu andalkan kecuali Tuhan dan dirimu sendiri.

Tentang peristiwa-peristiwa yang sulit kamu pahami, lakukanlah bagianmu sesuai porsi, biar nanti bagian Tuhan yang akan melengkapi. Ingatlah, kacamatamu berbeda dengan kacamata Tuhan. Apa yang tidak terlihat olehmu, belum tentu tidak ada, kan? Percaya, nothing is imposible. Tetaplah kuat, sebab menjadi kuat adalah satu-satunya pilihan.

Mungkin, menerima keadaan adalah hal yang sulit. Menerima kegagalan adalah hal yang menyakitkan. Bahkan merelakan bagian-bagian yang hilang, mengikhlaskan kepergian, pun mengobati luka hati juga tak kalah sulitnya. Tapi jangan perlama penyembuhanmu. Cepatlah bangun dan bertindaklah. Jangan berlama-lama berkubung dalam lumpur. Mulai atur langkah selanjutnya. Pelan-pelan. Tidak perlu tergesa.

Percaya, jika kini diizinkan mengalami, mungkin karena kamu dimampukan untuk melewati. Mungkin supaya kamu bisa mencegah orang lain agar tak berada di posisi ini. Mungkin supaya kamu tak jatuh dua kali. Mungkin agar kamu lebih dulu memiliki obat untuk esok hari.

Dan ingat. Kehilangan adalah jalan terbaik untuk menemukan sesuatu yang lebih baik.  Hidup masih panjang. Perjalanan masih jauh. Teruslah berjuang dan tetaplah berdoa.
Jalani hidup dengan hati teguh dan penuh ihklas, niscaya tak ada perjuanganmu yang akan kau sebut sia-sia.
Aku sayang kamu. Jaga diri baik-baik ya.
peluk*

My self 💚

Instagram : ashimasitumeang

Catatan HarianTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang